top of page

Lampu LED vs CFL: Perbandingan Kualitas Cahaya, Daya Tahan, dan Hemat Energi



Sejarahnya, manusia sempat kesulitan dalam menghadapi kegelapan, itu karena mata manusia memang tidak mampu melihat dalam gelap. Sehingga dari kelemahan itulah, maka dulunya api lilin, korek atau sebagainya yang menerangkan dari api sangat dibutuhkan, baik untuk malam hari dan ruangan gelap. Nah seiring berkembangnya zaman, api kian ditinggalkan dan diganti dengan lampu, yaitu alat yang dapat menerangkan dengan sumber tenaga dari listrik.


Tidak berhenti disitu, zaman yang semakin modern pun juga berdampak pada lampu yang terus menglahirkan inovasi, seperti terciptanya lampu CFL dan lampu LED. Nah lampu CFL dan lampu LED, adalah 2 lampu yang terus menjadi pertimbangan banyak orang, seperti membandingkan kualitas cahaya, daya tahan, hingga siapa yang lebih hemat energi. Maka dari itu agar tahu siapa yang lebih baik, maka simak saja artikel ini selengkapnya!


Perbandingan Lampu LED VS Lampu CFL

Jika Anda bingung dalam menentukan mana lampu yang terbaik antara lampu LED vs lampu CFL, maka Anda perlu simak beberapa perbandingan yang telah kami jelaskan di bawah ini. Mengetahui perbandingan kedua lampu tersebut penting, agar Anda tahu mana yang terbaik dan bisa diandalkan oleh Anda pada nantinya.


Inilah Perbandingan Kualitas Cahaya dari Lampu LED VS Lampu CFL

Siapa yang lebih terang? Sebenarnya keduanya sama-sama bisa memberikan terang cahaya yang begitu baik, tetapi ada perbedaan yang membedakan. Untuk lampu CFL, ia memang terang tetapi tidak secepat dari lampu LED. Maksudnya, Lampu LED bisa langsung menyala terang tanpa perlu waktu pemanasan, tidak seperti lampu CFL yang baru bisa menyala terang optimal setelah ditunggu selama beberapa menit.


Kemudian perbedaan berikutnya, lampu CFL memiliki bentuk beragam, dari bulat, lurus memanjang, spiral, dan bulat panjang. Dibanding lampu pijar, lampu CFL memiliki pencahayaan lebih terang, umur pakai lebih panjang, serta lebih hemat energi. Namun itu masih kalah dengan lampu LED, yakni ia memiliki warna beragam, sangat ramah lingkungan, juga tidak menghasilkan panas berlebih. Sehingga walau sama-sama terang, tetapi lampu LED tidak panas seperti lampu CFL.


Inilah Perbandingan Daya Tahan dari Lampu LED VS Lampu CFL

Sama dengan perbandingan kualitas cahaya, sebenarnya keduanya juga bisa berumur panjang sampai 10-15 tahun. Namun sayangnya walau bisa berumur panjang, lampu CFL itu akan semakin tidak memiliki warna terang, alias redup atau memiliki tingkat cahaya yang tidak seperti dulu lagi. Nah itu berbeda dari lampu LED, yang mana lampu tersebut bisa memiliki umur lampu yang begitu panjang, yakni bisa mencapai 20 tahun lebih tergantung dari perawatan serta pemakaiannya. Jadi kesimpulannya, lampu LED bisa tetap menyala terang di jangka waktu panjang, sementara lampu CFL semakin menurun kualitas pencahayaannya seiring dengan frekuensi penyalaannya.


Inilah Perbandingan Hemat Energi dari Lampu LED VS Lampu CFL

Baik itu lampu CFL dan lampu LED, keduanya adalah lampu yang memang hemat energi, sehingga keduanya tepat jika memang Anda ingin memiliki lampu hemat energi. Namun yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda, yaitu dari lampu LED yang tidak menggunakan material tungsten ataupun gas halogen, sehingga relatif aman bagi lingkungan dan pemakainya. Bahan yang digunakan juga lebih tahan pecah dibandingkan lampu CFL dan lampu pijar biasa, sehingga lampu LED lebih aman digunakan.


Nah itulah artikel dari kami yang membahas perbandingan lampu LED dan lampu CFL, baik itu perbandingan kualitas cahaya, daya tahan, hingga hemat energi. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comentários


bottom of page