top of page

Langkah Mudah Mendaur Ulang Lampu LED Anda



Benda fisik yang memang sudah tidak ada gunanya atau nilainya, pastinya telah menjadikan dia sebagai sampah. Nah sampah pun harus dibuang pada tempatnya, ini agar lingkungan bisa terjaga secara baik, dikarenakan sampah memang bisa mencemari lingkungan alam sekitar. Sampah yang dibuang pun sebenarnya tidak semuanya dapat dihancurkan begitu saja, karena ada beberapa sampah yang masih bisa dipakai kembali atau di daur ulang.


Ada banyak benda atau sampah yang bisa di daur ulang, seperti salah satunya ternyata ada pada benda penerangan seperti lampu. Adapun lampu yang bisa di daur ulang, ternyata ada juga pada lampu hemat energi, ramah lingkungan, serta modern yaitu lampu LED. Jadi walau ramah lingkungan, bukan berarti lampu LED boleh dibuang. Karena nyatanya, ramah lingkungan yang dimaksud adalah ia bisa di daur ulang yang memang akan berguna nantinya.

Inilah Langkah-Langkah Mudah untuk Mendaur Ulang Lampu LED

Meski sudah mengetahui bahwa lampu LED ramah lingkungan, tapi tidak sedikit orang yang malah membuang begitu saja lampu tersebut saat dia sudah rusak. Bahkan mereka yang mengetahui bahwa lampu LED bisa di daur ulang pun, malah acuh tak acuh akan hal tersebut dan mereka lebih memilih membuangnya begitu saja. Sayangnya mereka yang mencoba untuk daur ulang lampu LED juga tidaklah benar adanya, ini karena mereka yang mencoba daur ulang minim pengetahuan akan cara tepat daur ulang lampu yang benar adanya.


Nah oleh karena itu, agar tidak mencemari lingkungan serta agar bisa digunakan serta bermanfaat lagi, lampu LED yang sudah rusak bisa di daur ulang dengan cara yang tepat dan benar. Ini karena memang bola lampu LED itu terdiri dari komponen elektronik yang dapat digunakan kembali. Sehingga untuk dapat menanganinya dengan benar, Anda perlu membawanya ke titik pembersihan yang sesuai atau melakukannya dengan cara tepat.


Jadi bagaimana cara lampu LED di daur ulang? Nah seperti yang banyak diketahui, bahwa LED itu tidak mengandung unsur zat kimia yang membahayakan, tapi dia terbuat dari komponen elektronik yang dapat didaur ulang. Selain itu, material dari Lampu LED terbuat dari plastik (88%), beberapa logam (5%) dan bahan lain yang berbeda (7%). Nah beberapa logam yang terkandung dalam LED sangat berguna untuk daur ulang seperti indium, galium atau beberapa elemen lainnya.


Untuk caranya sendiri sebenarnya tidak ada cara yang spesifik untuk dilakukan secara sendiri, atau bahkan itu termasuk dengan program besar khusus sekalipun untuk mendaur ulang LED. Bahkan faktanya di sebagian besar negara di Eropa, malah ada komisi yang menangani regulasi limbah peralatan listrik dan elektronik, terutama untuk mendaur ulang lampu LED. Untuk di Indonesia sendiri, memang komisi atau lembaga yang menangani regulasi limbah listrik belum ada, akan tetapi Anda bisa merubah limbah lampu menjadi hal yang berguna.

Inilah Kegunaan Lampu LED Rusak yang Bisa Digunakan untuk Hal Lain

Jadi kesimpulannya, lampu LED memang bisa di daur ulang, tapi itu perlu membawanya ke titik pembersihan yang sesuai, serta dapat dilakukan di berbagai tempat yang memang mengkhususkan daur ulang lampu LED. Jadi tidak bisa dilakukan oleh Anda sendiri, atau tidak dengan cara lainnya.


Nah adapun memang jika ada lampu LED yang rusak, maka selain di daur ulang, Anda sebenarnya bisa menjadikan lampu tersebut berguna sebagai hal lain. Ini seperti daur ulang hanya saja berbeda, yakni dengan menjadikan lampu LED sebagai atribut hiasan rumah ataupun pernak-pernik lainnya yang dapat mempercantik hunian. Atau bisa juga untuk kerajinan tangan, yang mana memang lampu LED tepat serta aman karena ramah lingkungan.


Itulah bagaimana Anda bisa daur ulang lampu LED Anda. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semuanya. Jika Anda menginginkan lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page