Macam End Carriage Berdasarkan Bentuk Galangannya


End carriage adalah salah satu alat yang dibutuhkan pada beberapa industri dengan penggunaan alat kerja berat. Tentunya Anda yang bekerja di sekitar bidang tersebut sudah tidak asing lagi.

Disesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda untuk pekerjaan. Galangan hoist crane sendiri merupakan rangkaian konstruksi yang terbuat dari baja dan dirancang untuk dapat digunakan sebagai mesin angkat pada suatu area.


Nama alat ini juga memiliki beberapa versi di kalangan masyarakat, meskipun berbeda sebutan tetapi tetap memiliki fungsi yang sama. Beberapa diantaranya adalah end truck, trolley girder dan saddle.

Selain itu, Anda juga bisa menyebut end carriage dengan nama trolley runway, saddle girder maupun girder carrier. Karena hal itulah bagian ini sangat diperlukan dalam penggunaan alat berat untuk pekerjaan tertentu.

Anda juga bisa mendefinisikannya sebagai konstruksi baja yang memiliki ukuran khusus. Alat ini juga dirancang dan didesain secara khusus untuk dapat digunakan sebagai media trolley untuk girder atau gantry crane.

Macam-macam End Carriage yang Bervariasi

Ketika Anda menggunakan hoist crane maka tidak akan asing lagi dengan alat ini. Berikut ini beberapa jenis dari fabrikasi berdasarkan bentuk galangannya yang dibagi menjadi beberapa jenis.


Single girder

Pada jenis ini alat carriage tersebut akan diletakkan pada ujung girder. Anda bisa menempatkannya pada balok girder yang artinya dibentuk seperti model menumpang di atasnya.


Anda bisa memanfaatkan baut dalam menggabungkan keduanya dengan memanfaatkan metode joint bolt. Posisinya akan terletak di atas rel pada sisi runway yang bersentuhan langsung dengan roda.

Cara tersebut bisa membuat roda bergerak untuk membawa girder dan mesin hoist crane sepanjang rel. Ukuran dan konstruksi alat akan sangat dipengaruhi oleh total berat beban secara keseluruhan.

Double girder

Pada jenis end carriage pada galangan single girder dan double girder tidak memiliki banyak perbedaan. Hal yang paling membedakan adalah dudukan girder yang dinamai dengan lubang jointing.

Jenis double girder memiliki 2 jenis balok girder yang bisa menumpang jenis alat ini. Karena hal itulah untuk ukuran yang double girder memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan single girder.

Tipe Carriage yang Lainnya

Selain dua jenis yang telah disebutkan, Anda juga perlu mengetahui jenis end carriage lainnya. Berikut ini beberapa jenis yang juga bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan untuk pekerjaan tertentu.

Underhung crane


Jenis ini memiliki perbedaan signifikan dengan jenis sebelumnya yaitu single girder maupun double girder. Hal yang paling membedakan adalah posisi pada alat ini akan ditempatkan pada ujung girder.

Nantinya posisi alat akan menggantung pada rail runway yang digunakan pada rangkaian tersebut. Melihat hal tersebut sangat berbeda untuk jenis underhung crane dan jenis lainnya.


Gantry crane

Jenis end carriage lainnya adalah galangan gantry crane atau sering juga disebut dengan end truck. Jenis ini sangat cocok digunakan pada model electric untuk motor traveling.

Meskipun demikian, tidak semua jenis gantry crane menggunakan motor electric untuk dapat difungsikan sebagai penggerak traveling. Semuanya disesuaikan pada kebutuhan pada penggunaannya pada pekerjaan tertentu.

Penggunaan alat jenis ini berada di bawah galangan gantry crane. Selain itu, juga memiliki komponen overhead crane single dan double girder yang digunakan sesuai kebutuhannya.

Banyak jenis alat berat yang bisa Anda gunakan untuk keperluan penggunaan pekerjaan tertentu. Sebelum itu, Anda juga perlu memahami berbagai macam end carriage yang dapat digunakan untuk pekerjaan.