top of page

Simak Beragam Macam-Macam Jenis Konstruksi Gedung yang Bisa Dijadikan Contoh



Konstruksi (construction) pada dasarnya akan selalu berkaitan dengan bangunan atau gedung, kemudian konstruksi bangunan pun dapat disimpulkan sebagai suatu teknik dalam membangun sebuah bangunan. Nah hal itu karena memang konstruksi adalah membangun, yang mana itu akan menjadi bangunan yang dibangun seperti rumah, vila, kantor puskesmas, rumah sakit atau bahkan gedung dan juga apartemen.


Teknik membangun sebuah bangunan akan dimulai melalui proses sketsa pada gambar teknik, kemudian perencanaan budget, penentuan konsep, proses pelaksanaan hingga pengawasan. Jadi dengan demikian, sebelum membangun konstruksi seperti gedung, maka akan ada yang namanya mempersiapkan model gedung atau konstruksi gedung. Ada macam-macam konstruksi gedung yang bisa dijadikan contoh, yang mana itu berada di bawah ini!


Inilah Berbagai Macam-Macam Jenis Konstruksi Gedung yang Bisa Dijadikan Contoh

Pada kompleksitas bangunan gedung secara umum dibedakan menjadi tiga macam, yaitu bangunan sederhana yang dibangun dengan teknologi dan metode sederhana, lalu ada juga bangunan komplek dengan konsep dan teknologi tidak sederhana, hingga bangunan khusus yang memang dibangun dengan cara khusus. Selain itu jenis bangunan pun juga dibedakan berdasarkan usia pemakaian. Baik itu darurat atau sementara, yang mana biasanya digunakan kurang dari 5 tahun. Kemudian pada semi permanen digunakan antara 5 sampai 10 tahun, dan bangunan permanen dengan usia pemakaian lebih dari 20 tahun.


Nah dalam hal perizinan gedung pun juga dibedakan berdasarkan lokasi dan ketinggian. Kedua persyaratan tersebut dibedakan berdasarkan demografi dan jenis ketinggian bangunan yang sering berkaitan dengan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan). Maka dari itu, agar tidak salah dalam memilih jenis konstruksi gedung, Anda bisa mengetahui contoh konstruksi gedung di berikut ini:

  • Gedung Bertingkat: Merupakan konstruksi yang bisa Anda lihat di ibu kota Jakarta, yang mana konstruksi ini adalah berupa konstruksi bangunan besar, alias gedung yang bertingkat. Nah tingkatnya pun bisa disesuaikan, ada yang bisa mencapai lantai 20, lalu ada juga yang bisa mencapai lantai 50 dan seterusnya. Untuk contoh gedung, biasanya itu berupa perkantoran, hotel, hingga apartemen.

  • Rumah Tingkat: Rumah pun juga termasuk sebagai bangunan gedung, sehingga konstruksi ini adalah yang paling diminati di banyak kalangan. Konstruksi gedung ini bisa dibuat secara bertingkat, seperti ada lantai 2, lantai 3, dan seterusnya. Namun ada juga konstruksi rumah yang hanya memiliki 1 lantai, tetapi dengan luas yang cukup luas. Contoh rumah bertingkat pun, bisa meliputi kos-kosan, rumah susun, dan lain sebagainya.

  • Pabrik: Pabrik merupakan suatu bangunan industri besar, dimana para pekerja akan mengolah benda atau mengawasi pemrosesan mesin dari satu produk menjadi produk lain. Konstruksi ini juga adalah gedung, yang mana konstruksi ini cenderung luas, tetapi ada juga yang memiliki tingkat bertahap.

  • Industri: Untuk industri ia adalah konstruksi bangunan untuk usaha yang melakukan kegiatan ekonomi. Tujuan dari industri pun bertujuan menghasilkan barang atau jasa, yaitu yang terletak pada suatu bangunan atau lokasi tertentu, dan mempunyai catatan administrasi tersendiri mengenai produksi dan struktur biaya.

  • Rumah Ibadah: Indonesia memiliki beragam budaya, adat istiadat, serta agama juga. Jadi dengan demikian, maka para penganut agama apapun akan membutuhkan tempat ibadah. Nah tempat ibadah bisa juga dibilang sebagai konstruksi bangunan gedung, yang mana bisa dengan konstruksi bertingkat atau tidak.

  • Bandara: Merupakan konstruksi bangunan atau gedung yang sangat luas serta lebar, hal itu karena memang bandara adalah gedung yang berada di daratan atau perairan dengan batas-batas tertentu yang digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas.


Jadi itulah berbagai macam-macam jenis konstruksi gedung yang bisa dijadikan contoh. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan menjadi referensi untuk Anda semua. Nah pada konstruksi gedung, maka hoist dan crane adalah alat yang juga penting dalam membangun gedung. Maka dari itu, untuk hoist dan crane terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page