top of page

Inilah Beberapa Masalah Saklar Pada Genset yang Sangat Sering Terjadi



Saklar merupakan sebuah perangkat yang bisa digunakan untuk memutuskan jaringan listrik, atau untuk menghubungkannya. Jadi saklar itu pada dasarnya adalah alat penyambung atau pemutus aliran listrik. Namun selain bisa digunakan untuk jaringan listrik arus kuat, saklar yang berbentuk kecil juga bisa dipakai untuk alat komponen elektronika arus lemah. Kemudian saklar merupakan salah satu komponen penting yang biasa ada pada Genset.


Layaknya beberapa komponen lain pada Genset, saklar adalah komponen Genset yang bisa saja mengalami kerusakan, yang mana dari kerusakan tersebut akan mempengaruhi Genset itu sendiri. Nah untuk mengatasi masalah saklar Genset yang rusak, maka terlebih dahulu Anda harus tahu apa masalah saklar pada Genset yang sering terjadi dan bisa bikin rusak, yang mana beberapa masalah tersebut bisa Anda ketahui di artikel ini!


Inilah Beberapa Masalah Saklar Pada Genset yang Sering Terjadi

Adanya Korsleting Listrik

Konslet atau korsleting tentunya telah menjadi masalah umum yang sering terjadi pada instalasi listrik, terutama pada banyak saklar. Korsleting tentunya bisa terjadi karena adanya hubungan arus pendek, kemudian memang ada komponen listrik lain yang rusak pada Genset, hingga jalur kabel terkelupas sehingga fasa dan netral tersambung dan lain sebagainnya. Korsleting bisa membuat masalah bagi saklar Genset, itu karena masalah tersebut sangat kompleks.


Susunan dan Kontak Dalam Saklar Lepas dan Tidak Bisa Berfungsi

Penyebab dari masalah ini tidaklah begitu kompleks, karena biasanya kerusakan saklar memang bisa terjadi karena adanya susunan per (pegas) dan kontak dalam saklar yang lepas dan juga tidak bisa berfungsi seperti layaknya. Nah kerusakan pada saklar umum nya karena memang dari adanya faktor pemakaian yang sudah lama. Tetapi ada juga dalam beberapa kejadian, saklar bisa meleleh karena panas dari beban arus yang tidak sesuai dengan kapasitas saklar atau material bahan saklar yang memang kurang baik.


Adanya Percikan Api dan Suara Bising

Tentunya ada juga masalah pada saklar berupa adanya percikan api kecil yang datang dari dalam saklar Genset, baik itu ingin menghidupkan atau mematikan Genset. Nah hal tersebut bisa terjadi ketika memang ada listrik melompat di antara koneksi saat mereka saling menjauh. Tetapi tenang saja, hal tersebut memang normal dalam banyak kasus dan tidak menunjukkan masalah. Namun perlu diperhatikan, percikan api yang lebih besar atau percikan api yang mengeluarkan suara bising merupakan indikasi masalah pada saklar yang ada di Genset.


Koneksi Kabel Longgar

Saklar yang rusak dan mengalami masalah, tentunya dapat membuat berbagai suara listrik, contohnya seperti bunyi klik, desis, letupan, dan dengung. Nah itu bisa terjadi karena memang penyebabnya adalah dari adanya koneksi kabel yang longgar, tetapi ada juga kemungkinan besar itu adalah tanda bahwa saklar Genset memang sedang aus.


Mekanisme Saklar Tidak Sesuai

Ketika saklar Genset Anda gunakan, maka pastinya Anda bisa mendeteksi langsung dari tombol saklar yang memang tidak biasa. Nah jika memang terjadi seperti itu, bisa jadi itu memang saklar yang mengalami masalah. Hal tersebut terjadi karena memang mungkin ada kerusakan fisik saklar, atau memang mekanisme saklar Genset yang aus atau tidak sesuai dengan yang sebelumnya.


Sekian artikel dari kami, yang mana membahas mengenai masalah saklar pada Genset. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Nah bilamana Anda tertarik dengan Genset, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page