top of page

Beberapa Komponen Genset yang Sering Rusak dan Wajib Diganti



Genset merupakan rangkaian mesin yang berfungsi untuk menghasilkan daya listrik, yang biasanya mesin tersebut sering digunakan sebagai pemasok listrik saat terjadi pemadaman listrik. Meskipun memiliki kegunaan yang sangat berguna, tetapi Genset juga tidak luput dari yang namanya kerusakan, bisa dari pemakaian, ataupun umur, ataupun faktor lain sebagainya yang mempengaruhi Genset itu sendiri.


Kerusakan pada Genset memang beragam, dan yang paling sering ditemukan adalah dari komponen yang ada dalam Genset. Nah beberapa komponen rusak yang ada pada Genset, tentunya harus diganti, karena jika diperbaiki biasanya itu hanya berujung pada kesia-siaan. Dan beberapa komponen Genset yang sering rusak dan wajib diganti, bisa anda ketahui semuanya di artikel ini, maka dari itu silahkan simak artikel ini!

Inilah Beberapa Komponen Genset yang Sering Rusak dan Wajib Anda Ganti yang Baru

  • Busi: Busi merupakan sumber pengapian yang terdapat pada jenis Genset bensin, dan jelas komponen atau spare part tersebut akan memang sering mengalami masalah atau kerusakan, seperti api kecil hingga mati. Nah penyebab dari kerusakan pada busi adalah kualitas busi yang memang kurang bagus, atau bisa juga karena umurnya sudah tua. Sehingga, akan lebih baik anda mengganti busi-nya dengan yang baru saja.

  • Karburator: Pengaturan angin dan bensin pada karburator harus benar-benar tepat, dan karburator pada genset bensin juga sering mengalami masalah atau kerusakan. Mesin genset yang tersimpan cukup lama, nantinya akan mengalami pengendapan bahan bakar pada karburator. Sehingga dengan begitu, maka fungsi karburator menjadi tidak maksimal, yang mana akibatnya performa mesin Genset ikut menurun. Membersihkan karburator memang cukup bisa mengatasi masalah tersebut, tetapi alangkah lebih baiknya anda ganti yang baru apabila Karburator sudah mengendap kotoran yang banyak.

  • Bosch Pump: Di mesin Genset diesel, terdapat spare part atau komponen yang bernama bosch pump, dimana itu berfungsi untuk memompa bahan bakar. Jadi dengan begitu, maka apabila bosch pump rusak, maka mesin genset tidak dapat dinyalakan. Dan cara mengatasinya yang terbaik, adalah dengan mengganti bosch pump-nya.

  • AVR Genset: AVR genset yang mengalami kerusakan dapat terlihat dari mesin Genset yang tidak keluar arus listrik. Dan penyebab adalah dari pemakaian daya listrik yang melebihi kapasitas Genset, sehingga AVR menjadi panas dan akhirnya terbakar. Jika sudah terbakar, maka tentu itu jangan diperbaiki, karena lebih baik menggantinya dengan yang baru.

Dan itulah beberapa komponen Genset yang sering rusak, dan lebih baik diganti yang baru ketimbang harus memperbaikinya. Itu karena memperbaikinya, bisa saja hanya sementara, dan bisa saja belum benar-benar diperbaiki, sehingga nantinya malah timbul kerusakan lain. Bila anda tertarik ingin mengganti Genset lama anda ke Genset berkualitas, atau ingin memiliki Genset terbaik, maka kami rekomendasikan Genset Tenka, yang mana itu bisa anda miliki dan ketahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com


Sekian artikel bermanfaat kali ini, yang mana membahas beberapa komponen Genset yang sering rusak dan lebih baik diganti dengan yang baru. Semoga jadi manfaat bagi anda, terutama bisa menambah wawasan anda tentang Genset. Anda bisa share artikel ini kepada yang membutuhkan manfaat dari artikel ini, dengan cara anda share melalui media sosial ataupun media lainnya yang ada dan tersedia.

Comentarios


bottom of page