top of page

Masalah Hoist? Temukan Solusinya dengan Tips Ini



Apa itu hoist? hoist sebenarnya bisa dianggap sebagai katrol. Itu karena memang hoist adalah alat bantu yang berfungsi untuk memindahkan maupun mengangkat barang. Kemudian untuk hoist crane juga dianggap sebagai salah satu jenis crane yang memang bisa digunakan di dalam maupun diluar suatu ruangan. Jadi jenis crane satu ini dapat digunakan untuk mengangkat barang ataupun beban pada posisi tegak lurus atau bisa juga horizontal.


Namun meski begitu, hoist pun cenderung bisa terkena beberapa masalah, yang mana ada yang dari human error, ataupun memang faktor usia, serta sebagainya yang memang ada. Nah ketika ada masalah pada hoist Anda, maka jangan cepat-cepat memutuskan untuk mengganti hoist tersebut dengan yang baru. Alasannya, karena ada beberapa masalah pada hoist yang masih bisa diatasi, yaitu dengan cara atau solusi seperti tips yang ada di bawah ini!


Inilah Masalah Pada Hoist yang Bisa Diatasi dengan Solusi atau Tips Ini

Adanya Daya Listrik Hoist yang Bermasalah

Ketika Anda mengetahui bahwa ada yang tidak beres dengan daya listrik hoist, maka besar kemungkinan hoist Anda mengalami masalah berupa daya listrik yang sedang bermasalah. Jadi dengan begitu, maka ada baiknya Anda periksa daya listrik hoist, kemudian cobalah cek kembali apakah daya listrik yang diperlukan untuk mengoperasikan sudah tepat dan benar. Hal tersebut memang penting, karena memang suatu hoist seperti Electric Chain Hoist itu memiliki daya listrik (voltase dan ampere) yang harus tepat, karena itu bertujuan dalam menjalankan Electric Chain Hoist yang bervariasi tergantung dari kapasitas beban yang dimiliki. Maka dari itu, Anda harus pastikan bahwa daya listrik yang digunakan sesuai dengan kebutuhan listrik untuk mengoperasikannya.


Masalah Hoist yang Lambat dalam Mengangkat Benda

Anda bisa mudah mengetahui ini ketika Anda mencoba memakai hoist tersebut, jika ada keterlambatan dalam lifting, maka itu ada masalah pada hoist Anda. Masalah tersebut tentunya dapat atau mungkin sering terjadi, sehingga ada baiknya Anda segera periksa daya listrik atau bisa juga pada mesin hoistnya. Kemudian, penyebab dari masalah tersebut juga bisa datang disebabkan karena beban yang diangkat oleh hoist melebihi kapasitas pengangkatan maksimal yang bisa diangkat oleh hoist (SWL). Nah cara atasi atau solusi untuk itu, adalah dengan mencoba turunkan beban dan periksa kembali berat beban yang mau diangkat.


Tiba-Tiba Hoist Mengeluarkan Suara Aneh

Anda yang sudah sering menggunakan hoist pasti akan janggal ketika mendengar suara aneh dari hoist Anda. Jika hoist anda mengeluarkan suara aneh berupa dengungan atau klik, maka sudah pasti itu adalah masalah juga pada hoist. Untuk atasinya, maka anda bisa mencoba segera menghindari down time. Namun yang pertama harus dilakukan oleh Anda, yakni dengan memastikan bahwa adanya daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan Electric Chain Hoist. Lalu kemudian cobalah Anda kurangi frekuensi pengangkatan beban, yaitu dengan mengurangi beban muatan yang coba anda angkat pada hoist tersebut.


Komponen Mengalami Overheat dan Hoist Tidak Lagi Bisa Digunakan

Jika Anda merasa ada yang panas serta hoist tidak lag bisa digunakan, maka jelas masalah tersebut memang dari hoist yang overheat. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menghindari down time, dimana pertama, anda harus pastikan mempunyai daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan Electric Chain Hoist. Kemudian cobalah kurangi frekuensi pengangkatan beban, ditambah dengan kurangi beban muatan yang anda angkat dengan hoist anda semua.


Adanya Arah Hoist yang Terbalik

Faktanya, arah hoist bisa saja terbalik, yakni dengan seperti dengan menekan tombol naik di remote Electric Chain Hoist, tapi itu akan membuat rantai malah turun atau sebaliknya. Perlu anda simak, sebenarnya ada beberapa kemungkinan penyebab terjadi masalah tersebut. Contohnya seperti dari operator yang telah memasang kabel R,S,T terbalik sewaktu instalasi Electric Chain Hoist, atau alasan lain sebagainya. Nah untuk solusinya, anda dapat menukar posisi kabel dan mencobanya kembali.


Itulah yang perlu Anda ketahui semua dari masalah pada hoist. Sekian dari kami semoga bermanfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki crane dan hoist, maka rekomendasi kami adalah Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, tentunya Anda semua bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comentários


bottom of page