Klem Selang Air yang Memenuhi Standar Keselamatan Kerja


Klem Selang Air yang Memenuhi Standar Keselamatan Kerja

Tahukah Anda apa saja standar klem selang air yang aman ketika digunakan? Saat ini keselamatan kerja harus selalu diperhatikan. Baik itu pekerjaan ringan atau pekerjaan berat, semuanya harus selalu memperhatikan keselamatan agar tidak cedera ketika melakukannya.


Klem air menjadi salah satu objek penting karena digunakan untuk menyambung selang ke keran. Dari segi keamanan kita harus memperhatikan kekuatan, daya cengkeram, dan kondisinya. Jika ketiga hal itu tidak diperhatikan, maka keselamatan kerja bisa terancam ke depannya.


Produk klem selang air Toyox merupakan salah satu brand yang beredar di pasaran. Produknya sudah memenuhi standar keselamatan kerja secara keseluruhan. Bahan utama klem juga sudah menggunakan baja sehingga kekuatan dan daya tahannya terjamin aman untuk selang air.


Anda perlu mengenali kelebihan dan bahan baku produk ini sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Kelebihan klem baja adalah bisa digunakan dalam waktu yang lama dan tidak mudah karat. Hal ini sesuai dengan protokol penggunaan alat dalam standar keselamatan kerja internasional.


Pentingnya Daya Cengkeram Klem Selang Air


Pekerjaan yang menggunakan selang biasanya memperhatikan beberapa faktor penting. Mulai dari tekanannya, panjang selang, suhu air, dan diameter selang tersebut. Semua faktor itu harus diperhatikan dengan menyesuaikan klem yang digunakan sebagai sambungan utama.


Ketika klem selang air berada di tekanan tertentu, daya cengkeram akan menjadi pusat beban. Tanpa daya cengkeram yang tinggi, selang bisa lepas dan menyebabkan airnya bocor. Di sisi lain, pemasangan yang tidak benar dapat menyebabkan selang menjadi rusak jika digunakan.


Hal inilah yang harusnya diperhatikan oleh setiap pekerja ketika memilih klem selang. Jika tidak berkualitas, maka keselamatan kerja akan terancam. Suhu air yang panas bisa menyebabkan luka ketika sambungannya bocor, sehingga hal ini sangat membahayakan jika dibiarkan saja.


Cengkeraman klem baja ini mampu memberikan kekuatan torsi sampai 7Nm. Dengan kekuatan daya cengkeram tersebut, tekanan air bisa diatasi menyesuaikan ukuran klem dan selang. Jadi secara tidak langsung kualitas klem sangat penting untuk keselamatan kerja.


Bahan Klem Selang Air Perlu Diperhatikan


Jika melihat faktor keselamatan, klem perlu bahan yang kokoh karena kondisi air bertekanan tinggi dan suhunya panas bisa menyebabkan pemuaian. Oleh sebab itu bahan utama baja lebih disarankan untuk daya tahan yang tinggi. Berikut ini kelebihan bahan klem selang Toyox.


Kuat dan Kokoh


Penggunaan baja untuk klem selang air dapat membantu daya cengkeram sambungan kuat. Toyox menggunakan bahan baja di bagian pengait, mur dan klemnya. Semua itu bagus untuk menjaga daya cengkeram ketika air memiliki tekanan tinggi atau bersuhu panas.


Di sisi lain, baja yang digunakan juga tahan karat sehingga kualitasnya bertahan lama. Baik itu di suhu rendah atau tinggi sekalipun, sambungan akan tetap aman. Kondisi cuaca buruk dan hujan lebat tidak menjadi masalah selama baja mampu menahan sifat korosifnya.


Lebar dan Diameter


Lebar klem selang air juga menjadi poin penting untuk menjaga keselamatan pekerja. Saat ini Toyox memiliki 2 tipe lebar klem yang disesuaikan dengan ukuran diameternya. Untuk selang dengan diameter 4-15 mm, Toyox menyediakan lebar klem berukuran 9 mm.


Sedangkan untuk diameter 15-100mm, sudah tersedia klem dengan lebar 13 mm. Mur yang digunakan untuk pengait memiliki panjang 7 mm sehingga kokoh menahan tekanan air. Dari ukuran dan diameternya saja, kita sudah tahu bagaimana daya cengkeram yang diberikan.


Penggunaan klem selang tidak boleh diremehkan, terutama untuk penggunaan dalam jangka waktu lama serta dalam skala besar. Utamakan kualitas klem selang air untuk menjaga diri dengan memperhatikan protokol keselamatan kerja.