top of page

Kunci Pipa: Penggunaan yang Tepat dan Rekomendasi Terbaik



Pipa merupakan bagian penting dari sistem perpipaan dan peralatan yang dipasang di gedung, yakni berguna untuk mengalirkan penggunaan air, gas, serta pengolahan limbah yang terbawa air. Dalam penggunaannya, terdapat banyak jenis dan fungsi yang nantinya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi ada beberapa jenis pipa yang memang tidak sama satu dengan yang lain, tetapi tentu memerlukan perkakas untuk melakukan instalasinya yang tepat.


Ada banyak perkakas yang memang tepat dan terbaik bagi pengerjaan pipa, yang mana salah satunya itu adalah kunci pipa. Nah seperti namanya, kunci pipa merupakan salah satu kunci yang paling umum dan paling utama digunakan untuk pengerjaan pipa. Mengapa demikian? Untuk mengetahui lebih lengkapnya tentang kunci pipa, maka Anda bisa simak cara penggunaannya yang tepat serta rekomendasinya yang terbaik di artikel ini


Mengenal Lebih Jauh Tentang Kunci Pipa


Kunci pipa jelas adalah kunci atau perkakas yang berkaitan dengan pipa. Jelasnya, kunci pipa adalah kunci yang dapat digunakan untuk membuka dan mengencangkan pipa, atau bisa juga logam bulat lainnya yang memang sesuai. Nah kunci pipa dapat melakukannya secara efektif, itu karena kunci pipa memiliki rahang khusus, yakni rahang-rahang yang memang dapat disetel sesuai ukuran pipa ataupun pada logam yang tepat. Jadi kesimpulannya, tanpa kunci pipa, maka instalasi pipa bisa tidak sesuai, karena tanpa kunci pipa maka pemasangan pipa satu ke yang lain bisa salah atau longgar.


Inilah Penggunaan Kunci Pipa yang Tepat


Penggunaan kunci pipa dikenal sama dengan kunci pas, padahal kenyataannya tidaklah demikian. Nah penggunaan kunci pipa itu kurang lebih hampir sama dengan kunci pas setelan, yang mana pada perbedaan penggunaan kunci pipa ada pada penggunaannya yang khusus digunakan untuk pipa bukan untuk mur. Nah agar tidak salah, maka ada beberapa tahapan dalam menggunakannya secara tepat dan benar, yakni:


  1. Rekatkan ulir dengan selotip pada pipa.

  2. Kemudian sambungkan dengan pipa yang lain.

  3. Lalu pastikan kunci pipa sesuai dengan ukuran pipanya.

  4. Lanjut dengan putar kunci pipa searah dengan jarum jam disertai tenaga yang cukup.

  5. Tidak menggunakan alat bantu lain untuk memperkuat tekanan tenaga kunci pipa.


Lalu untuk pelepasan pada sambungan pipa, maka langkahnya yang benar dan tepat adalah:

  1. Menyesuaikan kunci pipa sesuai dengan ukuran pipanya.

  2. Lalu putar kunci pipa berlawanan arah dengan jarum jam disertai tenaga yang cukup.

  3. Jangan gunakan alat bantu lain untuk memperkuat tekanan tenaga kunci pipa.


Inilah Rekomendasi Kunci Pipa yang Terbaik untuk Anda

Berikut adalah beberapa rekomendasi cara dalam memilih kunci pipa yang memang terbaik:


  • Pastikan kunci pipa dilengkapi dengan komponen-komponen penting, seperti rahang geser, ulir penyetel, rahang diam, hingga handle. Nah hal tersebut penting, karena jika ada kekurangan satu saja, maka kunci pipa akan sulit sekali digunakan dalam memasang atau bongkar pipa pada instalasinya.

  • Cari kunci pipa yang memang tersedia dalam banyak ukuran, itu penting mengingat tidak semua pipa memiliki ukuran yang sama. Ada baiknya, Anda pastikan bahwa kunci pipa yang mau Anda pilih adalah kunci pipa yang tersedia dalam banyak ukuran, seperti 8"/200mm, 10"/250mm, 12"/300mm.

  • Kunci inggris nyatanya juga bisa termasuk sebagai kunci pipa juga. Itu karena hampir tiap komponen kunci pipa juga dimiliki oleh kunci inggris. Tidak hanya itu, penggunaannya pun juga sama dengan kunci pipa, sehingga dengan begitu maka kunci inggris bisa menjadi alternatif untuk Anda dalam menggantikan kunci pipa.


Itulah artikel dari kami yang membahas mengenai kunci pipa, baik penggunaannya yang tepat serta rekomendasi kunci pipa yang tepat dan terbaik. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk kunci atau perkakas terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan itu pada perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut terkait produk perkakas Tenka.


Comments


bottom of page