top of page

Yuk Simak Masalah Paling Umum yang Terjadi Pada Genset Rumahan



Genset adalah mesin yang dapat menggerakkan pembangkit listrik melalui motor bakar pembakaran dalam. Genset biasanya digunakan ketika ada kekurangan dalam pembangkitan energi listrik di suatu tempat, atau ketika sering terjadi pemadaman listrik. Nah dengan kegunaannya tersebut, Genset menjadi alat yang paling digunakan di banyak tempat, salah satunya cocok untuk di rumahan.


Genset cocok digunakan untuk alat pembangkit listrik cadangan di rumah, karena Genset adalah mesin yang dapat digunakan dan juga mudah untuk mengoperasikannya. Tetapi pastinya penting, karena pemadaman listrik bisa datang kapan saja yang jelas itu sangat merugikan. Namun meski berguna, Genset juga umum ditemukan kerusakan terutama pada Genset rumahan, yang mana itu akan kami jelaskan kepada anda di bawah ini!


Inilah Beberapa Masalah Paling Umum yang Terjadi Pada Genset Rumahan


Mesin Genset Tidak Bisa Menyala

Ini merupakan masalah yang paling umum ditemukan di banyak Genset, tidak terkecuali Genset rumahan. Nah Genset yang tidak bisa menyala sebenarnya juga bisa disebabkan dengan banyak faktor, seperti yang paling umum tidak ada bensin, adanya kotoran, kekentalan minyak pelumas terlalu tinggi, adanya udara dalam sistem penyemprotan bahan bakar, dan lain sebagainya.


Mesin Genset Mengalami Korosi

Tentunya mesin Genset dapat mengalami korosi, yang mana tentu itu sangat berbahaya bagi Genset, terutama saat digunakan. Nah penyebab Genset mengalami korosi tentunya berasal dari tempat penempatan Genset yang kotor, sehingga lama kelamaan Genset menjadi kotor juga yang juga menyebabkan korosi atau karat.


Mesin Genset Tiba-Tiba Mati

Salah satu masalah paling umum juga ditemukan pada Genset rumahan, yaitu ketika dinyalakan dan beberapa waktu kemudian mesin Genset tiba-tiba mati mendadak. Nah penyebabnya bisa berasal dari lubang ventilasi tangki bahan bakar tersumbat, saringan bahan bakar tersumbat, adanya kebocoran pada pipa bahan bakar antara pompa dan saringan, dan lain sebagainya.


Tekanan Minyak Pelumas Tidak Naik

Tekanan minyak pelumas mesin Genset tidak naik, itu merupakan masalah umum yang bisa ditemukan pada banyak Genset, termasuk Genset rumahan. Penyebab masalah itu terjadi adalah dari kekentalan minyak pelumas terlalu tinggi sehingga tidak terhisap oleh pompa, atau adanya udara terhisap masuk melalui pipa hisap pompa, saringan minyak pelumas sumbat, dan lain sebagainya.


Tekanan Minyak Pelumas Berkurang

Nah masalah yang umum juga ditemukan pada Genset rumahan ini, bisa jadi dari kekentalan minyak pelumas berkurang karena terlalu panas sehingga tekanannya berkurang, adanya kebocoran gas pembakaran melalui torak terlalu besar, pipa minyak pelumas rusak atau longgar, dan lain sebagainya.


Mesin Genset Mengalami Overheat

Mesin Genset apapun cenderung mudah terkena overheat. Penyebab Genset overheat tentunya sudah sering terjadi, dikarenakan adanya mesin bekerja tanpa radiator. Selain itu, adanya kekurangan cairan pelumas atau yang membuat mesin bebas dari keausan juga telah umum diketahui sebagai penyebab Genset menjadi terlalu panas. Nah oleh karena itu, cairan pelumas tentunya sangat berfungsi untuk mengurangi gesekan antar logam mesin.


Jadi itulah beberapa masalah yang paling umum ditemukan pada Genset rumahan. Nah bilamana anda tertarik dengan Genset terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi Genset tersebut adalah Genset Tenka, yang dimana Genset Tenka dapat anda miliki atau ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga jadi manfaat untuk anda dalam mengetahui masalah-masalah pada Genset, terutama pada Genset rumahan. Jangan lupa anda bisa share artikel ini kepada mereka yang memang membutuhkan informasi dari artikel ini, baik menggunakan media sosial ataupun media yang ada dan tersedia.


Comentários


bottom of page