Inilah Letak AVR Pada Genset yang Wajib Anda Ketahui



Dalam mesin generator Genset, tentulah banyak sekali komponen-komponen yang perlu anda pahami, terutama bagi anda pemilik atau pengguna Genset. Dengan mengetahui komponen-komponen pada Genset maka anda bisa menyimpulkan sendiri masalah yang terjadi pada Genset jika terjadi masalah, atau setidaknya lebih memahami isi dari Genset. Seperti salah satunya adalah komponen yang menjadi topik artikel ini, AVR.


Apa itu AVR, dan dimana letaknya, kami akan jelaskan lebih rinci kepada anda melalui artikel ini. Tidak hanya itu saja, kami juga akan sertakan cara pasang AVR pada Genset agar anda semakin tahu dan lebih mengerti nantinya ketika anda ingin memasang AVR pada Genset. Maka dari itu, tidak perlu berlama-lama lagi disini, silahkan anda simak artikel ini selengkapnya dan sekarang juga!

Apa Itu AVR Pada Genset dan Dimana Letaknya?

AVR atau Automatic Voltage Regulator, adalah sebuah alat pengatur tegangan yang bisa digunakan pada generator. Atau lebih jelasnya, AVR itu adalah suatu komponen terpenting yang mempengaruhi kinerja dan usia Genset. Nah AVR sendiri memiliki cara kerjanya masing-masing, dimana gulungan utama generator akan mulai bekerja dan tegangan mulai didapatkan. Lalu komponen tersebut akan mempunyai bagian sensor, yang mana berfungsi untuk membaca berapa besar tegangan yang dihasilkan. Berikutnya Automatic Voltage Regulator akan mengirim sinyal ke exciter.


Lalu dimana letak AVR pada Genset? Nah letak AVR pada Genset sendiri tentunya sangat dekat dengan generator, yang mana anda bisa lihat ketika anda mencoba membongkar mesin Genset, maka pada generator akan terlihat jelas adanya AVR di bagian tersebut. Nah untuk lebih mengetahui letaknya, maka anda perlu simak cara pasang AVR pada Genset, dan berikut adalah caranya:

  1. Pertama lepas dulu cover generator Genset dengan membuka baut penguncinya.

  2. Dan berikutnya, lepaskan AVR dengan membuka baut penguncinya, yang kemudian, dilanjutkan dengan melepaskan koneksi yang berhubungan dengan AVR, seperti kabel yang menuju carbon brush dan dari jalur gulungan generator.

  3. Setelah AVR terlepas, maka anda bisa pasang AVR baru pada tempatnya. Lalu kemudian pasang kabelnya pada jalurnya masing-masing, dan untuk kabel yang menuju carbon brush, pastikan itu jangan sampai salah dalam menghubungkan antara kabel plus (+) dan kabel min (-).

  4. Setelah AVR terpasang dengan benar, maka anda cobalah untuk menghidupkan mesin Genset. Jika berhasil dan tegangan listrik telah keluar, maka matikan kembali mesin Genset dan pasang kembali cover generatornya. Jika tegangan listrik yang keluar belum tepat di 220 Volt, maka putarlah baut pengaturan yang terdapat pada AVR sampai tegangan listrik yang keluar tepat pada angka 220 Volt.

Dan itulah segalanya yang perlu anda ketahui tentang AVR, baik pemahamannya, hingga letak dari AVR itu sendiri. Menyimak artikel ini, tentunya membuat anda semakin tertarik untuk mempunyai Genset, oleh karena itu kami akan rekomendasikan Genset terbaik untuk anda. Dan Genset tersebut adalah Genset Tenka, yang mana jika anda ingin miliki Genset Tenka, maka anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga anda dapat mengerti dan paham, terutama tentang AVR yang ada pada Genset. Jika ada teman atau orang lain yang belum mengerti tentang AVR, maka anda bisa mencoba share artikel ini kepada mereka, baik menggunakan media sosial ataupun menggunakan media yang ada dan tersedia.