Ketahui Kelebihan Manual Chain Hoist serta Kekurangannya


Ketahui Kelebihan Manual Chain Hoist serta Kekurangannya

Salah-satu alat yang berfungsi untuk mengangkat beban berat adalah manual chain hoist. Benda ini merupakan perangkat sederhana yang dapat diaplikasikan cukup mudah untuk membantu dalam berbagai sektor industri.


Perangkat ini terdiri dari beberapa jenis, ukuran dan bentuk yang berbeda. Baik untuk ukuran kecil hingga ukuran raksasa. Pemanfaatannya menjangkau banyak bidang, terlebih pada industri dengan benda-benda berat.


Terdapat dua jenis hoist yang bisa digunakan yakni elektrik dan manual chain hoist. Keduanya dapat dipilih berdasarkan kebutuhan kerja serta memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dibanding elektrik, manual dapat dipindahkan secara fleksibel.


Sesuai namanya, alat ini menggunakan rantai yang bisa bergerak naik dan turun baik secara manual ataupun secara elektrik. Namun, tipe chain hoist baik manual atau elektrik memiliki daya angkat lebih kecil dan tinggi angkat lebih terbatas dibanding tipe wire rope.


Dengan komponen yang terdiri dari roda gigi dan rantai akan memudahkan dalam proses pengangkatan benda berat. Penggunaan roda gigi dan rantai ini akan mencegah alat tergelincir pada saat proses pengangkatan beban.


Penggunaan manual chain hoist dapat digunakan dalam industri skala besar maupun skala kecil sesuai dengan jenis perangkat yang digunakan. Misalnya Anda membutuhkan pada kehidupan sehari-hari dapat menggunakan jenis simple rope hoist.


Jika membutuhkan perangkat untuk kapasitas pengangkatan beban sedikit lebih besar, misalnya di lokasi konstruksi, dapat menggunakan jenis hand chain hoist. Pemindahan berbagai alat konstruksi akan sangat terbantu karena alat ini.


Mengetahui Kelebihan Manual Chain Hoist


Alat ini memiliki beberapa kelebihan sehingga banyak digunakan dalam membantu berbagai bidang yang berhubungan dengan pengangkatan beban. Dengan ini pekerjaan akan semakin mudah.


Kelebihan pertama adalah pada penggunaannya tidak memerlukan aliran listrik. Sehingga bisa digunakan dengan jangkauan lebih luas. Dibandingkan dengan tipe elektrik, tipe ini tidak mengharuskan adanya listrik sehingga lebih fleksibel.


Alat ini bisa Anda taruh di mana saja sesuai dengan kebutuhan. Lain halnya dengan penggunaan tipe elektrik yang harus dekat pada aliran listrik dan memiliki jangkauan terbatas sesuai panjang kabelnya.


Kelebihan manual chain hoist selanjutnya adalah dapat digunakan di mana saja dan mudah dipindahkan. Ini karena berkaitan dengan kelebihan sebelumnya yakni tidak memerlukan listrik. Jadi, di manapun Anda membutuhkan alat ini dapat digunakan tanpa suplai listrik.


Anda bisa memilih salah-satu dari jenis yang dijelaskan sebelumnya sesuai dengan kebutuhan dalam proyek. Proyek untuk kebutuhan lebih besar sebaiknya menggunakan hand chain hoist. Sedangkan untuk skala yang lebih kecil sebaiknya gunakan simple rope hoist saja.


Kekurangan dari Manual Chain Hoist


Selain kelebihan, terdapat juga kekurangan dari penggunaan chain hoist jenis manual jika dibandingkan dengan jenis yang elektrik. Berikut kekurangan alat ini dalam mengangkat beban berat.


Kekurangan manual chain hoist pertama adalah untuk menggunakannya Anda memerlukan tenaga yang lebih besar dan usaha yang lebih besar juga dibandingkan dengan elektrik. Ini terjadi untuk beban untuk benda kapasitas cukup berat.


Kekurangan selanjutnya adalah terdapat pada kecepatan dalam mengangkatnya. Kecepatan yang bisa diangkat memiliki batas tertentu. Ini karena menggunakan sistem yang masih manual berbeda dengan penggunaan sistem tenaga listrik.


Sebelum memilih katrol penarik ini, sebaiknya perhatikan dahulu dalam bidang apa Anda akan menggunakannya. Meski memiliki kekurangan, jenis manual tetap dapat sangat membantu dalam pengangkatan beban dibanding menggunakan tenaga manusia.


Perangkat ini hadir untuk memudahkan berbagai pekerjaan terutama mengangkat dan memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan menggunakan manual chain hoist, Anda tidak perlu khawatir saat akan memindahkan benda bobot berat.