top of page

Mengenal Lebih Lanjut Beberapa Masalah Pada Starter Genset



Pada mesin Genset terdapat komponen yang saling terkait dalam perannya masing-masing. Nah salah satunya, yaitu komponen bernama starter, yaitu sebuah perangkat yang dipakai untuk menyalakan motor bakar pembakaran dalam sehingga operasi mesin Genset bisa berada di bawah tenaganya sendiri. Nah starter pun dapat berupa motor listrik, mesin udara atau juga hidrolik, yang mana rata-rata semuanya memiliki perbedaan.


Starter pada Genset ternyata juga cukup umum ditemukan kerusakannya, yang mana jelas itu akan sangat berdampak pada Genset, terutama ketika hendak ingin dinyalakan. Jika starter Genset rusak, maka akan sulit untuk menyalakan Genset, sehingga dengan begitu maka masalah tersebut harus segera diatasi. Nah apa saja masalah yang sering menyerang starter Genset? Untuk mengetahuinya, maka simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Beberapa Masalah yang Ada Pada Starter Genset

Arus Listrik Tidak Mampu Menuju Solenoid

Ciri dari kerusakan starter ini adalah dari adanya mesin Genset yang mengeluarkan suara dengung. Hal tersebut bisa terjadi karena memang bisa disebabkan oleh arus listrik tidak mampu menuju solenoid, yang mana itu untuk menggerakkan pinion gear dan flywheel. Kegagalan tersebut biasanya disebabkan oleh arus listrik rendah yang dihasilkan oleh baterai yang kehabisan daya atau karena sambungan listrik di sepanjang rangkaian starter yang buruk. Kemudian ada juga hal berupa sambungan baterai atau terminal baterai yang mengalami cacat fisik alias korosi atau karat.


Adanya Keausan Pada Dinamo Starter

Perlu Anda ketahui, adanya sebuah bunyi yang gemeretak dari mesin Genset, biasanya juga menjadi ciri dinamo starter yang memang sudah rusak. Hal tersebut karena memang adanya kaitan antara gigi pada gear pinion dengan gigi yang terdapat pada ring gear mesin. Jadi ketika Anda menemukan dua gear pada dinamo starter itu rusak atau aus, maka tentu itu akan menimbulkan suara yang gemeretak. Kemudian pada saat suaranya semakin keras, itu tandanya kerusakan yang terjadi sudah sangat parah.


Nilai Resistansi Pada Kumparan Meningkat

Ciri paling umum ketika dinamo starter Genset rusak adalah dari adanya mesin yang sulit distarter dalam keadaan panas, atau baru dipakai. Jika memang adanya kesulitan menstarter Genset saat mesin dalam keadaan panas, tentunya hal ini bisa jadi dikarenakan dari tahanan koil yang semakin banyak. Ketika panas mesin mengenai badan solenoida, maka nilai resistansi pada kumparan akan meningkat. Sehingga itu akan berdampak pada arus listrik yang tertahan dan tidak akan dapat mengalir dengan sempurna ke bagian kumparan. Nah ketika arus listrik tersumbat atau tersendat, maka otomatis mesin akan menjadi lebih sulit untuk dihidupkan.


Open Circuit dan Sambungan Terminal yang Rusak

Gejala dinamo starter Genset rusak adalah tidak berjalannya sistem kelistrikan pada Genset. Nah kemungkinan hal ini bisa disebabkan oleh baterai atau aki yang sudah mulai melemah, bahkan mati. Namun ada juga kemungkinan yang jarang diketahui, yaitu dari adanya rangkaian terbuka (open circuit) pada starter Genset. Kemudian penyebab lainnya bisa juga dikarenakan sambungan (terminal) yang mengalami korosi, atau biasanya sambungan aki yang menghalau arus listrik untuk mencapai mesin starter atau sistem lainnya.


Jadi itulah beberapa masalah yang ada pada starter Genset. Sekian dari kami, semoga artikel ini jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda tertarik dengan Genset yang memang dilengkapi dengan starter, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami adalah Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page