Inilah Tips Maintenance Manual Chain Hoist yang Wajib Diketahui



Apa itu chain hoist? Chain hoist adalah mekanisme yang digunakan untuk mengangkat dan menurunkan beban berat menggunakan rantai. Chain hoist sendiri berisi dua roda yang dililit rantai, dimana ketika rantai tersebut ditarik maka ia akan berputar di sekitar roda dan juga akan memulai mengangkat barang yang melekat pada tali atau rantai melalui kail yang berada di tempat tersebut.


Sebagai alat yang juga dapat dipasang pada lifting sling atau chain bags untuk mengangkat beban lebih ringan, tentunya chain hoist perlu dirawat sedemikan rupa. Namun perawatan yang bisa dilakukan pada chain hoist, tentunya bisa dilakukan dengan cara manual, yang mana itu bisa anda lakukan secara sendirian. Nah bagaimana cara maintenance secara manual pada chain hoist, semuanya itu akan kami jelaskan di bawah ini!


Inilah Tips Maintenance Manual Chain Hoist yang Wajib Diketahui Oleh Anda


Kenapa chain hoist harus dirawat? Nah jawabannya jelas sekali, layak tubuh manusia yang terus digunakan untuk bekerja, maka alat pun seperti chain hoist juga akan berdampak pada kondisi alat tersebut, dimana alat seperti chain hoist akan mengalami kerusakan, malfungsi, hingga chain hoist yang tidak awet atau tahan lama. Nah maka dari itu penting sekali melakukan perawatan kepada chain hoist.


Namun meski harus dirawat, tetapi bukan berarti anda bisa merawatnya dengan cara yang asal-asalan. Karena cara merawat chain hoist yang benar dan tepat, adalah dengan melakukan beberapa cara yang memang sudah direkomendasikan. Nah cara yang benar dan bahkan cara manual yang tepat untuk melakukan maintenance pada chain hoist, tentunya bisa kalian ketahui ulasannya yang ada di bawah ini!


Berikut adalah cara atau tips maintenance manual pada chain hoist:

  • Selalu membersihkan chain hoist dari komponen atau partikel-partikel kotor, seperti debu dan sebagainya. Atau alangkah lebih baiknya agar anda tidak kerepotan selalu membersihkan chain hoist, maka lebih baik anda tempatkan di tempat yang bersih dan jauh dari kotoran.

  • Penggunaan chain hoist disarankan untuk selalu menggunakannya dengan cara yang benar sesuai dengan instruksinya. Hal itu karena jika tidak demikian, maka chain hoist yang digunakan akan membuatnya lama kelamaan menjadi rusak.

  • Selain jauh dari kotoran, pastikan juga tempat chain hoist jauh dari air atau cipratan air. Karena jika dibiarkan terjadi, maka cipratan air akan membuat chain hoist mengalami korosi atau karat yang cepat. Sehingga dengan begitu, chain hoist yang karat akan membuat pekerjaan dari chain hoist terganggu dan mengakibatkan kerugian bagi banyak pihak.

  • Pastikan selalu loads chain pada chain hoist diberi pelumas, tetapi jangan lupa juga untuk menyertainya dengan pengecekan berupa cek rem agar nantinya tidak terjadi kemungkinan adanya kecelakaan kerja.

  • Ketika anda berniat ingin menyimpannya, maka saran kami anda pastikan troli sesuai dengan lebar balok besi.

  • Lalu pastikan juga rantai pada chain hoist tidak keluar atau lepas pada saat hook di posisi yang terendah.

  • Lalu untuk bagian suspense, terutama bagian atas anda lengkapi saja dengan mouse hook dan pastikan juga sudah terpasang dengan benar.

  • Selalu melepas semua komponen pendukung yang ada pada chain hoist ketika ingin menyimpannya terutama dalam jangka waktu lama. Hal itu selain rapi, hal tersebut juga berguna untuk membuat komponen chain hoist aman dan dalam kondisi tidak tertekan dengan komponen lain yang menghimpitnya.

  • Rutin melakukan inspeksi pada chain hoist, hal itu agar mempermudah anda dalam mengetahui apa kekurangan atau masalah pada chain hoist anda.


Nah jadi itulah cara atau tips dari kami mengenai maintenance manual pada chain hoist. Semoga bermanfaat bagi anda semua, terutama bisa membuat anda semakin tahu dan mahir dalam maintenance manual pada chain hoist. Bilamana anda tertarik dengan chain hoist, maka yang terbaik dan berkualitas ada pada Elephant hoist and crane yang ada di IndahJaya.com