Beberapa Komponen Pompa Celup yang Sering Rusak



Pompa celup lebih banyak digunakan daripada pompa biasa, hal itu karena pompa celup memiliki banyak keunggulan daripada pompa pada umumnya. Namun meski begitu, layaknya pompa air biasa, tentunya pompa celup juga perlu dirawat agar pompa celup bisa awet dan tahan lama. Tidak hanya itu, memerhatikan komponen pada pompa celup juga penting, hal itu karena ada beberapa komponen pompa celup yang sering rusak.


Pompa celup memang terdiri dari beberapa komponen, sehingga anda sebagai pemilik atau pengguna pompa celup perlu untuk memperhatikan komponen-komponen yang ada pada pompa celup, terutama yang sering rusak. Nah komponen apa yang sering rusak pada pompa celup? Untuk mengetahuinya maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya agar anda bisa tahu komponen yang sering rusak tersebut.

Inilah Beberapa Komponen Pompa Celup yang Sering Rusak

Berikut adalah beberapa komponen yang kemungkinan mudah rusak pada pompa celup:

  • Klep yang terdapat tusen berfungsi menahan air supaya tidak kembali ke dalam sumur. Dan biasanya itu mudah rusak apabila ada endapan keras yang masuk, dan apabila terjadi kerusakan pada klep, maka jelas air akan kembali ke dalam sumur atau penampungan air. Dan hal tersebut tentunya dapat menyebabkan air tidak mengalir walaupun pompa dinyalakan.

  • Dinamo tidak berputar, atau Baren atau kleker yang sudah kering pada akhirnya akan dapat menyebabkan dinamo pompa tidak berputar dengan baik, dan itu dapat menimbulkan suara mesin berdengung walau tidak ada tekanan air yang keluar.

  • Kapasitor merupakan komponen yang bisa saja mudah rusak, hal itu karena memang kapasitor adalah kumparan yang berfungsi untuk membantu memutar motor pada pompa. Kerusakan kapasitor menyebabkan suara mesin berdengung dan tidak ada tekanan air yang keluar.

  • Pipa bocor, sehingga membuat banyak masalah bagi pompa celup, seperti air tidak keluar maksimal, hingga masalah lain sebagainya. Masalah pipa bocor tentunya beragam, seperti bisa ada objek keras dan tajam yang masuk ke pipa, atau sebagainya yang membahayakan pipa pompa celup.

  • Impeller adalah komponen yang berputar dari pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dari pusat rotasi. Dan kemungkinan impeller rusak juga besar, dikarenakan bisa saja adanya korosi dari keretakan bodi pompa celup, ataupun sebagainya.

  • Kabel pompa celup yang rusak karena berada terendam, terlalu lama pada objek yang berbahaya, sehingga terkelupas atau putus. Bisa saja kabel tersebut rusak karena adanya makhluk tanah yang menggerogoti kabel pompa celup, ataupun ada tekanan dari atas tanah.

Jadi itulah beberapa komponen yang bisa sering rusak pada pompa celup. Maka dari itu, anda perlu waspada dengan terus memperhatikan komponen-komponen yang ada pada pompa celup, hal itu agar pompa celup bisa awet dan juga tahan lama. Melihat pembahasan kami diatas, tentunya bisa membuat anda semakin tertarik dengan pompa celup, dan jika memang demikian maka kami rekomendasikan pompa celup Tsurumi. Nah untuk pompa celup Tsurumi, maka anda bisa miliki dan ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya artikel ini maka anda semakin paham dan mengerti tentang pompa celup dan komponennya yang sering rusak. Jangan lupa anda bisa bagikan pembahasan kami ini kepada yang lainnya agar mereka juga dapat memahaminya, dimana anda bisa share melalui media sosial ataupun media lainnya.