top of page

Klasifikasi Selang Berdasarkan Fungsinya dalam Industri



Klasifikasi merupakan kata serapan dari bahasa Belanda, classificatie, yang sendirinya berasal dari bahasa Prancis classification. Istilah ini menunjuk kepada sebuah metode untuk menyusun data secara sistematis atau menurut beberapa aturan atau kaidah yang telah ditetapkan. Bisa diartikan bahwa klasifikasi adalah penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan.


Sama dengan alat atau benda lainnya yang memiliki klasifikasi kegunaan, selang pun juga diklasifikasikan berdasarkan fungsinya, baik dalam penggolongan pekerjaan konstruksi, hingga industri sekalipun. Nah melalui artikel kami pada kesempatan kali ini, kami akan jelaskan kepada Anda mengenai klasifikasi selang yang berdasarkan fungsinya dalam suatu industri. Oleh karena itu, untuk memahami klasifikasi tersebut Anda bisa simak artikel ini!


Inilah Klasifikasi Selang Berdasarkan Fungsinya dalam Industri


Selang untuk Industri Makanan dan Minuman

Selang industri memang umum digunakan pada industri pembuatan makanan dan minuman. Selang industri ini berguna untuk menangani transfer bahan yang dapat dimakan dari truk tangki menuju plant service. Nah selang ini juga termasuk hose hisap dan keluar yang menangani hampir semua jenis bahan curah kering, cairan dalam aliran gravitasi dan layanan vakum di industri makanan dan minuman.


Untuk agar selang tersebut semakin aman dan tetap terjaga kualitas makanan & minuman, maka selang industri jenis ini umumnya akan terbuat dari karet sintetis yang sesuai dengan FDA dan USDA. Itu karena memang ada beberapa bahan umum yang biasa digunakan dalam makanan, seperti bahan Nitrile, PVC putih/bening dan juga Neoprene.


Selang untuk Industri Minyak

Selang untuk industri minyak dapat digunakan untuk mentransfer pelarut berbasis minyak, gas, dan minyak bumi pada berbagai industri. Dengan pengerjaannya tersebut, maka selang ini pun bisa digunakan pada sektor industri perminyakan, tambang, kimia, dan lain sebagainya.


Umumnya ukuran dari selang ini cukup besar, sehingga ia cocok digunakan pada pekerjaan berat seperti mentransfer bahan berbasis minyak bumi seperti tar, aspal, dan minyak panas. Selain itu, selang ini juga umumnya terbuat dari karet sintetis (synthetic rubber), yang mana itu memiliki ketahanan terhadap minyak sedang hingga tinggi.


Selang untuk Industri Bahan Kimia

Merupakan selang industri yang dapat digunakan terutama pada mesin sistem hidrolik di suatu industri. Selang ini lebih dikenal dengan sebutan selang hidrolik atau hose hidrolik. Nah selang industri berupa hidrolik dapat digunakan pada tekanan tinggi, aliran gravitasi, dan penghisapan di banyak industri. Kenyataannya, selang ini memang optimal pada pengerjaan untuk bahan kimia, karena memang selang ini tahan terhadap tekanan yang diberikan.


Selang untuk Industri Steam atau Uap

Selang steam atau uap adalah selang yang pastinya digunakan untuk mendistribusikan cairan steam. Selang jenis ini pun biasanya diberi anyaman kawat stainless steel di bagian terluarnya karena steam merupakan cairan panas bertekanan, sehingga membutuhkan media yang lebih kuat agar bisa menahan tekanan dengan baik. Di samping itu, dengan memberi anyaman pada bagian luarnya ini dapat mengatasi selang bocor akibat selalu terpapar cairan panas.


Sekian artikel dari kami yang membahas klasifikasi selang berdasarkan fungsinya dalam industri. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Selang industri atau selang lainnya yang memang terbaik dan berkualitas, merupakan selang dari Toyox. Anda bisa mengunjungi IndahJaya.com untuk mengetahui lebih lanjut terkait dengan selang Toyox.


bottom of page