top of page

Memahami Spesifikasi Pompa Celup Sebelum Membeli: Panduan Lengkap



Setiap orang yang ingin mempermudah pekerjaannya, maka umumnya mereka akan mengandalkan peralatan khusus. Nah untuk mempunyai peralatan yang dibutuhkan pun, maka orang-orang yang membutuhkan tersebut harus membelinya. Namun asal membeli tanpa terlebih dahulu tahu spesifikasi peralatan yang dibutuhkan, maka itu hanya akan berdampak pada kesalahan atau masalah lainnya untuk Anda atau pekerjaannya.


Seperti halnya pada pompa air seperti model pompa celup, yang mana pompa dengan banyak kelebihan atau keunggulan ini harus dipahami terlebih dahulu sebelum diputuskan untuk membelinya. Bukan hanya menyesuaikan kebutuhan atau harga, mengetahui spesifikasi pompa celup juga turut diharuskan bagi Anda yang berniat membeli pompa celup. Hal itu agar pompa celup yang dibeli tidak salah atau menimbulkan kerugian lainnya untuk Anda.


Inilah Pemahaman Spesifikasi Pompa Celup yang Wajib Diketahui Sebelum Membelinya


Pompa air seperti juga pada pompa celup, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk memindahkan fluida seperti air, gas, atau lumpur. Setiap sistem pompa selalu terdiri atas pompa, pipa, dan valve. Namun juga dapat ditambahkan alat lain seperti strainer, pressure gauge, flow meter, dan bahkan juga sensor temperatur. Nah untuk tidak salah dalam memahami spesifikasi pompa celup, yang mana itu penting agar Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan Anda, maka Anda wajib terlebih dahulu ketahui spesifikasi yang ada pada pompa celup.


Spesifikasi Head

Head pada pompa celup merupakan suatu besaran spesifik dari tekanan air di atas titik referensi tertentu (datum) yang ditunjukkan berupa ketinggian permukaan air, yakni dalam satuan panjang. Jadi Anda yang ingin membeli pompa celup, maka tentukan dahulu berapa ketinggian air yang Anda inginkan pada suatu pompa celup pilihan Anda.


Spesifikasi Static Suction Head

Ini merupakan ketinggian vertikal dari liquid yang turun karena gravitasi menuju inlet pompa. Oleh karena demikian, tidak hanya ketinggian horizontal yang perlu diperhatikan pada spesifikasi pompa celup yang Anda inginkan, tetapi itu juga termasuk pada ketinggian vertikal. Dikarenakan mengalirkan cairan atau fluida bisa juga dalam kondisi vertikal.


Spesifikasi Static Discharge Head

Ini merupakan spesifikasi pada pompa celup yang menunjukan kepada Anda semua mengenai ketinggian vertikal dari titik pusat pompa celup ke titik tujuan yang tertinggi. Jadi perhatikan beberapa tujuan yang dibutuhkan Anda, barulah setelah itu pertimbangkan dengan spesifikasi ini.


Spesifikasi Static Suction Lift

Untuk spesifikasi ini sendiri merupakan spesifikasi pompa celup yang berkaitan dengan ketinggian vertikal dari permukaan air yang harus dipompa ke atas oleh pompa celup terhadap pusat pompa.


Spesifikasi Total Static Head

Total static head dari pompa celup yang Anda ingin beli, merupakan suatu spesifikasi yang menandakan tentang ketinggian vertikal total dari permukaan air inlet terhadap permukaan air outlet pompa celup.


Spesifikasi Net Positive Suction Head

Pengertian sederhana dari Net Positive Suction Head (NPSH) adalah besar total dari suction head untuk mencegah timbulnya evaporasi di titik tekanan terendah pada pompa celup. Tentunya pun ini juga perlu diperhatikan dari pemilihan pompa celup yang Anda semua mau beli.


Spesifikasi Dry Weight

Dry Weight atau berat kering, merupakan spesifikasi yang ada pada pompa celup dalam menunjukan berat komponen yang memang bisa diangkut oleh pompa celup. Memperhatikan ini maka Anda mengetahui standar pengerjaan dari pompa celup yang Anda pilih.


Itulah pemahaman spesifikasi pompa celup yang perlu diketahui atau dipahami sebelum membeli pompa celup. Semoga jadi manfaat teruntuk Anda semua. Jika Anda ingin memiliki pompa celup atau menggantinya dengan yang terbaik serta berkualitas, maka rekomendasi kami adalah pompa celup Tsurumi yang berada di IndahJaya.com


bottom of page