Beragam Macam-Macam Perkakas Tangan yang Sangat Berguna dan Keterangannya



Sesuai dengan namanya, perkakas tangan jelas adalah alat-alat tangan yang bisa membantu beberapa pekerjaan, yang mana itu dapat digunakan dengan kekuatan tangan manual dan bukan dengan mesin. Umumnya, perkakas tangan akan mudah dicari oleh banyak orang, hal itu karena perkakas tangan adalah perkakas yang sudah banyak bertebaran saat ini, mulai dari perkakas baru ataupun perkakas bekas.


Ada banyak manfaat untuk perkakas tangan, yaitu bisa digunakan kapan saja dan dimana saja, murah, serta sangat tahan lama. Berbeda dengan elektrik atau mesin, perkakas tersebut cenderung boros atau mudah rusak, tetapi bisa menghemat tenaga dan waktu. Layaknya perkakas mesin, perkakas tangan sudah dari dulu memiliki banyak macamnya, yang mana itu bisa Anda semua ketahui di artikel ini!


Inilah Berbagai Macam Perkakas Tangan yang Sangat Berguna Untuk Anda Semua

Palu

Seperti yang banyak orang tahu, palu adalah perkakas atau alat yang terdiri dari lempengan besi yang dikaitkan dengan gagang palu. Gunanya jelas untuk memukul atau menghantam sesuatu seperti paku atau sebagainya, yaitu dengan hasil lubang yang sesuai untuk ditempatkan. Kegunaan lainnya, palu pada beberapa model juga bisa digunakan untuk mencungkil paku yang tertanam pada suatu objek.


Obeng

Obeng digunakan untuk memasang, melepas, mengencangkan, hingga mengendurkan sesuatu yang terpasang, seperti baut, mur, dan juga sekrup. Nah tetapi, itu juga harus disesuaikan dengan mata obeng dan juga ulir pada baut, mur, dan juga sekrupnya. Tidak hanya mata obeng, ada juga ukuran panjang obeng yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.


Tang

Menarik sesuatu yang keras, tentunya bisa mengandalkan tang, hal itu lantaran tang dapat menjepit objek secara kuat, yang mana bisa digunakan untuk menarik semakin kuat dan presisi. Tidak hanya itu, tang juga memiliki mata gerigi yang dapat berguna untuk memotong, baik itu kawat, kabel, dan objek tertentu lainnya.


Kunci

Perkakas tangan jelas adalah segala macam kunci. Contohnya seperti kunci T, kunci L, kunci pas, kunci shock, dan kunci lainnya yang menggunakan tenaga manual atau tenaga manusia. Lalu untuk ukurannya pun bisa Anda pilih atau sesuaikan dengan keperluan Anda dalam memasang atau melepas suatu part menggunakan kunci yang tepat.


Alat Ukur

Alat ukur ternyata adalah bagian dari perkakas yang menggunakan tangan, yaitu alat ukur seperti waterpass, jangka, meteran, sigmat, dan lain sebagainya yang tidak menggunakan mesin atau listrik. Walaupun ada banyak jenisnya, tetapi alat ukur bisa Anda pilih atau sesuaikan dengan kebutuhan ukuran yang Anda inginkan.


Gergaji

Gergaji yang kami maksud jelas adalah gergaji manual bukan gergaji mesin. Kegunaan alat atau perkakas ini jelas sekali untuk memotong objek yang ingin dipotong, seperti kayu, besi, dan lain sebagainya.


Kikir

Kikir adalah alat yang berfungsi untuk menghaluskan, mengikis, serta meratakan benda tertentu. Contohnya kikir plat yang digunakan untuk mengukir bidang rata, lalu ada juga kikir pilar yang berfungsi untuk bidang yang berukuran besar, ada kikir segiempat untuk mengukir penampang berbentuk persegi dan lubang segiempat, serta kikir segitiga yang difungsikan untuk lubang segitiga, dan lainnya.


Ragum

Adalah perkakas yang digunakan untuk menjepit sebuah benda, baik itu yang akan dipahat, dikikir, digergaji, ditap, dan sebagainya. Cara penggunaan yaitu hanya dengan memutar tangkai ragum, lalu mulut ragum akan terbuka dan akan menjepit benda yang mau dipahat, dikikir, digergaji, dan lain sebagainya.


Jadi itulah berbagai macam perkakas tangan serta juga dengan keterangannya yang ternyata sangat berguna untuk Anda miliki. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat untuk Anda semua. Nah jika Anda ingin memiliki perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah perkakas Tenka. Untuk memiliki perkakas Tenka atau mengetahui lebih lanjut, maka Anda bisa kunjungi hanya di IndahJaya.com