Cara Menangani Masalah Kapasitor Rusak Pada Pompa Celup



Pada suatu pompa air seperti pompa celup, tentunya itu terdiri dari beberapa komponen, seperti salah satunya yang penting adalah kapasitor. Kapasitor adalah salah satu komponen penting pada pompa celup, yang dimana itu adalah suatu peralatan yang menggunakan motor listrik sebagai penggerak pada pompa celup, yang dimana juga memiliki fungsi serta kegunaannya sendiri pada pompa celup.


Meskipun memiliki kegunaan dan fungsi, tentunya kapasitor pada pompa celup juga rentan terkena beberapa masalah, yang dimana masalah tersebut jelas harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah lainnya pada pompa celup. Oleh karena itu, penting sekali anda mengetahui beberapa masalah yang cukup umum ditemukan pada kapasitor pompa celup, dimana masalah tersebut dan cara atasinya bisa anda ketahui melalui artikel ini.


Beberapa Masalah dan Cara Menangani Kapasitor Pompa Celup yang Rusak


Ciri-Ciri Kapasitor Pompa Celup Rusak

Berikut adalah ciri-ciri yang menandakan bahwa kapasitor pada pompa celup anda sedang mengalami kerusakan.

  • Daya dorong pompa celup menjadi lemah.

  • Pompa celup tidak mau berputar.

  • Adanya kerusakan pada fisik kapasitor.

  • Kapasitor seperti tidak mampu menyimpan arus listrik.

  • Tegangan atau arus yang mengalir sangat tinggi atau tidak sesuai dengan spesifikasi kapasitor.

  • Adanya suhu panas berlebih pada kapasitor, alias mengalami overheat.

  • Putaran awal pada pompa celup terganggu dan harus dibantu secara manual.

  • Body kapasitor cenderung akan mengembung atau meleleh.


Itulah ciri-ciri yang bisa menandakan bahwa kapasitor pompa celup anda mengalami kerusakan. Namun untuk lebih memastikan lagi jika kapasitor pompa celup rusak, maka anda bisa melakukan pemeriksaan dengan menggunakan peralatan Avometer atau ohm meter.


Inilah Cara Menangani Masalah Kapasitor Pada Pompa Celup yang Rusak

Berikut adalah cara menangani atau tahapan yang bisa anda coba lakukan pada kapasitor pompa celup anda yang rusak:


  1. Mematikan pompa celup seutuhnya, itu agar tidak adanya arus yang mengalir ke dalam sistem pompa celup.

  2. Selanjutnya anda bisa memeriksa kapasitor yang ada pada pompa celup. Nah anda bisa cari terlebih dahulu letak kapasitor yang ada pada pompa celup, yang dimana umumnya berbentuk seperti tabung yang berwarna hitam atau silver dengan banyak cabang koneksi untuk disambungkan dengan sistem pada pompa celup.

  3. Setelah menemukan kapasitor pompa celup, maka berikutnya anda periksa keseluruhan kapasitor tersebut, mulai dari fisiknya dan sebagainya.

  4. Perlu diingat dan dicatat, kapasitor pada pompa celup bisa saja masih menyimpan muatan. Jadi penting sekali anda untuk mengosongkan muatan kapasitor tersebut. Nah caranya, anda hanya perlu melepaskan konektor yang menghubungkannya dengan sistem pada pompa celup, sehingga dengan begitu maka bisa membuat muatan pada kapasitor tidak bekerja.

  5. Selain itu, anda juga perlu melepaskan beberapa konektor yang terdapat pada bagian salah satu sisinya. Itu karena kapasitor dibuat untuk bisa mengontrol muatan bertegangan tinggi saat kapasitor telah terisi penuh. Sehingga saat melakukan pengosongan muatan, akan ada arus listrik yang keluar yang dapat menyebabkan sebuah sengatan listrik

  6. Selanjutnya, anda bisa bisa mulai mengganti kapasitor yang rusak, dimana caranya adalah mengganti kapasitor yang rusak dengan yang baru. Nah anda harus melepaskan kapasitor ini dengan cara membuka logam pipih dengan dua sekrup yang menahannya, lalu ambil kapasitor yang rusak dan kemudian pasang yang baru beserta juga dengan hubungkan kabel konektor dengan benar sesuai jalurnya.


Jadi itulah masalah serta cara menangani masalah kapasitor yang rusak pada pompa celup. Semoga jadi manfaat untuk anda semua dalam memahami masalah serta penanganan yang tepat bagi kapasitor pompa celup yang rusak. Jika anda tertarik dengan pompa celup terbaik dan berkualitas yang dilengkapi dengan kapasitor terbaik, maka pompa celup Tsurumi adalah rekomendasinya. Mengenai pompa celup Tsurumi, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.