top of page

Keunggulan Pompa Celup vs Pompa Tradisional: Analisis Komparatif



Ada banyak penggunaan pompa pada saat ini, seperti pompa angin atau pompa udara, hingga yang memang familiar adalah pompa air. Nah untuk pompa air dia adalah sebuah alat yang pastinya berfungsi untuk mengalirkan air, baik itu dari dalam tanah atau sumbernya ke seluruh keran atau tujuan yang dituju dari selang ataupun pipa. Itu bisa dilakukan karena pompa memiliki kekuatan yang bisa menghisap air dari permukaan rendah ke permukaan yang tinggi.


Pompa air semakin banyak digunakan, karena memang dulunya sebelum ada pompa air, masyarakat mendapatkan air dengan cara dipompa secara tradisional, yakni dengan cara ditimba. Nah karena pompa air lebih efisien serta praktis, maka beralihlah mereka ke pompa air. Tentu pompa air juga saat ini sudah banyak mulai digantikan dengan inovasi terbaru, yang mana lebih unggul serta lebih baik bahkan dari pompa tradisional, yakni pompa celup.

Inilah Keunggulan Pompa Celup Dibandingkan dengan Pompa Tradisional

Jangankan pompa tradisional yang ditimba, pompa celup memang sudah lebih unggul dibandingkan pompa air biasa. Jadi sudah pasti jika pompa air saja ia lebih unggul, maka pompa tradisional pun juga tidak menjadi lawan baik atau perbandingan yang tepat bagi pompa modern tersebut, yakni pompa celup. Namun sebagai analisis serta studi untuk Anda semua, tentu Anda bisa menyimak apa saja yang memang menjadi keunggulan pompa celup dari pompa tradisional. Nah adapun keunggulan tersebut antara lain:


  • Penggunaan pompa celup tidak memerlukan tenaga sehingga tidak capek, karena mempunyai motor penggerak berkekuatan yang bisa mengangkat air ke permukaan. Berbeda dengan versi tradisional yang membutuhkan tenaga ekstra untuk mendapatkan air, yakni dengan ditimba secara berkala agar air bisa keluar.

  • Daya jangkauan air yang lebih jauh ketimbang pompa tradisional, ini karena pompa bisa mengalirkan fluida dengan adanya penggerak dari motor pompa, sehingga itu bisa dialirkan melalui selang atau pipa yang terhubung. Untuk pompa tradisional, dia berbeda karena jangkauan yang jauh malah membuat pompa tersebut sulit mendapatkan hingga mengangkat air ke permukaan.

  • Pompa celup nyatanya mempunyai daya listrik yang terbilang lebih rendah. Itu sebabnya pompa ini cocok dijadikan sebagai pompa air tenaga surya. Berbeda dengan tradisional atau pompa air biasa yang notabene tidak memiliki kelebihan seperti itu.

  • Pompa celup juga bersifat self priming, yang mana artinya tidak perlu pancingan pengisian cairan atau pengeluaran udara dari sistem terlebih dahulu sebelum digunakan. Ini karena saat beroperasi maupun tidak sistemnya sudah terisi full dengan air.

  • Tentu pompa celup mampu menghasilkan debit air yang cukup besar. Jika dibandingkan dengan tradisional sungguh begitu jauh, karena tradisional tidak bisa menghasilkan air dengan debit yang besar.

  • Dikarenakan pompa celup bisa terendam sepenuhnya dalam air, maka pompa tersebut tidak rentan terhadap kavitasi, yang mana memang kavitas ini akan menjadi masalah serius pada pompa tipe lain. Lalu bagaimana dengan versi tradisional? Versi tersebut sayangnya hanya bisa digunakan di atas tanah saja yang dekat dengan sumber air.

  • Pompa celup memiliki proses pemasangan produk yang tidak memakan tempat. Berbanding terbalik dengan versi tradisional yang harus memakan tempat, waktu, dan pengerjaan yang lama serta ribet.

  • Dikarenakan sistem pemasangan pompa celup terendam dalam air, maka suara yang dihasilkan oleh pompa ini jadi teredam, alhasil tidak mengeluarkan suara yang berisik, atau tidak bising. Pompa tradisional juga memang tidak terlalu bising, tapi tetap akan mengeluarkan suara berdengung saat pompa tersebut ditimba atau dipompa.


Sekian artikel dari kami mengenai keunggulan pompa celup dibanding pompa tradisional yang memang sangat berbanding jauh. Semoga bermanfaat untuk Anda semua agar bisa beralih ke pompa celup saat ini. Untuk pompa celup terbaik dan berkualitas, kami rekomendasikan pompa celup dari Tsurumi. Untuk mendapatkannya atau mengetahui lebih lanjut terkait pompa celup Tsurumi, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page