Memahami Proses Instalasi Electric Chain Hoist di Crane


Memahami Proses Instalasi Electric Chain Hoist di Crane

Meskipun sudah pernah melihat electric chain hoist, pasti kamu penasaran dengan cara pemasangannya. Pemasangan chain hoist pada crane memiliki tujuan untuk menahan chain hoist dari bagian pengait atau troli.


Chain hoist juga digunakan untuk melakukan distribusi beban antara pengait dan tali pengikat kerekan rantai. Untuk melakukan pemasangan komponen chain hoist, tentu saja harus dilakukan oleh mereka yang ahli di bidangnya.


Proses Pemasangan Electric Chain Hoist


Sebenarnya, proses pemasangan chain hoist juga dapat dilakukan sendiri. Berikut proses pemasangan chain hoist yang bisa diikuti, antara lain:


1. Pahami seluruh panduan manual


Sebelum melakukan pemasangan electric chain hoist, usahakan memahami seluruh isi buku panduan manual terlebih dahulu. Anda bisa membacanya dengan cermat serta mengikuti semua petunjuk.


Ketika melakukan pemasangan, Anda harus mengikuti petunjuk keselamatan yang berkaitan dengan chain hoist baik penggunaan serta keselamatannya.


Bukan hanya itu, Anda juga harus memverifikasi serta memeriksa kekuatan struktur ketika memasang fitur chain hoist. Anda dapat memeriksa katrol, hook, chain, rem dan yang lainnya dengan berhati-hati agar semua fitur bisa berfungsi maksimal.


2. Memasang trolley


Ketika melakukan pemasangan electric chain hoist, pastikan menggunakan trolley yang telah terpasang dengan baik. Anda dapat menggunakan plain trolley maupun electric trolley.


Lakukan pemasangan chain hoist di bagian trolley dengan cara mengencangkan baut serta menyesuaikannya dengan pemasangan unit trolley.


3. Suspense pada chain hoist


Di chain hoist, kamu bisa membuat kait pengaman yang berada di kait atas. Gesper pengait kea rah yang Anda ingini dari unit. Selain itu pastikan Anda melakukan pelepasan pengaman sesudah memasangnya.


Selain itu, Anda juga harus memastikan jika Grendel pengaman yang dimilikinya tidak terbuka. Hal ini dapat menyebabkan chain hoist terlepas saat beban dinaikkan. Pada tahap ini, pemasangan electric chain hoist harus dilakukan dengan hati-hati.


4. Lakukan pengecekan operasional


Ketika sudah selesai melakukan pemasangan, kamu dapat menguji chain hoist serta memastikan chain hoist ini berfungsi dengan optimal. Anda dapat melakukan pengujian beban unit.


Dengan cara menaikkan serta menurunkan beban hingga beberapa kali sebelum menempatkan unit di layanan. Dengan cara ini, Anda dapat mendeteksi dan memperbaiki malfungsi yang terjadi.


Instruksi Instalasi Electric Chain Hoist


Selain memperhatikan instruksi di atas, Anda juga harus memperhatikan instruksi instalasi yang berada pada electric trolley. Berikut instruksi instalasi yang diberikan, seperti:


1. Pahami seluruh petunjuk penggunaan


Anda harus memastikan unit chain hoist dengan keseluruhan, kemudian cari kerusakan yang dapat terjadi selama transportasi. Pada dasarnya, setiap chain hoist akan diuji beban terlebih dahulu sebelum dirancang.


2. Pasang troli dengan baik


Ketika memasang troli, jumlah washer yang berada di kedua sisi plat bagian samping harus sama. Agar bisa menjaga jarak antara tepi track serta rolling wheel, jumlah washer pada electric chain hoist bisa disesuaikan.


Setelah melakukan pemasangan troli pada trek, Anda harus melakukan pengencangan sektrup pada bagian poros tengah kemudian gerakan troli. Pastikan jika sekrup sudah terkunci dengan rapat.


3. Melakukan pemeriksaan operasional


Sebelum menempatkannya pada electric chain hoist, Anda harus menjalankan unit di beban kosong ke atas serta ke bagian bawah selama beberapa kali. Selain itu lakukan pengujian fungsi dengan memastikan switched atas serta bawah berfungsi optimal.


Anda juga bisa memeriksa apakah blok beban sudah dipasang dengan tepat. Anda juga dapat menjalankan beban kosong ke bagian atas dan bawah beberapa kali sembari memeriksa keselarasan.


Itu dia beberapa proses yang harus Anda lalui. Pemasangan chain hoist memang harus diperhatikan dengan baik. Karena nantinya fungsi yang dimiliki electric chain hoist bisa tidak optimal.