top of page

Pentingnya Mekanisme Pelumasan dalam Menjaga Kinerja Hoist



Ada banyak sektor usaha yang bisa membantu perkembangan ekonomi di suatu negara, seperti industrial yang memang juga memiliki peranan penting pada perkembangan ekonomi negara Indonesia. Tentunya untuk menunjang produksi industri yang ada, dibutuhkanlah beberapa peralatan yang memang berperan penting, seperti salah satunya adalah crane dan juga hoist, yaitu alat angkat yang bisa lifting benda besar serta berat.


Dikarenakan memiliki peranan penting di pekerjaan industri, pabrik, proyek, hoist juga sama dengan crane, yakni membutuhkan perawatan khusus agar hoist bisa tahan lama, awet, serta prima selalu saat digunakan. Adapun itu adalah memberikan pelumasan, atau bisa dibilang sebagai lubrikasi. Itu menjadi proses penting yang harus dilakukan hoist, karena memiliki banyak manfaat serta kegunaan bagi hoist itu sendiri.


Inilah Pentingnya Mekanisme Pelumasan dalam Menjaga Kinerja Hoist


Layaknya kendaraan atau mesin lain, pelumas juga sangat berfungsi bagi hoist. Tentu ada berbagai macam fungsi yang diberikan sistem pelumasan dalam kinerja hoist, yang mana ini akan semakin baik jika dilakukan secara bertahap berkala. Adapun sistem pelumasan memang sangat erat dengan penggunaan oli, dimana fungsi utamanya sendiri adalah mengurangi gesekan hingga mencegah terjadi masalah keausan pada mesin.


Jadi tanpa adanya sistem pelumasan yang baik bagi hoist, maka komponen-komponen yang ada dalam hoist pasti tidak akan bekerja secara maksimal. Alhasil seiring berjalannya waktu, hoist pun akan rusak bahkan bisa berdampak melukai seseorang karena berpotensi memicu kecelakaan. Oleh karena penting sekali memberikan pelumasan pada hoist, yang mana itu karena ia memiliki kegunaan lengkap antara lain:


  • Melumasi komponen-komponen hoist yang sistem kerjanya saling bergesekan. Tentunya ini berguna untuk mencegah keausan berlebih ketika saling bersinggungan satu sama lain. Dengan melakukan pelumasan, maka komponen yang saling bergesekan dengan sistem kerjanya tidak lagi menjadi masalah yang menakutkan. Namun agar tidak terjadi kerusakan dan keausan pada beberapa komponen hoist, maka dibutuhkan juga sistem pelumasan yang baik.

  • Sistem pelumasan pada hoist memang penting adanya, karena pelumasan bisa menjadi pendingin bagi hoist itu sendiri. Ini bisa terjadi karena jika ada dua komponen yang saling bergesekan, maka tercipta suhu panas yang cukup tinggi. Jadi dengan adanya pelumas yang mengalir ke komponen tersebut, maka panas akan terserap sehingga ukuran suhu kembali dingin dan tidak ada masalah overheat.

  • Sistem pelumasan pada hoist bisa juga menjadi perapat. Maksud dari fungsi ini adalah kemampuan pelumas yang bisa melumasi bagian-bagian presisi dalam mesin sehingga mencegah terjadinya kebocoran atau keretakan pada komponen hoist.

  • Saat keausan hoist makin tinggi, maka akan ada kotoran besi yang wajib dibersihkan. Jadi dengan begitu, maka pelumas bisa menjadi pembersih dari kotoran besi tersebut.

  • Pelumas bisa berguna untuk mengalirkan kotoran besi pada hoist ke dalam bagian karter atau penampung oli. Dalam penampung oli ini, kotoran besi akan disaring dan dikumpulkan oleh magnet yang telah terpasang.

  • Karena banyaknya komponen hoist yang terbuat dari logam, jadi dikarenakan logam mudah terkena korosi atau karat. Maka tidak heran pelumas menjadi bagian penting untuk diterapkan pada hoist. Ini karena pelumas akan memberikan perlindungan terhadap permukaan sisi luar hoist agar ia tidak mengalami reaksi karatan.


Jadi itulah pentingnya mekanisme pelumasan dalam menjaga kinerja hoist. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda tertarik ingin memiliki hoist atau mungkin crane, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah Elephant Hoist and Crane. Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut terkait crane dan hoist dari Elephant.


Kommentare


bottom of page