top of page

Limbah Organik: Cara Pemurnian dan Pemanfaatan yang Ramah Lingkungan



Limbah tidak hanya terdiri dari 1 jenis saja, melainkan itu ada terdiri dari beberapa jenis, hal itu karena memang limbah yang merupakan bahan tidak terpakai adalah bahan yang juga terdiri dari beberapa bahan yang berbeda. Nah salah satu jenis limbah yang ternyata tidak begitu menjadi permasalah rumit, ada pada jenis limbah organik. Alasannya, karena limbah organik itu sangat mudah terurai, berbeda dari jenis limbah lainnya.


Pada limbah organik, dia merupakan limbah yang memuat zat kimia, yang mana itu bisa dikatakan bahwa ia memiliki sifatnya yang stabil, sehingga dengan begitu maka limbah organik jelas akan lebih mudah tertimbun atau mengendap di dalam tanah, danau, sungai, bahkan laut sekalipun. Namun meski demikian, limbah organik yang adapun juga harus turut dilakukan pemurniannya, yang mana itu sangat bermanfaat untuk lingkungan kita.


Inilah Cara Pemurnian Limbah Organik yang Sangat Bermanfaat bagi Lingkungan


Cara memurnikan limbah organik yang ada agar bisa memberikan manfaat baik bagi lingkungan, tentunya itu bisa dimulai dari mengetahui sumber atau asal dari limbah organik tersebut. Kemudian, itu dilanjutkan dengan mengenal karakteristik limbah organik yang ada, serta meninjau keadaan sekitar dari limbah organik tersebut. Nah setelah itu, maka Anda bisa lakukan cara pemurnian limbah organik secara benar, yang mana itu akan sangat bermanfaat bagi Anda semua serta lingkungan.


Limbah organik umumnya bisa diolah dalam membuat pakan, biogas, kompos, hingga kerajinan tangan, itu karena limbah organik umumnya sangat cair, sehingga bisa dibilang ia juga adalah limbah yang termasuk sebagai limbah cair. Nah ada cara pemurnian limbah organik yang sangat bermanfaat bagi lingkungan dan mungkin Anda kurang mengetahuinya, yakni cara-caranya bisa Anda ikuti sama dengan yang akan kami jelaskan di berikut ini:


Pengenceran (Dilution)

Pengolahan limbah organik bisa dilakukan dengan cara mengencerkannya, atau dikenal dengan nama teknik dilution. Jadi air limbah organik bisa diencerkan terlebih dahulu, yakni dengan tujuan agar limbah organik tersebut memiliki konsentrasi yang lebih rendah sebelum dibuang ke badan air. Namun sayang, akan ada tantangan dari cara ini, yaitu berupa jumlah penduduk dan aktivitas manusia yang semakin meningkat.


Secara otomatis, jumlah air limbah juga bertambah sehingga air yang dibutuhkan untuk melakukan pengenceran juga terlalu banyak. Dampak lain dari metode pengolahan dilution adalah tetap ada risiko bahaya kontaminasi pada badan air, serta dapat terjadi pula suatu pengendapan pada badan air yang menimbulkan pendangkalan, misalnya selokan atau sungai yang itu bisa menimbulkan banjir.


Kolam Oksidasi (Oxidation Ponds)

Untuk cara ini dia memanfaatkan sinar matahari, oksigen, bakteri, dan ganggang (algae). Nah keempat unsur tersebut dapat membersihkan limbah secara alamiah. Untuk melakukan metode oxidation ponds, maka dibutuhkan kolam segi empat sedalam 1-2 meter. Kolam tidak perlu dilapisi apa pun, serta lokasinya juga harus jauh dari pemukiman penduduk dan memiliki sirkulasi angin yang baik.


Cara kerja metode ini sendiri sangat bergantung pada empat unsur utama. Lalu peran pentingnya akan dilakukan oleh ganggang yang melakukan proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari. Oksigen yang terbentuk dari proses tersebut bisa digunakan bakteri aerobik untuk dekomposisi zat organik dalam air limbah. Dari proses tersebut, BOD (biochemical oxygen demand) maka limbah organik yang menghasilkan air pun, airnya akan berkurang dan aman untuk dibuang.


Irigasi

Irigasi merupakan cara pemurnian limbah organik dengan cara mengalirkan limbah ke parit terbuka, yakni harus disaring dulu dari airnya. Nantinya air limbah organik kemudian merembes ke tanah melewati dasar dan dinding parit. Beberapa jenis limbah cair, seperti limbah dari rumah tangga, rumah potong hewan, atau perusahaan susu sapi, bisa dimanfaatkan untuk mengairi lahan pertanian.


Jadi itulah cara pemurnian limbah organik dan pemanfaatannya yang sangat ramah lingkungan. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk memurnikan limbah seperti jenis organik, pompa celup juga bisa diandalkan. Nah pompa celup terbaik dan berkualitas untuk itu adalah pompa celup Tsurumi. Mengenai pompa celup Tsurumi, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page