top of page

Langkah Maintenance Rutin Genset di Bandara yang Wajib Dilakukan



Bandara merupakan sebuah fasilitas, yaitu suatu tempat dimana pesawat terbang seperti pesawat udara dan helikopter dapat lepas landas dan mendarat. Nah tentunya bandara akan mempunyai beberapa alat penting atau canggih, yang mana itu berguna dalam memberikan pengawasan atau instruksi aman dari pusat kepada pesawat-pesawat yang akan terbang atau mendarat di bandara tersebut.


Nah tentunya juga, tiap alat penting yang ada pada bandara itu akan bisa beroperasi dengan daya, seperti salah satunya adalah dengan daya listrik. Oleh karena itu, begitu penting agar bandara bisa tetap beroperasional ketika mati lampu, maka pastinya tiap bandara sudah mempersiapkan beberapa Genset untuk keadaan tersebut. Sama dengan Genset di beberapa tempat, Genset bandara pun juga perlu dirawat dengan benar seperti yang ada di bawah ini.


Inilah Langkah-Langkah Tepat dalam Maintenance Rutin Bagi Genset di Bandara

Karena begitu penting perannya, maka Genset yang ada di bandara pastinya akan selalu dirawat dan diperhatikan oleh para pihak atau pengelola bandara. Nah untuk Anda yang penasaran bagaimana cara merawat Genset yang ada di bandara, maka cara atau langkah yang biasa dilakukan bandara untuk merawat Genset nya, bisa Anda ketahui di berikut ini:


  • Pihak pengelola bandara yang mengurusi Genset mereka, pastinya akan selalu rutin atau berkala untuk memanaskan Genset-Genset mereka, yang mana pastinya ada lebih dari 1 atau 2 Genset di suatu bandara. Guna memanaskan Genset, yaitu untuk membuat mesin pada Genset untuk tetap bisa tetap aktif berjalan saat dimulai “starting”. Jadi Genset yang sudah dipanaskan akan memungkinkan mesin bergerak dan tentunya lebih handal, selain itu memanaskan Genset penting pada Genset-Genset yang jarang digunakan.

  • Langkah berikutnya bisa juga untuk memeriksa aki pada Genset yang ada di bandara. Nah kemungkinan besar, akan ada pemeriksaan khusus bagi aki Genset yang ada di bandara. Cara melakukannya, yaitu dapat dilakukan dengan memeriksa alur koneksi terminal aki agar tidak longgar. Lalu adanya sistem listrik DC (Aki) yang pastinya akan selalu dipastikan tidak rusak atau berkarat, hal itu karena memang demikian bisa berdampak menghambat “starting” Genset yang ada di bandara.

  • Adanya pemeriksaan indikator mesin Genset, yaitu pemeriksaan dari bandara yang dilakukan dengan memeriksa tekanan oli dan suhu radiator pada Genset mereka.

  • Genset yang ada di bandara juga biasanya akan diperiksa dalam performa mesinnya, seperti saat dinyalakan atau dari bunyi mesinnya. Apabila ada ditemukan masalah pada mesin Genset, maka akan ada peringatan dini, lalu bisa juga dari kegagalan pembakaran (misfires), getaran, asap knalpot yang berlebihan, penurunan kekuatan, hingga bisa peningkatan konsumsi oli atau bahan bakar yang aneh.

  • Genset yang ada di bandara juga pastinya akan selalu diperhatikan bahan bakarnya ataupun kadar oli yang digunakan. Bandara akan rutin atau berkala mengganti oli atau pelumas Genset mereka, yang mana itu dilakukan karena memang oli atau pelumas sangat berguna bagi Genset, yaitu untuk melumasi mesin serta menghindari panas serta keausan pada bagian mesin Genset tersebut.

  • Pastinya juga, Genset akan selalu dibersihkan atau ditaruh di tempat yang tepat dan benar. Hal itu dilakukan, karena memang Genset akan mudah rusak jika ditaruh di tempat yang tidak tepat, atau jika Genset memang sudah lama dalam keadaan yang kotor.


Nah jadi itulah langkah atau cara yang tepat dalam melakukan maintenance Genset yang ada di bandara. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, terutama bisa menambah wawasan Anda semua mengenai perawatan Genset. Anda yang ingin memiliki Genset, maka rekomendasi kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda bisa miliki itu serta ketahui lebih lanjut hanya di IndahJaya.com



bottom of page