top of page

Load Moment Indicator: Teknologi Canggih untuk Deteksi Beban Crane



Sebuah crane yang memang terbaik pastinya adalah alat angkat yang pastinya bisa untuk mengangkat, memindahkan, serta menurunkan material beban berat sesuai dengan tempat yang diarahkan. Dengan fungsinya tersebut, membuat crane pun semakin istimewa karena bisa mempermudah pekerjaan angkat beban, bahkan itu semakin disempurna dari angkat beban crane yang bisa berputar 360 derajat.


Nah semua crane adalah angkat beban berat yang tentu tidak semua beban berat bisa diangkatnya. Setiap crane memiliki kapasitasnya sendiri dalam angkat beban berat, informasi kapasitas tersebut harus diketahui, yang mana biasanya ada pada tertera di buku panduan atau informasi lainnya. Meski begitu, Anda sebenarnya juga bisa mengandalkan alat seperti load moment indicator yang memang bermanfaat untuk deteksi beban berat pada suatu crane.

Mengenal Teknologi Canggih Load Moment Indicator yang Bisa Deteksi Beban Crane

Load Moment Indicator (LMI), adalah alat yang bisa digunakan untuk memantau beban pada suatu crane. Jadi peranannya tersebut secara tidak langsung sudah termasuk sistem keamanan pada pengoperasian crane. Nah LMI sendiri pada dasarnya adalah sistem perhitungan yang digunakan untuk memantau beban berat pada crane serta titik berat crane saat ia digunakan untuk mengangkat beban berat. Ini juga untuk mengukur beban yang diangkat jarak dari titik angkat ke pusat gravitasi beban dan radius crane.

Sistem Sensor pada Load Moment Indicator yang Memang Sangat Canggih

Sistem LMI sendiri terdiri dari sensor yang memang bisa dipasang pada unit crane atau kendali di dalam kabin operator suatu crane. Sensor yang ada pun mencakup load cells, sensor sudut boom, dan sensor jarak crane. Untuk load cells ia akan mengukur beban yang diangkat crane, sensor sudut boom sendiri bisa digunakan untuk mengukur sudut kemiringan boom.


Sementara itu, pada sensor jarak akan mengukur jarak dari titik angkat ke pusat gravitasi beban. Adapun pada unit kendali akan menggunakan data dari sensor tersebut untuk selanjutnya menghitung momen beban yang kemudian akan memberikan suatu peringatan jika penggunaan crane tidak sesuai kapasitas atau batas kemampuannya.

Fitur Load Moment Indicator yang Berguna untuk Operasi Penggunaan Crane

Load moment indicator atau LMI pada crane memang memiliki beberapa fitur yang dapat sangat membantu operasi penggunaan crane, alias dalam keamanan serta keselamatan penggunaan crane saat angkat beban. Adapun fitur tersebut adalah peringatan berupa lampu atau alarm yang menyala jika crane beroperasi tidak sesuai kapasitas. Kemudian ada juga fitur yang bisa memberikan informasi tentang posisi dan jarak radius crane.


Fitur lainnya dari LMI juga bisa untuk membantu operator crane dalam menentukan sudut kemiringan boom dan juga untuk memastikan bahwa beban tersebut tidak terguling saat diangkat. Nah secara tidak langsung pun, LMI dan fiturnya akan membantu perusahaan dalam mengurangi biaya operasional, ini juga berdampak pada operator crane yang semakin bisa memastikan crane yang digunakannya secara efisien karena terdapatnya himbauan dari LMI terkait crane yang digunakan.


Kesimpulannya dari load moment indicator atau LMI, dia adalah teknologi terbaik untuk crane yang berguna bagi penggunaan crane itu sendiri, baik itu keselamatan atau keamanan penggunaannya. Itu juga berdampak pada kemudahan operator serta keuntungan bagi perusahaan. Bahkan dia juga sangat membantu dalam pengawasan serta perencanaan perawatan bagi crane yang dilengkapi dengan LMI yang bisa memberikan informasi detail tentang crane tersebut.


Sekian dari kami mengenai load moment indicator yang memang menjadi teknologi canggih untuk deteksi beban crane. Kiranya bermanfaat bagi Anda semua serta jadi penambah wawasan terkait LMI. Untuk crane dan hoist yang bisa diandalkan, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, Anda bisa ketahui lebih lengkap di IndahJaya.com

コメント


bottom of page