Inilah Cara Mengatasi Masalah Selang Industrial Sering Terlepas dan Kendor



Dalam beberapa industri dan proses produksi, tentunya selang bisa menjadi alat yang mendukung untuk segala operasional kegiatan industri. Itu karena slang adalah pembuluh fleksibel yang dirancang untuk membawa cairan dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu, selang memiliki bentuk seperti pipa, tubing, atau silinder, yang mana memang itu bertujuan agar dapat didasarkan pada kombinasi aplikasi dan kinerja.


Namun selang juga memiliki beberapa masalah yang bisa berdampak cukup serius, dimana selang pada industri adalah salah satunya yang bisa mengalami kerusakan. Nah selang industri bisa terkena masalah, seperti selang industri sering terlepas atau bahkan bisa kendor dengan sendirinya. Nah mengapa itu bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya, semua itu akan kami jelaskan kepada anda di artikel ini!


Inilah Penyebab yang Bisa Membuat Selang Industrial Sering Terlepas dan Kendor

  • Kualitas selang buruk, yang dimana selang dengan kualitas buruk maka akan berdampak selang akan mudah lepas dan kendor. Nah ciri selang itu berkualitas buruk adalah selang yang tidak memiliki merek, ditambah lagi bahannya yang bukan terbuat dari bahan selang sebenarnya.

  • Spesifikasi selang tidak sesuai dengan mesin seperti pompa juga dapat memicu selang mudah terlepas dan kendor. Dikarenakan bisa saja selang terlalu besar pada lubang mesin, atau bisa juga sebaliknya yang dimana bisa menyebabkan selang mudah lepas dan kendor.

  • Rakitan selang yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan selang mudah lepas dan kendor. Itu karena bisa jadi adanya pemotongan selang yang benar, sehingga ada beberapa material yang tertinggal dalam selang sehingga saat dioperasikan maka akan membuat momentum selang lepas dengan sendirinya.

  • Getaran mesin terlalu kuat, yang dimana mesin pompa yang tersambung dengan selang bisa saja membuat selang lepas, dikarenakan getaran yang kuat yang membuat sambungan selang lama-kelamaan akan kendor atau bahkan bisa lepas dengan sendirinya.

  • Terlalu sering dibuka pasang, yang dimana masalah ini umumnya terjadi pada selang kualitas rendah. Nah selang yang sering sekali dibuka pasang pada mesin pompa, tentunya akan membuat ujung selang yang terpasang tersebut akan membuatnya longgar, yang dimana bisa menyebabkan selang tersebut lepas dengan sendirinya.

Inilah Cara Tepat Mengatasi Masalah Selang Industrial yang Sering Terlepas dan Kendor

  • Merekatkan ujung selang yang longgar atau melar dengan kabel ties, dimana itu agar selang yang memang berkemungkinan lepas karena kendor bisa kencang kembali. Tetapi perlu diingat, mengencangkan dengan kabel ties pada selang juga tidak boleh terlalu kencang, karena jika begitu maka cairan akan tersumbat alias mampet pada selang yang terpasang dengan kabel ties.

  • Agar selang industrial tidak terlepas dan kendor, maka jauhkan penempatan selang pada objek yang memiliki getaran kuat, karena getaran bisa membuat selang memiliki momentum bergerak yang dapat membuatnya terlepas atau kendor.

  • Selang kendor bisa membuat selang itu lepas dengan sendirinya, oleh karena itu cara mengatasinya bisa dengan menghubungkan selang tersebut pada selang yang kencang.

  • Menggunakan klem pada ujung selang adalah salah satu cara yang juga tepat untuk menghindari dan bahkan mengatasi selang lepas dan kendor. Mengapa itu bisa terjadi? Itu karena klem dapat berperan menjaga sambungan agar tidak mudah terlepas, dikarenakan ia ada pengait layaknya mirip dengan kabel ties.


Jadi itulah penyebab dan juga cara mengatasi masalah selang industrial yang sering terlepas dan kendor, semoga bermanfaat untuk anda, dan juga bisa di share kepada yang lainnya. Salah satu masalah yang bisa membuat selang lepas dan kendor adalah selang yang tidak berkualitas. Maka dari itu penting sekali anda memilih dan menggunakan selang berkualitas seperti selang Toyox, yang dimana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com