Inilah Beberapa Manfaat Load Bank Genset yang Wajib Anda Ketahui



Dengan banyaknya jenis Genset dan juga Genset yang tersebar dan digunakan, tentunya membuat Genset itu sendiri semakin menjadi salah satu kebutuhan yang tidak boleh ditinggalkan. Tetapi dari semua Genset yang ada, tentunya itu tidak sebanding dengan salah satu Genset menarik yang ternyata memiliki fungsi yang sangat berguna bagi semua Genset yang ada.


Nah Genset tersebut adalah Load Bank Genset, Genset apakah itu? Untuk mengetahui jawaban tentang Load Bank Genset, maka anda bisa simak artikel kami pada kesempatan kali ini. Dengan menyimak artikel ini, maka pastinya anda akan semakin tahu dan paham tentang Load bank Genset, begitu juga dengan manfaat dari Genset tersebut.


Apa Itu Load Bank Genset?

Namanya adalah Load Bank Genset, tetapi bukan berarti Genset tersebut adalah Genset yang berhubungan dengan bank-bank penyimpanan uang. Nah jelasnya, Load Bank Genset itu adalah salah satu jenis Genset yang tidak sama dengan Genset pada umumnya, alias Genset tersebut adalah Genset yang digunakan untuk melakukan test load genset.


Tesnya sendiri itu berupa pengetesan terhadap kemampuan transformer dan juga battery. Load Bank Genset juga terbagi menjadi beberapa macam, yang mana umumnya sering ditemui antara lain adalah dummy load (load bank yang menggunakan electric air garam), dan juga load bank yang menggunakan Electric Heater maupun Grid Resistor.


Manfaat Load Bank Genset yang Wajib Anda Ketahui Semuanya

Daripada semakin bingung, kami akan jabarkan lebih jelas mengenai kegunaan atau bisa dibilang manfaat dari Load Bank Genset. Dan manfaatnya adalah sebagai berikut:


Untuk Synchronizing Test

Tes ini merupakan tes yang membuat Load Bank Genset berperan sebagai simulator. Sebelum proses synchronizing berjalan dengan optimal, maka anda perlu melakukan pengaturan dan testing dengan load bank, sehingga nantinya pada saat proses tersebut tidak akan mengganggu kondisi instalasi kelistrikan yang sedang berjalan saat itu.


Untuk Tes Diesel Genset, Gas Engine dan Mesin Turbin

Ketika Diesel Genset, Gas Engine dan Mesin Turbin sudah beroperasi selama 14.000 lebih jam, maka itu perlu diuji dengan Load Bank Genset. Tujuan dari pengetesan ini, yaitu untuk mengetahui seberapa banyak persentase penurunan kemampuan kapasitas pada Genset Diesel, Gas Engine, dan juga Mesin Turbin tersebut. Tujuan lainnya, sebenarnya lebih kearah acuan atau data untuk service atau overhaul, sehingga nantinya performa mesin pada Genset dapat mencapai kondisi yang lebih baik.


Untuk Pemindah Beban

Load Bank Genset bisa berguna dengan berperan menjadi media pemindah beban, yaitu pada instalasi crane, dimana load bank akan digunakan sebagai pengalih beban untuk menghindari efek overspeed pada Genset. Ketika ada beban kejut yang hilang secara tiba-tiba, maka dengan adanya Load Bank Genset, maka beban crane yang hilang tersebut akan langsung dipindahkan ke unit load bank sehingga kondisi generator set akan tetap pada kestabilannya.


Untuk Pengetesan System Battery dan UPS

Fungsi lain yang juga jarang diketahui banyak orang, yaitu Load Bank Genset bisa berguna dan juga berfungsi sebagai alat penguji kemampuan battery. Tidak hanya itu, Load Bank Genset juga bisa berperan sebagai media discharge pada battery.


Dan itulah pemahaman tentang Load Bank Genset, begitu juga dengan manfaat yang perlu anda ketahui semuanya. Semoga bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan anda tentang Load Bank Genset, dan semoga juga bisa anda share kepada yang lainnya. Anda yang ingin memiliki Genset atau menggantinya dengan yang terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan Genset Tenka kepada anda. Mengenai produk Tenka, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.