top of page

Simak Macam-Macam Limbah Berdasarkan Wujudnya yang Wajib Diketahui



Dikatakan limbah, karena biasanya itu bisa dilihat dari bentuk, tetapi tidak menutup kemungkinan juga, limbah bisa didefinisikan sebagai limbah karena dari baunya. Nah limbah pada dasarnya memiliki beberapa jenis, yang mana memang dari jenisnya itu dapat didapati bentuk yang memang sudah berdasarkan dari apa jenis limbah tersebut. Jadi limbah apa bukan, semua itu bisa dinilai dari bentuk dan juga sifat serta aromanya.


Nah tentunya agar Anda bisa semakin mengerti mengenai limbah yang ada di dunia ini, maka ada baiknya Anda harus ketahui segala macam-macam limbah, yang mana itu juga harus berdasarkan wujudnya yang sesuai. Oleh karena itu, maka melalui artikel kami pada kesempatan kali ini, kami akan jelaskan berbagai macam limbah berdasarkan wujudnya. Maka dari itu, silahkan Anda semua simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Macam-Macam Limbah Berdasarkan Wujudnya yang Wajib Untuk Anda Ketahui

Limbah Cair

Pengertian limbah cair lainnya adalah sisa hasil buangan proses produksi atau aktivitas domestik yang pastinya itu berupa cairan. Limbah cair tentunya dapat berupa air cair, kemudian beserta bahan-bahan buangan lain yang tercampur (tersuspensi) maupun terlarut dalam air. Limbah cair juga dapat diklasifikasikan dalam beberapa kelompok diantaranya yaitu ada:

  • Limbah Cair Domestik: Merupakan limbah cair hasil buangan dari perumahan seperti rumah tangga, bangunan, perdagangan dan perkantoran. Nah contohnya seperti air sabun, air detergen sisa cucian, dan bahkan bisa air tinja.

  • Limbah Cair Industri: Adalah limbah cair hasil buangan industri. Contohnya seperti sisa pewarnaan kain/bahan dari industri tekstil, air dari industri pengolahan makanan, sisa cucian daging, buah, atau sayur.

  • Rembesan dan Luapan: Yaitu limbah cair yang berasal dari berbagai sumber yang memasuki saluran pembuangan limbah cair melalui rembesan ke dalam tanah atau melalui luapan dari permukan. Air limbah ini dapat merembes ke dalam saluran pembuangan melalui pipa yang pecah, rusak, atau bocor sedangkan luapan dapat melalui bagian saluran yang membuka atau yang terhubung ke permukaan. Contohnya adalah air buangan dari talang atap, pendingin ruangan (AC), bangunan perdagangan dan industri, serta pertanian atau perkebunan.

  • Air Hujan: Limbah cair yang berasal dari aliran air hujan di atas permukaan tanah. Aliran air hujan dipermukaan tanah dapat melewati dan membawa partikel-partikel buangan padat atau cair sehingga dapat disebut limbah cair.


Limbah Padat

Limbah padat berasal dari sisa hasil kegiatan industri ataupun aktivitas domestik yang tentunya itu berbentuk padat. Nah limbah padat pun diantaranya ada kertas, plastik, serbuk besi, serbuk kayu, kain, dan sebagainnya yang memang keras. Nah limbah padat dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok, antara lain ada:


  • Limbah Organik: Merupakan sampah yang mudah busuk, yang mana ia adalah limbah padat semi basah, berupa bahan-bahan organik yang mudah membusuk atau terurai mikroorganisme. Contohnya seperti sisa makanan, sisa dapur, sampah sayuran, kulit buah-buahan.

  • Limbah Anorganik: Yaitu limbah padat yang cukup kering dan sulit terurai oleh mikroorganisme. Nah karena itu, maka ia sulit membusuk. Contohnya seperti selulosa, kertas, plastik, kaca, dan logam.

  • Limbah Abu: Adalah limbah padat yang berupa abu, biasanya dari hasil pembakaran. Sampah ini mudah terbawa angin karena ringan dan tidak mudah membusuk.

  • Limbah Bangkai Hewan: Merupakan limbah padat berbentuk bangkai binatang, yang mana biasanya hewan darat.

  • Limbah Sapuan: Merupakan limbah padat hasil sapuan jalanan yang berisi berbagai sampah yang tersebar di jalanan, seperti dedaunan, kertas dan plastik.

  • Limbah Industri: Limbah dari industri bisa juga berbentuk padat, yang mana itu bisa berasal dari buangan industri. Kemudian, komposisi dari limbah ini tergantung dari jenis industrinya.


Limbah Gas

Merupakan limbah yang memanfaatkan udara sebagai media. Nah limbah jenis ini, adalah limbah yang berbentuk seperti gas, yang mana itu dibuang ke udara yang biasanya mengandung partikel-partikel bahan padatan atau cairan yang berukuran sangat kecil dan ringan sehingga tersuspensi dengan gas-gas tersebut.


Limbah Suara

Jenis ini adalah jenis limbah yang bentuknya tidak terlihat. Nah limbah suara adalah limbah yang berupa gelombang bunyi yang merambat di udara. Limbah suara pun dapat dihasilkan dari mesin kendaraan, mesin-mesin pabrik, peralatan elektronik dan bahkan sumber-sumber yang lainnya yang memang memiliki suara yang sangat bising.


Jadi itulah berbagai macam limbah berdasarkan wujudnya. Semoga jadi manfaat bagi Anda dan semuanya. Untuk mengelola limbah, maka Anda dapat andalkan pompa celup, yang mana yang terbaik untuk itu adalah pompa celup Tsurumi. Mengenai pompa celup Tsurumi, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page