top of page

Mengapa Lampu LED 12V Menjadi Pilihan Terbaik untuk Kendaraan Anda?



Lampu LED telah menjadi lampu andalan banyak orang, tidak terkecuali pada kendaraan. Hal ini karena LED bisa memberikan penerangan yang terang dengan berbagai keunggulan yang ada dibanding lampu biasa. Dengan perkembangan zaman, maka kendaraan dulu yang masih menggunakan lampu bohlam halogen, maka kini sudah beralih ke penggunaan lampu LED yang memang terang serta menarik untuk dilihat.


Namun, tahukah Anda di beberapa kendaraan seperti mobil atau motor, lampu LED yang digunakan secara umum selalu memiliki tegangan volt sebesar 12V. Apa alasannya dan mengapa bisa begitu, tentu itu akan menjadi suatu hal misterius yang pastinya ingin Anda ketahui secara jelas. Nah oleh karena itu, untuk mengetahui alasan lampu LED 12V menjadi pilihan terbaik kendaraan, Anda bisa simak jawabannya di bawah ini!

Inilah Alasan Lampu LED 12V Jadi Pilihan Terbaik untuk Kendaraan Anda

Seperti pada lampu lainnya, lampu LED pada kendaraan juga tercantum spesifikasi mengenai watt dan volt. Nah sebenarnya apa itu watt yang tercantum dalam sebuah lampu LED, begitu juga tentang volt pada lampu tersebut? Banyak yang penasaran, apakah memang ada korelasi antara watt dan volt pada lampu LED tersebut, yang mana sebenarnya keduanya memang memiliki keterikatan yang ada pada lampu LED.


Jika dilihat dari definisinya, sebenarnya watt adalah satuan listrik untuk menyatakan besaran daya dari berbagai peralatan listrik. Sedangkan untuk volt, dia adalah satuan listrik untuk menyatakan besaran tegangan listrik yang dihasilkan atau dibutuhkan dari berbagai sumber listrik. Jadi dengan begitu maka kesimpulannya, watt adalah satuan listrik yang menyatakan besaran daya dari sebuah lampu LED. Sementara volt adalah satuan listrik yang menyatakan besaran tegangan listrik dari sebuah lampu LED.


Volt atau voltage sendiri adalah sebuah standar dari satuan listrik yang menunjukkan tentang sebuah nilai dari tegangan yang ada dalam listrik sebuah lampu LED. Jadi untuk bisa mengetahui berapa besar tegangan yang dimiliki suatu lampu LED, maka Anda bisa menggunakan alat bernama voltmeter. Lalu apa alasannya lampu LED 12V menjadi pilihan lampu terbaik untuk kendaraan?


Alasannya sebenarnya cukup mudah, karena voltase itu bisa mempengaruhi jumlah besar atau kecilnya daya (watt) listrik yang sedang mengalir ke lampu LED kendaraan Anda. Semakin besar voltase maka semakin besar juga pastinya watt yang dibutuhkan. Jadi ini semua tergantung bagaimana jumlah voltase sebuah lampu yang ternyata juga ikut mempengaruhi watt pada lampu kendaraan.


Efek dari kenaikan voltase pada lampu juga akan berakibat pada kualitas sinar dari lampu LED yang akan menjadi lebih terang. Dalam keadaan voltase normal seperti 12 volt pun, Anda harus menggunakan lampu dengan kapasitas watt lebih besar agar mendapatkan sinar lampu LED yang jauh lebih terang. Logika ini menunjukkan bahwa penyebab lebih terangnya cahaya LED karena terjadi kenaikan voltase akibat bertambah besarnya jumlah daya listrik (watt).


Kesimpulannya, lampu LED 12V adalah lampu LED terbaik bagi kendaraan. Ini dikarenakan lampu tersebut disinyalir sebagai lampu LED yang hemat daya cukup tinggi dibanding lampu LED yang melebihi 12V. Kemudian dibawah 12V sendiri akan sangat kurang dalam menghasilkan penerangan yang baik dari lampu LED, ini karena memang LED 12V sudah terbukti sebagai jumlah yang tepat bagi lampu LED untuk kendaraan saat ini.


Jadi itulah alasan mengapa lampu LED 12V menjadi pilihan terbaik untuk kendaraan Anda. Sekian dari kami, semoga bisa Anda pahami serta jadi manfaat bagi semuanya. Jika Anda menginginkan lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com

bottom of page