Yuk Simak Masalah Low Oil Pressure Pada Genset dan Cara Menanganinya



Oli pada suatu mesin tentunya memiliki manfaat dan kegunaan bagi performa atau kinerja mesin, hal itu karena oli bisa menjadi pelumas yang bisa membantu melumasi komponen dan setiap partikelnya dalam mesin. Nah kinerja tiap komponen dalam mesin perlu dibuat lebih enteng agar langkah kerja yang dihasilkan lebih maksimal, dimana itu baik untuk mesin kendaraan dan bahkan juga untuk Genset.


Namun meski begitu, kenyataannya masalah yang ada pada oli pada kendaraan dan juga Genset, terkadang sering mengalami masalah sehingga membuat istilah berupa “Low Oil Pressure”. Nah bagi anda yang tidak tahu masalah tersebut begitu juga dengan penanganannya, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!

Apa Itu Masalah Low Oil Pressure Pada Genset?

Oil pressure sensor atau sensor oli, adalah komponen sensor yang berfungsi untuk mendeteksi kuantitas atau volume oli pada suatu mesin, terutama itu juga ada pada Genset. Nah komponen satu ini terletak pada bagian blok silinder yang biasanya terpasang pada bagian samping. Nah apabila ada tekanan oli yang rendah atau low oil pressure, maka jelas itu akan memiliki ciri dan dampak gesekan yang terjadi akan menimbulkan panas yang berlebih dan panas akan mengakibatkan beberapa material memuai. Ciri awalnya nanti akan membuat mesin Genset mati mendadak, yang mana ada yang lebih parahnya lagi jika oli bermasalah maka komponen pada mesin akan gosong atau terbakar.

Cara Menangani Masalah Low Oil Pressure Pada Genset

Berikut ini adalah cara menangani masalah low oil pressure yang sudah berdasarkan dengan penyebabnya:

Oil Engine Mengalami Kebocoran

Langkah pertama jelas dengan memeriksa apakah masalah low oil pressure berasal dari faktor luar, yaitu adanya kebocoran pada oli mesin Genset. Jika ada kebocoran maka lakukan upaya perbaikan dan langsung isi kembali oli dengan takaran yang tepat.

Oil Filter Kotor

Nah bisa saja penyebabnya adalah oil filter pada mesin Genset yang kotor, sehingga anda perlu membersihkan oil filter tersebut sampai bersih. Ketika sudah bersih maka anda bisa pasang kembali lalu pastikan oil pressure sudah tepat dan benar. Atau bisa juga dengan cara anda memasang bypass valve untuk filter, dimana anda bisa memasang elemen filter baru jika memang diperlukan.

Bahan Bakar Tercampur dengan Oil

Entah bagaimana itu bisa terjadi, tentunya harus anda temukan kebocoran tersebut. Nah jika sudah dirasa sudah beres, maka kuras oli yang bercampur bahan bakar tersebut dengan yang baru dan masih bersih dari campuran apapun. Tidak hanya itu, filter oli juga sebaiknya diganti karena bisa saja masih ada endapan campuran bahan bakar.

Jarak Rocker Arm Shaft dan Rocker Arm Terlalu Longgar

Jangan sampai kedua komponen tersebut terlalu longgar, selain itu anda juga bisa pastikan dan cek keadaan penggerak valve, yang dimana jika memang perlu diganti maka lebih baik diganti dengan yang baru.

Relief Valve Pada Oil Pump Tidak Berkerja Baik

Nah untuk mengatasinya maka anda hanya perlu membersihkan valve dan housing-nya, lalu pasang dengan relief valve yang baru.

Mengganti Segala Komponen yang Sudah Rusak

Apapun itu yang masih bisa diperbaiki maka anda boleh perbaiki, tetapi jika ada arahan atau memang sudah sepantasnya diganti yang baru, maka jelas anda lebih menggantinya dengan yang baru. Contohnya seperti filter dan lain sebagainya.


Nah itulah beberapa masalah dan juga penanganan masalah low oil pressure pada Genset. Besar harapan kami artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, begitu juga dengan yang lainnya dengan cara anda share artikel ini kepada mereka yang membutuhkan. Jika anda ingin memiliki Genset terbaik dan berkualitas, maka Tenka adalah salah satunya yang boleh anda utamakan, dimana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com