top of page

Inilah Beberapa Masalah Genset Open yang Sering Terjadi dan Wajib Diwaspadai



Genset adalah mesin yang bisa menggerakkan pembangkit listrik melalui motor bakar pembakaran dalam dengan kegunaannya yang bisa memberikan daya tegangan listrik, yang mana jenisnya pun juga ada beragam. Nah salah satu jenis Genset yang juga umum digunakan banyak orang dan di hampir banyak tempat, adalah Genset jenis open, yaitu Genset yang memang tidak dilengkapi oleh box rumah Genset atau canopy Genset.


Walaupun cenderung memiliki harga murah dan mempunyai power house sendiri yang memang dirancang khusus untuk penempatan Genset di dalam ruang atau gedung yang kedap suara. Namun itu tidak menjamin bahwa Genset tersebut tidak ada kemungkinan terkenanya kerusakan. Ada banyak masalah yang cenderung dialami oleh Genset open, yang mana masalah tersebut bisa Anda ketahui di bawah ini lalu harus selalu diwaspadai.


Inilah Beberapa Masalah Genset Open yang Sering Terjadi dan Wajib Diwaspadai

Overheat

Meski tidak dilengkapi dengan penutup, tetapi Genset open masih bisa berkemungkinan terkena overheat atau kepanasan. Nah overheat memang masalah yang cukup umum ada pada Genset, tidak terkecuali Genset open. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah ini, seperti memang pengoperasian Genset yang terlalu lama, cooling yang bermasalah, hingga adanya charger Genset yang memang mengalami masalah atau kerusakan.


Aki Rusak dan Meledak

Masalah pada Genset ini bisa terjadi, dikarenakan adanya faktor masalah yang dimulai dari atas connector dan kemudian akan merambat sampai aki. Kemudian alhasil itu akan menyebabkan ledakan akan menjadi sangat besar dan ini menjadi penyebab aki genset meledak. Lalu bukan hanya itu, ada juga masalah pada dinamo hingga bisa membuat short circuit.


Genset Tidak Stabil

Genset yang tidak stabil bisa dicirikan dari adanya putaran pada mesin Genset yang tidak berada di sekitar 1500 rpm. Jadi jika kecepatannya melebihi atau justru kurang, maka sudah bisa dipastikan mesin Genset open tersebut tidak normal lagi. Nah permasalahannya bisa pada governor, atau mungkin adanya generator dan kabel yang sedang mengalami masalah atau kerusakan.


Penyimpangan Pada Voltase

Automatic Voltage Regulator (AVR) adalah sebuah komponen pengatur tegangan yang digunakan pada generator sinkron untuk menstabilkan tegangan keluaran yang dihasilkan dari generator sinkron. Masalah yang terjadi bisa adanya penyimpangan pada voltase, yang mana memang itu bisa disebabkan karena adanya daya yang seharusnya dikeluarkan lewat konduktor tidak sesuai atau lebih rendah. Hal tersebut tentunya bisa membuat tegangan pada generator bisa jadi menurun. Nah cara mengetahui shutdown under voltage, yaitu tidak adanya kinerja dari AVR lebih berat lagi.


Starter Tidak Berfungsi

Ketika ingin menghidupkan Genset seperti Genset open, maka tentunya itu harus distarter terlebih dahulu. Namun, terkadang ada kalanya Genset open sulit distarter. Kemungkinan masalah tersebut terjadi bisa dari daya aki Genset. Nah untuk memastikannya, maka cobalah periksa kondisi aki. Apabila memang benar daya aki sudah melemah, maka harus dilakukan pengisian ulang.


Namun, jika kondisi aki sudah benar-benar buruk, maka solusi terbaik adalah dengan mengganti aki Genset dengan yang baru. Tetapi jika kondisi aki masih bagus dan dayanya masih kuat, maka penyebabnya bisa saja dari adanya kabel yang tidak terhubung dengan baik atau putus, atau bisa saja memang starter yang bermasalah.


Itulah berbagai masalah Genset open yang sering terjadi dan harus diwaspadai. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua, terutama Anda pemilik Genset open. Jika Anda tertarik dengan Genset open atau Genset jenis lainnya, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page