top of page

Kualitas Tidur Meningkat dengan Pencahayaan LED yang Tepat



Setiap manusia memiliki keunikan tersendiri saat mereka melakukan kegiatan mereka, yang mana tidur adalah salah satunya. Ketika manusia tidur, umumnya mereka akan menimbulkan reaksi yang tidak diketahui, seperti mendengkur, mimpi, dan sebagainya. Nah adapun cara tidur juga beragam, ada yang bisa tidur dengan berbagai posisi, serta ada yang bisa tidur dengan adanya cahaya serta tidak menggunakan cahaya dari lampu atau gelap.


Faktanya, tidur dalam kondisi gelap atau mematikan lampu kamar akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Ini karena paparan cahaya adalah faktor kunci yang mengatur tidur dan jam biologis tubuh. Namun meski begitu, ada juga beberapa orang yang masih tidak nyaman jika tidur tidak menggunakan lampu. Jadi oleh sebab itu, maka bagi orang yang tidak bisa tidur tanpa lampu, maka mereka sudah seharusnya menggunakan lampu LED untuk tidur.


Informasi Mengenai Pencahayaan Lampu LED Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur Seseorang


Sudah diketahui, bahwa tidur dalam kondisi gelap atau mematikan lampu akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Ini karena paparan cahaya adalah faktor kunci yang mengatur tidur dan jam biologis tubuh, yang mana cahaya yang diterima tubuh saat tidur dapat memberikan sinyal yang menunjukkan waktu-waktu tertentu bagi tubuh. Tentu saja tidur dengan kondisi yang gelap atau lampu dimatikan memang memberikan sinyal pada tubuh bahwa ini adalah waktu tidur, sehingga tidur pun akan menjadi berkualitas.


Berbeda dengan sebaliknya, jika tidur dengan lampu menyala maka akan membuat otak tidak akan memproduksi hormon melatonin, sebab ia bingung apakah kini waktu malam atau siang. Tapi akan berbeda permasalahannya jika seseorang tidak bisa tidur atau tidak nyaman tidur jika tidak menyalakan lampu. Kondisi ini bisa terjadi karena mungkin mereka yang merasa trauma dengan kegelapan, atau memang keadaan tertentu yang membuatnya hanya nyaman tidur menggunakan lampu.


Alasan Tepat Menggunakan Pencahayaan Lampu LED untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Seseorang yang tidur harus menggunakan lampu memang sebenarnya tidak berdampak begitu buruk bagi mereka. Akan tetapi dampaknya juga bisa buruk jika penggunaan lampu untuk tidur adalah salah adanya. Ini karena lampu yang salah untuk tidur bisa membuat menggelapnya kulit seseorang karena paparan sinar UV (baik UVA dan UVB) dalam jangka waktu yang lama pada saat-saat sinar UV sedang tidak baik bagi kulit dan tanpa menggunakan perlindungan terhadap kulit.


Jadi karena LED tidak menggunakan UV, hanya memproduksi cahaya spektrum kacamata dan spektrum infrared. Maka pencahayaan lampu LED untuk tingkatkan kualitas tidur sehat adalah benar adanya. Namun bukan berarti semua LED tepat untuk menjadi lampu tidur yang tingkatkan kualitas tidur seseorang. Karena diketahui hanya beberapa warna dari LED saja yang bisa bantu tingkatkan tidur seseorang di suatu ruangan atau kamar.


Warna-warna tersebut antara lain warna merah, dikarenakan merah bisa mendorong otak untuk memproduksi melatonin. Hormon alami ini memberitahu tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur atau istirahat. Kemudian warna lain terbaik lainnya dari LED adalah warna gelap. Ini karena semakin gelap maka semakin banyak tubuh melepaskan untuk menempatkan Anda ke dalam REM dan ritme sirkadian.


Jadi itulah pencahayaan lampu LED yang bisa tingkatkan tidur seseorang. Sekian dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda semua, terutama dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika Anda menginginkan lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comentários


bottom of page