top of page

Manfaat dan Fungsi Mesin Serut Kayu dalam Industri Kerajinan



Jika makhluk hidup memiliki bagian tubuh yang memang dapat digunakan atau berperan penting bagi mereka, maka untuk makhluk hidup seperti tanaman atau tumbuhan juga memilikinya tapi sayang tidak bisa digerakan. Namun bagian-bagian dari tumbuhan atau tanaman merupakan bagian-bagian yang memang memiliki kegunaan, seperti batang pohon yang dapat menghasilkan kayu yang bernilai.


Kayu dari batang pohon adalah suatu hasil dari pohon yang memang bernilai. Dikatakan bernilai karena kayu memiliki manfaat untuk kehidupan, seperti bisa dijadikan sebagai kayu bakar, kayu untuk konstruksi, hingga kayu untuk suatu kerajinan. Dalam menggunakannya atau menerapkan kayu pada suatu karya, pastinya kayu harus diserut terlebih dahulu. Tentunya itu bukan dengan serutan pensil, melainkan dengan mesin serut untuk kayu.


Inilah Manfaat dan Fungsi dari Mesin Serut Kayu dalam Industri Kerajinan


Seperti namanya, mesin serut kayu adalah alat yang memang berguna untuk meratakan dan menghaluskan permukaan kayu, yakni dengan cara diserut. Jelasnya, mesin serut kayu yang bisa menghaluskan permukaan kayu ini adalah alat yang juga dapat dimanfaatkan untuk merampingkan kayu. Berbeda dengan serut kayu manual, mesin serut kayu juga dapat menghaluskan kayu melalui mata pisau yang bergerak memutar. Hal ini yang membuat mesin serut kayu lebih mudah digunakan.


Dibanding dengan serut kayu manual, penggunaan serut kayu sebenarnya adalah penggunaan yang juga harus disertai dengan keahlian, karena penggunaan yang tidak terlatih akan menghasilkan hasil yang tidak optimal. Namun berbeda dengan penggunaan mesin serut kayu, yang mana mesin serut kayu tidak membutuhkan keahlian khusus. Tapi meski begitu, hasil pekerjaan dari seorang ahli dengan menggunakan mesin serut kayu akan jauh lebih bagus daripada hasil serutan kayu pemula, itu karena seorang yang berpengalaman pastinya jauh lebih paham karya kerajinan yang sesuai.


Perlu diketahui dan dicatat oleh Anda, bahwa alat ini adalah alat yang memang pastinya dapat menghasilkan banyak serbuk kayu. Dengan adanya serbuk kayu yang banyak akibat proses penyerutan, maka jelas penggunaan atau letak dari mesin serut kayu tidak boleh berdekatan dekat dengan sumber api. Itu karena dari serutan kayu ataupun kayu yang ada, itu bisa memicu sumber api yang keluar akan membakarnya. Alhasil kerugian pun akan datang pada industri kerajinan tersebut.


Cari Memilih Mesin Serut Kayu yang Tepat dalam Industri Kerajinan


Untuk memilih mesin serut kayu yang tepat dalam industri kerajinan, sebenarnya Anda hanya perlu untuk mengetahui ukuran lebarnya. Lebar mesin serut kayu pun pastinya akan menentukan seberapa lebar kayu yang akan dikerjakan. Saran kami, Anda bisa pilih produk mesin serut kayu dengan lebar yang lebih besar dengan lebar objek yang akan dikerjakan. Itu karena selain akan membutuhkan waktu yang banyak, proses pengerjaan ini belum tentu memberikan hasil yang merata.


Kemudian yang perlu diperhatikan adalah pilih mesin serut kayu yang mata pisaunya dapat diganti, itu memang harus diperhatikan mengingat mesin serut kayu mengandalkan mata pisau untuk serut kayu. Selain itu, Anda perlu pertimbangkan kecepatan rotasinya, karena kecepatan rotasi mengacu pada berapa kali mata pisau melakukan rotasi per menit. Kecepatan rotasi ini akan berpengaruh pada tingkat kehalusan permukaan.


Itulah artikel dari kami mengenai manfaat dan fungsi dari mesin serut kayu yang tepat dalam industri kerajinan. Kiranya dapat Anda mengerti, terutama untuk juga yang lainnya dalam mengenal mesin serut kayu. Perkakas yang terbaik dan memang berkualitas, jelas adalah perkakas Tenka yang berada di IndahJaya.com


bottom of page