Cara Mengatasi Listrik Genset Tidak Stabil Sekaligus Penyebabnya



Genset yang bagus dan berkualitas, pastinya Genset yang memiliki tingkat arus listrik yang stabil, karena jika tidak demikian maka jelas Genset bisa membuat banyak masalah dan kerusakan, terutama pada beberapa perangkat elektronik. Nah meski sudah memiliki Genset berkualitas, tetapi masalah Genset yang tidak stabil cenderung akan dialami Genset jika Genset tersebut tidak menghindari beberapa penyebabnya.


Apa saja penyebab Genset tidak stabil akan kami jelaskan secara rinci dan jelas kepada anda melalui artikel pada kesempatan kali ini. Di samping itu, di artikel ini juga kami akan sertakan bagaimana mengatasi masalah atau penyebab Genset menjadi tidak stabil. Nah oleh karena itu, kami persilahkan anda yang ingin tahu dan tidak tahu untuk simak artikel ini selengkapnya!

Inilah Penyebab Genset Tidak Stabil Begitu Juga dengan Solusi Mengatasinya

Jika kecepatan putaran mesin genset melebihi 1500 rpm atau kurang berdasarkan 1500 rpm, maka besar kemungkinan ada masalah berupa Genset yang tidak stabil. Selain itu anda juga bisa menilai apakah suara dan getaran mesin Genset berada pada kondisi normal atau tidak, karena jika tidak maka jelas Genset mengalami masalah tidak stabil. Nah di artikel ini kami sudah memperkirakan apa saja penyebab Genset tidak stabil, ditambah juga dengan cara mengatasinya.

Governor Genset Ada Kerusakan

Governor adalah salah satu komponen penting dalam mesin Genset, dimana ia adalah komponen yang akan bekerja dari putaran mesin genset. Lalu apabila ada putaran mesin kurang, maka peran Governor akan berkerja yaitu akan membuka agar bahan bakar yang masuk lebih banyak. Sehingga itu akan membuat putaran melebihi putaran normal mesin, lalu Governor akan memperkecil bahan bakar yg masuk ke genset.


Jika komponen Governor mesin Genset rusak, maka hal tersebut bisa mengakibatkan putaran mesin nir tidak normal, serta menyebabkan tegangan Genset tidak stabil atau akan mengalami naik turun. Cobalah atasi dengan memeriksa MPU, lalu juga fungsi Governor, dan juga Actuator Valve yang terdapat dalam mesin Genset tersebut. Kemudian pastikan semua performa komponen tersebut dalam keadaan prima, sehingga secara otomatis maka putaran mesin tetap stabil.

Generator Mengalami Kerusakan

Berikutnya penyebab Genset tidak stabil bisa juga diakibatkan dari Generator yang mengalami masalah atau kerusakan. Jadi apabila ada putaran mesin pada keadaan normal, maka berarti bisa disimpulkan bahwa penyebab tegangan Genset tidak stabil atau naik-turun terdapat dalam Generatornya, atau juga bisa perkara yang ada dalam sistem kelistrikannya. Nah mengatasinya anda bisa perbaiki Generator, yang mana hal itu harus dipastikan sesuai dengan keadaan semula.

Kabel Pada Genset Tidak dalam Keadaan Baik

Alias rusak atau putus ataupun bisa juga tidak tersambung dengan benar. Nah kabel terutama pada mesin Genset, tentunya sangat berguna dan berperan penting untuk Genset, terutama saat menyala dan dinyalakan. Jika anda merasa Genset anda tidak stabil, maka pastikan anda memeriksanya, dan pastikan tidak ada yang terkelupas, bocor atau tidak dalam keadaan baik. Hal itu karena kabel yang rusak bisa menyebabkan terganggunya tegangan listrik pada mesin Genset.

AVR Genset Rusak

Apa itu AVR pada Genset? AVR atau Automatic Voltage Regulator adalah bagian penting pada mesin Genset. AVR Genset sendiri memiliki fungsi utama, yaitu untuk menyeimbangkan voltase tegangan listrik dari suatu Genset. Apabila Genset anda menunjukkan tanda tidak stabil, maka segera periksa bagian AVR dan lakukan perbaikan, atau yang lebih bagusnya AVR diganti dengan yang baru.

Bahan Bakar Mesin Genset Tidak Sesuai

Sering dianggap sepele, padahal bahan bakar yang salah jelas bisa membuat kerusakan pada Genset, seperti membuatnya tidak stabil. Anda harus pastikan bahwa bahan bakar mesin pada genset dalam keadaan bersih atau tidak kotor, ataupun tidak salah. Apabila ada kotoran atau bahan bakar yang tidak bagus, maka anda bisa membersihkan saringan pada bahan bakar sesegera mungkin.


Itulah penyebab dan juga cara mengatasi Genset yang tidak stabil. Semoga jadi manfaat dan bisa menambah pengetahuan anda dalam masalah Genset tidak stabil. Anda juga bisa bagikan artikel ini kepada yang lainnya, terutama mereka yang belum tahu penyebab dan cara mengatasi Genset tidak stabil. Nah Genset yang stabil pastinya adalah Genset terbaik dan berkualitas, dimana itu adalah Tenka yang bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com