top of page

Wajib Disimak! Inilah Beberapa Masalah Genset Silent yang Wajib Diketahui



Umumnya, Genset merupakan alat atau mesin yang notabene akan sangat bising ketika ia digunakan. Jadi walau berguna sebagai pembangkit listrik, tetapi bunyi bising hingga baunya sangatlah mengganggu, sehingga tidak heran banyak Genset yang memang ditaruh diluar ruangan. Namun ada satu jenis Genset yang tidak bising, yaitu Genset yang dikenal dengan nama Genset silent, yaitu Genset yang dilengkapi dengan canopy.


Nah canopy pada Genset silent sangatlah berguna dalam meredam suara pada Genset, sehingga hasil suaranya pun akan sangat kecil dan tidak berisik, sehingga dengan begitu tidak mengganggu pendengaran banyak orang. Namun bukan berarti tidak bersuara berarti tidak bisa rusak, nyatanya Genset silent masih bisa terkena potensi kerusakan. Nah kerusakan atau masalah tersebut, umumnya ada seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini!


Inilah Beberapa Masalah Pada Genset Silent yang Wajib Untuk Diketahui

Overheat

Genset silent bisa berkemungkinan terkena overheat atau kepanasan. Tentunya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah ini, seperti memang pengoperasian Genset yang terlalu lama, cooling yang bermasalah, hingga adanya charger Genset yang memang mengalami masalah atau kerusakan.


Level Pendingin Rendah

Generator akan memberikan peringatan jika level pendingin rendah. Tetapi ada juga sebagian besar generator yang tidak dilengkapi untuk mendeteksi tingkat cairan pendingin yang rendah. Jadi ada baiknya apabila suhu pendingin meningkat, maka Anda bisa tambahkan lebih banyak cairan pendingin jika levelnya rendah. Nah ketika masih terjadi lagi, maka bisa saja ada terjadinya kebocoran.


Adanya Kebocoran

Kenyataannya, Genset silent dapat mengalami kebocoran minyak, bahan bakar, atau cairan pendingin. Biasanya adanya kebocoran oli sebenarnya berasal dari hasil mesin slobber atau penumpukan basah. Ini adalah akumulasi bahan bakar yang tidak terbakar, yaitu air yang terkondensasi, partikel karbon, dan asam dalam sistem pembuangan. Penyebab kebocoran yang sesungguhnya ini terjadi adalah ketika adanya blok/penggalang dalam selang pemanas, yang mana itu dapat menyebabkan suhu ekstrim yang dapat membahayakan selang.


Aki Genset Rusak

Masalah ini bisa terjadi, dikarenakan adanya faktor masalah yang dimulai dari atas connector dan kemudian akan merambat sampai aki. Kemudian itu semua akan menyebabkan ledakan yang nantinya akan menjadi sangat besar dan bisa menjadi pemicu penyebab aki genset meledak. Lalu bukan hanya itu, ada juga masalah pada dinamo pada Genset yang bisa menyebabkan short circuit.


Genset Tidak Stabil

Genset silent bisa menjadi tidak stabil, seperti contohnya dari adanya putaran pada mesin Genset yang tidak berada di sekitar 1500 rpm. Jadi jika kecepatannya melebihi atau justru kurang, maka sudah bisa dipastikan mesin sedang tidak normal lagi. Adapun permasalahannya bisa pada governor, atau mungkin adanya generator dan kabel yang sedang mengalami masalah atau kerusakan.


Penyimpangan Pada Voltase

Masalah yang juga umum terjadi pada Genset silent, yaitu dari adanya penyimpangan pada voltase, yang mana memang itu bisa disebabkan karena adanya daya yang seharusnya dikeluarkan lewat konduktor tidak sesuai atau lebih rendah. Hal tersebut tentunya bisa membuat tegangan pada generator bisa jadi menurun. Anda yang ingin tahu cara mengetahuinya, maka lihat shutdown under voltage, yaitu apakah benar tidak adanya kinerja dari AVR yang lebih berat lagi.


Kontrol Tidak dalam Kondisi Otomatis

Generator silent memiliki annunciator atau panel kontrol yang biasa disebut sebagai controller yang memungkinkan operator mengelola pengaturannya. Panel tersebut akan menampilkan informasi engine dan alternator yang penting. Sebagian besar panggilan layanan atau keluhan untuk masalah panel kontrol disebabkan oleh operator yang tidak mengaktifkan controller mode otomatis.


Starter Genset Tidak Berfungsi

Sama seperti Genset lainnya, Genset silent juga bisa dihidupkan dengan distarter terlebih dahulu. Namun, terkadang ada kalanya Genset silent akan sulit distarter. Kemungkinan masalah tersebut terjadi bisa dari adanya daya aki Genset yang mengalami masalah, atau memang adanya kabel atau starter yang memang bermasalah.


Itulah beberapa masalah pada Genset silent yang perlu diwaspadai. Sekian dan semoga jadi manfaat bagi Anda semua, terutama Anda yang memiliki Genset silent. Bilamana Anda menginginkan Genset silent atau Genset lainnya, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami adalah Genset Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page