top of page

Informasi Lengkap Tentang Beragam Macam Pipa AC dan Fungsinya



AC biasa dikenal sebagai mesin penyejuk udara, pendingin udara, pengkondisi udara, penyaman udara, ataupun erkon. Nah AC adalah mesin yang memiliki sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembaban suatu area. Kini penggunaan AC sudah hampir ada di banyak tempat, mulai dari kantor, tempat usaha, pabrik, minimarket atau supermarket, pusat perbelanjaan, hingga rumah-rumah pribadi.


Namun pengoperasian AC tidak semata-mata hanya membutuhkan AC saja, karena ada juga outdoor AC, kompresor, kondensor, dan bahkan juga ada pipa AC. Nah masing-masing komponen pada AC, memiliki kegunaannya sendiri yang juga ada beberapa yang terdiri dari beberapa macam, seperti salah satunya adalah pipa AC. Untuk mengetahui macam-macam pipa AC serta fungsinya, maka Anda perlu simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Lengkap Tentang Beberapa Macam Pipa AC dan Fungsinya

Ketika memasang AC, maka pasti ada pemasangan pipa yang tidak boleh dilupakan, hal itu karena pipa pada AC memiliki fungsi dan kegunaan untuk mengalirkan freon dari indoor ke outdoor. Dengan kegunaannya tersebut, maka tidak heran pipa AC adalah proses yang tidak boleh dilupakan pada instalasi AC di suatu tempat. Namun banyak orang yang tidak mengetahui, bahwa sebenarnya pipa AC terdiri dari beberapa macam, yang mana Anda bisa ketahui di bawah ini!


Pipa AC Isolasi

Pipa pada AC, salah satunya adalah pipa isolasi, yaitu pipa yang bagian luarnya terdiri dari pelindung atau duct tape. Nah perlu Anda ketahui, pelindung pipa (duct tape) pada pipa AC sebenarnya tidak memiliki fungsi untuk mencegah hawa dingin keluar dari pipa AC. Melainkan yang benar adalah berfungsi untuk membuat pipa tidak mengalami kebocoran yang menyebabkan keluarnya freon dari kondensor. Tentunya apabila itu terjadi, maka hal tersebut bisa berbahaya untuk kesehatan Anda dan yang lainnya.


Lalu pipa isolasi yang memang dikenal adalah pipa dengan adanya duct tape, tentunya jelas juga bisa membuat freon tidak mudah keluar dari kondensor, sehingga dengan begitu maka jelas bahwa fungsi dari duct tape pada pipa tersebut adalah untuk menahan kebocoran freon, mulai dari kebocoran yang kecil hingga kebocoran yang besar. Nah ada pipa kabel AC isolasi yang ukurannya tebal, yaitu dari pipa AC NS cocok digunakan untuk AC Inverter, karena terbuat dari bahan pipa tembaga tebal dan dilapisi duct tape berkualitas.


Pipa AC Non Isolasi

Berikutnya ada pipa kabel AC non isolasi, yaitu pipa AC dengan material tembaga. Nah pipa ini adalah pipa AC yang biasanya memiliki sifat mudah mengalami korosi, ditambah juga tidak mudah untuk menangkal panas. Hal tersebut terjadi dikarenakan tidak adanya pelindung penghantar listrik pada pipa AC tersebut. Namun meski begitu, ada pipa AC jenis tersebut yang tidak mudah mengalami korosi, itu karena ada pipa dengan terbuat dari tembaga NS. Pipa kabel AC tembaga NS jelas merupakan produk berkualitas dengan merk premium yang sering digunakan untuk instalasi unit pendingin ruangan atau AC.


Selain itu, pipa kabel tembaga NS juga telah menyediakan beraneka ragam varian ketebalan dan ukuran pipa kabel tembaga. Lalu pada pipa kabel tembaga non isolasi, biasanya ia memiliki ukuran 1/4 inchi dengan ketebalan 0.61 mm, yang mana itu cocok digunakan untuk AC inverter dengan freon R32 dan R410a. Tidak hanya itu, pipa tembaga ini juga bisa digunakan untuk berbagai macam mesin condensing unit seperti chiller, freezer, kulkas rumah tangga, showcase dan bahkan undercounter.


Jadi itulah informasi lengkap mengenai beragam macam pipa AC dan fungsinya. Semoga jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah bilamana Anda ada yang tertarik ingin memiliki perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas dari kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.



Comments


bottom of page