top of page

Ketahui 5 Masalah Umum Pompa Celup Sumur Dalam dan Solusinya



Pompa celup merupakan pompa air yang dekat dengan kita, ini karena hampir setiap hari kita membutuhkan air sehingga dengan begitu membutuhkan pompa untuk mengalirkan air. Nah karena bisa terendam, maka pompa celup tepat adanya untuk penggunaan sumur dalam. Tentunya penggunaan pompa celup sumur dalam sendiri terbukti dapat memberikan sumber air yang melimpah, serta bebas dari kontaminasi kotoran dan bahan kimia berbahaya.


Penggunaan air sumur dengan mengandalkan pompa celup sumur dalam memiliki peranan yang sangat penting dalam aktivitas sehari-hari. Namun, sebaik apapun peralatan elektronik tetap saja memiliki kelemahan tertentu yang kadang-kadang tidak diketahui, terutama bagi penggunaan baru dan mereka yang awam dengan pompa air. Ini seperti pompa celup, akan tetapi masalah yang ada masih bisa diatasi dengan solusi yang tepat adanya.

Inilah 5 Masalah Umum Pompa Celup Sumur Dalam dan Juga Solusinya

Air yang Tidak Mengalir

Bukan karena tidak menyalakan pompa celup sumur dalam, air yang tidak mengalir saat pompa celup sumur dalam dinyalakan ada karena beberapa faktor penyebabnya. Nah adapun penyebabnya serta solusinya adalah:


  • Penyebabnya bisa dari musim kemarau, yang mana itu membuat sumur mengalami kekeringan sehingga tidak ada air yang naik ketika pompa tersebut dihidupkan.

  • Sumur terlalu dalam bisa jadi membuat air tidak mengalir. Tentu untuk mengatasi masalah ini maka Anda membutuhkan pompa celup sumur dalam dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

  • Pipa bocor juga menjadi masalah yang membuat air tidak mengalir. Untuk solusinya maka perbaiki pipa yang bocor atau bila perlu ganti pipa tersebut.

  • Tusen klep berfungsi untuk menahan air agar tidak kembali ke dalam sumur. Apabila klep rusak, maka air akan kembali ke dalam sumur dan paralon atau pipa pun menjadi kosong. Solusinya Anda bisa menaikkan air dengan memancingnya dengan menuangkan air pada mesin.

  • Kemudian pompa atau pipa tersumbat juga menjadi masalah, yang mana untuk mengatasinya Anda bisa mengatasi kesumbatan tersebut dengan benar.

Suara Pompa Berdengung dan Tidak Ada Tekanan

Pompa celup sumur dalam yang berdengung dan tidak ada tekanan akan menjadi masalah untuk sumur dalam. Nah masalah umum ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, dimana beberapa hal tersebut harus diatasi dengan cara mengganti komponen yang rusak atau memperbaiki segera sesuatu yang bermasalah tersebut.


  • Dinamo pompa yang tidak berputar karena bearing dan laher yang sudah kering.

  • Penumpukan residu atau kerak serta kotoran pada pompa yang dapat menyebabkan putaran motor terganggu dan melambat. Hal ini akan memicu bunyi dengung pada mesin.

  • Tegangan listrik yang tidak stabil akan menyebabkan mesin pompa berdengung. Jadi pastikan tegangan listrik Anda stabil terlebih dahulu.

  • Kerusakan pada kapasitor, yang mana itu bisa diganti dengan yang baru.

Mesin Hidup dan Mati Terus-Menerus

Pompa celup sumur dalam yang terus-menerus hidup mati sering terjadi ketika kita tidak membuka keran atau bisa juga terjadi sesaat setelah Anda menutup keran. Tentu masalah tersebut disebabkan dengan penyebab yang beragam yang memang masih ada solusinya.


  • Kebocoran pipa, ini karena pengaturan tekanan air pada mesin yang tinggi akan menyebabkan mesin mudah hidup sekalipun ada kebocoran kecil. Jadi atur pengaturan tekanan air yang sesuai.

  • Tabung air pada mesin bocor atau penuh. Nah untuk mengatasinya, Anda bisa menambal kebocoran lalu kosongkan air yang ada pada tabung

Pompa Selalu Harus Dipancing Saat Hendak Dihidupkan

Ketika ingin menghidupkan pompa celup sumur dalam tapi air tidak mengalir dan terus-menerus minta dipancing, maka masalah ini bisa diatasi dengan beberapa cara antara lain:


  • Jika ada kebocoran pada pipa, maka Anda harus menambal atau memperbaiki kebocoran pada pipa hisap yang masuk ke dalam sumur.

  • Jika kerusakan pada klep yang menyebabkan pompa tidak mampu menahan air pada pipa penghisap, maka segera ganti atau perbaiki klep tersebut.

Pompa Celup Sumur Dalam Sering Kotor

Ini tentu masalah umum yang wajar pada pompa celup sumur dalam. Ini karena pompa tersebut digunakan pada sektor pekerjaan yang memiliki resiko cepat membuat kotor. Adapun solusinya, Anda hanya perlu membersihkan pompa tersebut dengan tepat dan benar, serta rutin atau berkala dalam kurun waktu yang ditentukan.


Itulah 5 masalah umum pada pompa celup sumur dalam dan juga solusinya. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Untuk pompa celup terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan pompa celup dari Tsurumi, yang mana itu bisa Anda semua ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Kommentare


bottom of page