top of page

Inilah Beberapa Komponen Penting Genset Open yang Wajib Diperhatikan



Genset open atau Genset tipe terbuka, merupakan Genset yang tidak dilengkapi oleh box, seperti rumah Genset atau canopy. Genset open umumnya digunakan untuk pengguna yang mempunyai power house sendiri yang memang dirancang khusus untuk penempatan Genset di dalam ruang atau tempat yang kedap suara. Tentunya ada kelebihan Genset open yang tidak dimiliki Genset lain, yaitu mudah dalam proses bongkar pasang.


Sebagai salah satu jenis Genset, pastinya Genset open memang berguna dalam memberikan alternatif tenaga listrik, baik itu ketika PLN padam atau memang tidak ada aliran daya listrik. Nah bagaimana Genset open bisa melakukannya? Tentunya itu dengan mesin serta komponen-komponen lain Genset open yang memang penting. Untuk lebih jelasnya, maka Anda bisa simak artikel ini mengenai beberapa komponen penting Genset open.


Inilah Beberapa Komponen Penting dari Genset Open yang Wajib Diperhatikan

Mesin Genset Open

Tentunya mesin adalah salah satu komponen penting yang memang ada di Genset open. Nah itu karena mesin adalah salah satu sumber energi input mekanis untuk generator. Sementara itu, mesin dari Genset biasanya memiliki ukuran yang berbentuk lurus dengan output daya maksimum yang dapat disuplai oleh Genset atau generator.


mesin pada Genset pun dapat bekerja dengan menggunakan beberapa bahan bakar seperti solar, bensin, propana, atau gas alam, tetapi versi open adalah menggunakan bensin. Jadi tanpa adanya mesin di Genset open, maka proses pekerjaan Genset tidak akan bisa berjalan, layaknya sama dengan mesin-mesin lain, seperti kendaraan dan sebagainya..


Bagan Alternator

Apa itu bagan alternator? Alternator merupakan salah satu komponen yang terdapat pada Genset, dimana hal ini juga dikenal sebagai bagian dari generator yang dapat menghasilkan keluaran listrik dari masukan mekanis yang dapat disuplai oleh mesin. Sehingga dengan begitu, maka komponen-komponen tersebut dapat bekerja sama untuk menimbulkan gerakan relatif antara medan magnet dan listrik, yang mana itu nanti selanjutnya akan menghasilkan listrik.


Baterai Genset

Baterai pada Genset merupakan salah satu komponen yang terdapat pada beberapa Genset, seperti Genset open. Baterai pada Genset merupakan komponen penting, hal itu karena baterai akan mampu membuat Genset bekerja dengan secara efektif yang menyangkut kelistrikan. Sementara pengisian daya baterai dapat menjaga baterai generator tetap terisi dengan menggunakan arus tegangan yang tepat. Hal itu penting, karena jika tegangan mengambang sangat rendah, maka daya baterai akan tetap kurang. Namun, jika tegangan mengambang sangat tinggi, itu akan mempersingkat masa pakai baterai. Kemudian, pengisi daya biasanya terbuat dari stainless steel untuk mencegah terjadinya korosi.


Tangki Bahan Bakar

Layaknya mesin, Genset bisa beroperasi karena memang ia mengkonsumsi bahan bakar. Hal itu karena memang sistem bahan bakar adalah salah satu proses penting yang harus ada pada Genset. Jadi dengan begitu, maka tangki bahan bakar biasanya memiliki kapasitas yang cukup untuk menjaga generator yang dapat bekerja selama 6 hingga 8 jam. Sementara untuk unit Genset yang lain atau berukuran kecil, tangki bahan bakar merupakan bagian dari alas selip Genset yang bisa dipasang di atas rangka genset. Sehingga untuk aplikasi komersial, perlu memasang tangki bahan bakar eksternal.


Exhaust Cooling System

Walaupun open, tetapi Genset tersebut masih bisa menimbulkan panas. Nah karena panas tersebut harus dilepaskan, maka adanya komponen pendingin dan exhaust system sangatlah penting dalam berperan sebagai ventilasi untuk melepaskan panas tersebut. Pelepasan panas tersebut biasanya dengan sistem pembuangan gas melalui knalpot, radiator, dan juga kipas.


System Lubricant

Atau pelumasan, merupakan sistem yang diperlukan agar Genset mampu beroperasi dengan halus dan tahan lama. Alasannya karena dalam pompa tersimpan minyak yang berfungsi untuk melumasi mesin generator. Lalu kadar minyak pelumas juga perlu dicek pada setiap generator yang memang beroperasi selama beberapa jam, tepatnya 8 jam.


Itulah beberapa komponen penting pada Genset open. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga yang lainnya. Nah bilamana Anda tertarik dengan Genset open atau Genset lainnya, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami adalah Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page