top of page

Mengenal Kunci Split: Fungsi dan Cara Kerjanya yang Wajib Diketahui



Banyak nama atau istilah kunci perkakas yang memang tidak semuanya dimengerti oleh banyak orang. Seperti halnya dengan kunci split yang saat ini minim informasi akan kunci tersebut. Split banyak yang mengenalnya sebagai gerakan olahraga yang menggunakan tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan. Namun dalam dunia hand tools, kunci split merupakan sebuah perkakas yang memang saat ini begitu kurang diketahui banyak orang.


Sebuah nama perkakas memang biasanya erat hubungannya dengan fungsi kuncinya, atau bisa juga sesuai dengan bentukan dari kunci tersebut. Ini juga berlaku dengan kunci split, yakni split yang dimaksud adalah kunci tersebut bisa melakukan split. Maksudnya split dalam mengeluarkan mata kunci yang berbeda dalam satu genggaman. Nah untuk lebih jelasnya mengenai kunci split, baik itu fungsi dan cara kerjanya, Anda bisa simak artikel ini!

Mengenal Kunci Split dari Fungsi serta Cara Kerjanya yang Wajib Diketahui Anda

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, kunci split adalah kunci yang terdiri dari beberapa mata kunci menjadi 1. Jelasnya itu adalah kunci yang bisa digenggam, lalu pada grip atau genggaman tebalnya terdapat beberapa jenis kunci, seperti tang, obeng, kunci pas, palu, dan sebagainya tergantung model atau produk tersebut.


Nah dengan keberagaman kunci seperti kunci splitman yang ada dalam 1 genggaman, maka jelas sekali kunci split memiliki sebuah penggunaan yang lebih efisien serta praktis di segala pekerjaan yang membutuhkannya. Ini juga turut memberikan kemudahan Anda dalam memiliki keberagaman kunci, serta mampu menghemat kantong Anda karena tidak perlu lagi membeli banyak kunci yang dibutuhkan.

Inilah Fungsi Kunci Split yang Memang Wajib Diketahui Oleh Anda Semua

Sebuah kunci perkakas tentu memiliki fungsinya tersendiri yang memang sesuai dengan tujuan dari adanya kunci tersebut. Jadi kunci split juga demikian sama, bahkan menariknya kunci tersebut memiliki beberapa fungsi yang ada. Adapun fungsinya yang biasa ada pada kunci split seperti kunci splitman antara lain adalah:


  • Dapat memotong, karena kunci split memiliki mata pisau yang tersimpan di dalamnya. Memotong yang dimaksud juga beragam, bahkan bisa memotong kabel pada umumnya.

  • Dikarenakan ada tang yang juga termasuk dalam kunci split, maka kunci ini dapat berperan sebagai tang, yakni menjepit hingga mengupas kabel.

  • Kunci split dapat digunakan untuk mengendorkan, memasang, melepas baut, mur, dan sekrup. Ini karena pada bagian sisi kunci split tersebut ada tersimpan berbagai jenis mata obeng yang ada.

  • Pada bagian bawah kunci split terdapat ujung yang mirip dengan palu seperti jenis kambing. Nah tentu saja dengan bentuk seperti palu kambing, maka kunci ini bisa untuk memukul atau menancapkan paku, serta mencabut atau mencungkil paku yang tertanam.

  • Lalu yang jarang juga diketahui, kunci split juga memiliki bagian untuk membuka botol atau kaleng. Jadi penggunaannya bisa digunakan untuk membuka botol atau kaleng yang memang membutuhkan alat pembuka seperti kunci split.

Inilah Cara Kerja dari Kunci Split yang Memang Wajib Diketahui Anda Semua

Cara kerja dari kunci split sebenarnya tidak perlu dijelaskan lebih jauh. Ini karena kunci split atau kunci bernama splitman adalah kunci multifungsi yang bisa berubah menjadi kegunaannya yang beragam. Ini terjadi jika Anda melakukan split pada kunci tersebut untuk mengeluarkan bagian kunci yang hendak dipakai.


Jadi cara kerjanya bisa disesuaikan, yang mana bila split pada bagian obeng plus lalu diarahkan dengan benar sesuai petunjuk, maka cara kerjanya mirip dengan obeng plus. Ini juga berlaku bagi bagian split lain, seperti obeng minus, lalu seperti pisau, tang, pembuka botol, bahkan juga bisa tang hingga pada bagian bawah yaitu sebagai palu.


Nah itulah artikel dari kami mengenai fungsi serta cara kerja dari kunci split. Semoga jadi manfaat bagi Anda semua, terutama bisa membuat Anda semakin mengenal kunci split. Bilamana Anda ingin memiliki perkakas yang terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan perkakas Tenka. Anda bisa dapatkan perkakas Tenka atau ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com

bottom of page