top of page

Kunci Pas Adjustable: Seberapa Penting Fungsinya dalam Dunia Perbaikan?



Terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium dengan tangkai shank yang membentuk sudut 15 derajat pada kedua ujung-ujungnya dan 90 derajat, merupakan peralatan yang dikenal sebagai kunci pas. Umumnya kunci pas itu dibuat menjadi dua kunci yang ukuran masing-masingnya cukup berbeda, misalnya ukuran 6 mm dan 7 mm dan seterusnya. Ukuran kunci menunjukkan lebar dari mulut kunci yang berarti itu juga menunjukkan lebar kepala baut atau mur.


Dengan fungsinya yang penting untuk melepas dan mengencangkan mur yang memiliki kepala berbentuk bulat, maka kunci ini salah satu yang cukup penting dan wajib ada di dunia bengkel otomotif. Layaknya beberapa perkakas lainnya, kunci pas juga memiliki beberapa jenis yang berbeda, seperti salah satunya adalah kunci pas adjustable. Apa itu kunci pas adjustable dan apakah fungsinya begitu penting dalam reparasi, semua itu bisa Anda ketahui di bawah ini!


Informasi Lengkap Kunci Pas Adjustable yang Berperan Penting dalam Dunia Perbaikan


Mengenal Kunci Pas Adjustable

Seperti yang sudah banyak orang tahu, kunci pas adalah perkakas tangan yang paling umum dipergunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut dan mur kendaraan, dimana itu untuk mendapatkan sambungan yang ketat dan tidak mudah lepas. Karena berguna untuk melepas dan mengencangkan mur yang memiliki kepala berbentuk bulat, maka dengan begitu Anda tidak perlu khawatir baut akan lepas karena bagian shank ring bisa menutupi seluruh bagian kepala baut.


Satuan ukuran kunci pas sendiri terdiri dari ukuran metrik (mm) dan imperial (inch). Ukuran satuan metrik tersedia ukuran dari 4 mm sampai dengan ukuran 80 mm. Lalu yang umum digunakan di bengkel otomotif adalah ukuran 6 mm dengan kenaikan setiap 1 mm hingga ukuran kunci 36 mm, kecuali ukuran 31 mm, 33 mm, 34 mm, dan 35 mm tidak disediakan. Lalu bagaimana dengan jenis kunci pas adjustable?


Untuk kunci pas adjustable dia adalah alat yang cukup berbeda dari kunci pas pada umumnya, dikarenakan ia adalah alat yang sempurna untuk mur yang lebih besar dan baut yang sangat ketat dan memang sulit dijangkau. Ciri dari kunci pas ini yakni memiliki mulut ultra yang sangat lebar, yang mana itu dapat membuka hingga 68mm dan 30% lebih dalam dari kebanyakan kunci pas dari lainnya yang dapat disesuaikan.


Fungsinya yang Berperan Penting dalam Dunia Perbaikan

Kunci pas biasa saja pastinya sangat berguna dalam reparasi, apalagi kunci pas adjustable. Kunci pas adjustable merupakan kunci yang sangat cocok bilamana Anda sering menggunakan perkakas kunci pas, sehingga dengan begitu kunci ini bahkan lebih penting ada di dunia perbaikan ketimbang kunci pas biasa. Alasannya jelas, karena tidak perlu menggunakan banyak kunci pas, karena kunci pas adjustable bisa disesuaikan dengan mur yang mau dibongkar pasang.


Meski bisa diatur tingkat lebar dari rahangnya, tapi bukan berarti kunci ini tidak awet dan tahan lama. Kunci pas adjustable biasanya terbuat dari bahan material alumunium, yang mana itu bisa membuatnya menjadi lebih awet dan tahan lama. Jadi dengan demikian maka kesimpulannya, daripada memiliki banyak kunci pas yang dipergunakan untuk berbagai kebutuhan di dunia perbaikan, maka ada baiknya Anda hanya memiliki 1 kunci pas yaitu kunci pas adjustable.


Nah itulah artikel dari kami mengenai kunci pas adjustable yang ternyata memiliki banyak peran penting di dunia perbaikan. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Bilamana Anda mencari atau ingin mengganti perkakas lama Anda ke perkakas yang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami adalah Tenka yang ada di IndahJaya.com


コメント


bottom of page