top of page

Kunci Inggris: Fungsi dan Cara Penggunaannya yang Benar



Kunci ring adalah kunci yang sering dipakai oleh mekanik, seperti mekanik otomotif atau lainnya. Dia sering dipakai karena kunci ring memiliki fungsi utama, yaitu untuk mengencangkan dan mengendurkan mur atau baut suatu komponen kendaraan ataupun komponen benda lainnya yang terdapat baut atau mur. Jadi kunci ring dapat digunakan untuk mengendorkan atau mengencangkan baut dan mur yang memiliki bentuk segi enam (heksagonal).


Namun apa jadinya jika kunci ring tidak ada atau tidak dapat ditemukan, atau mungkin karena banyaknya alasan? Nah jika memang demikian, maka untuk membuka baut dan mur yang memiliki bentuk segi enam (heksagonal) bisa menggunakan kunci alternatif, yakni kunci inggris. Apa itu kunci inggris dan apa saja fungsi dari kunci inggris, semua itu begitu juga dengan cara penggunaannya yang benar bisa Anda ketahui di artikel kami ini!


Mengenal Kunci Inggris dari Fungsinya yang Sangat Berguna


Kunci Inggris bisa juga disebut sebagai adjustable spanner atau adjustable wrench, yakni sebuah peralatan tangan yang dapat digunakan untuk mengendorkan atau mengencangkan mur atau baut, yang mana itu dengan ukurannya yang dapat disetel/disesuaikan dengan ukuran mur atau baut. Dinamakan sebagai kunci inggris, karena memang kunci tersebut berasal dari Inggris, yakni ditemukan pertama kali oleh seorang insinyur yang berasal dari negara Inggris yang bernama Richard Clyburn pada tahun 1842.


Adapun fungsi kunci inggris adalah untuk melepas dan mengencangkan baut/mur ketika ukuran kunci pass atau ring tidak ada yang sesuai. Dengan kunci inggris ini, maka Anda dapat gunakan jika keadaan tidak ada kunci yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Oleh karena itu kunci inggris adalah kunci alternatif dari kunci ring serta pas. Meski begitu kunci ini tidak boleh digunakan untuk baut atau mur dengan beban yang berat. Hal ini dikarenakan dapat merusak bagian permukaan baut ataupun kunci itu sendiri. Maka dari itu, pastikan penggunaan dari kunci inggris itu tidak salah.


Cara Menggunakan Kunci Inggris Secara Benar dan Tepat

Jangan gunakan kunci inggris secara asal-asalan atau minim pengetahuan, karena itu malah akan membuat kunci inggris mudah rusak. Anda bisa menggunakan kunci inggris dengan penggunaan yang benar, yang mana itu antara lain:


  1. Pertama Anda bisa membuka rahang kunci inggris dengan cara memutar ulir penyetel yang tersedia pada kunci tersebut.

  2. Kemudian tempatkan mur atau baut di dalam rahang kunci inggris.

  3. Berikutnya ikuti dengan cara putar kembali ulir penyetel agar rahang kunci inggris bisa menekan kuat mur atau baut.

  4. Posisikan mur atau baut tersebut pada rahang kunci inggris, yang mana itu harus berada pada posisi yang benar yaitu pada bagian pangkal rahang kunci inggris.

  5. Kemudian Anda selanjutnya bisa melakukan dengan memutar lengan kunci inggris, yakni dengan arah putaran yang benar dengan posisi rahang kunci masuk sampai dalam penjepit dari kunci inggris tersebut.

  6. Untuk melepaskan baut atau mur yang terjepit kunci inggris, maka Anda bisa menyetel ke arah sebaliknya pada ulir penyetel kunci inggris.


Jadi itulah pengenalan kunci inggris, baik itu fungsinya serta cara penggunaannya yang benar dan tepat untuk Anda. Kiranya berguna untuk Anda semua dalam mengetahui fungsi serta cara menggunakan kunci inggris yang benar. Jika tertarik dengan kunci inggris atau kunci perkakas lainnya, maka Anda bisa mendapatkan yang terbaik serta berkualitas di perkakas Tenka. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait perkakas Tenka, maka Anda bisa klik IndahJaya.com


bottom of page