top of page

Inilah Cara Memaksimalkan Hasil Perkebunan dengan Pompa Celup



Suatu kegiatan yang mengusahakan tanaman tertentu pada tanah dan/atau media tumbuh lainnya dalam ekosistem yang sesuai, seperti mengolah dan memasarkan barang dan jasa hasil tanaman tersebut dengan bantuan ilmu, merupakan hal yang dinamakan sebagai perkebunan. Dalam prosesnya hingga membuahkan hasil, perkebunan memiliki peran penting dalam banyak kebutuhan, seperti kebutuhan pangan dan nabati, atau sebagainya.


Pastinya dalam menjalankan prosesnya, perkebunan membutuhkan waktu, tenaga, serta peralatan yang memang dapat menunjang proses perkebunan menjadi sebagaimana mestinya. Nah salah satunya adalah proses pemberian air yang memang termasuk dalam salah satu cara ampuh untuk memberikan perawatan pada hasil perkebunan. Tidak hanya itu, dengan pompa celup pun, memaksimalkan hasil perkebunan dapat terwujud secara nyata.


Inilah Cara Memaksimalkan Hasil Perkebunan dengan Pompa Celup


Melakukan Intensifikasi Perkebunan

Cara ini adalah cara jitu bagi perkebunan yang memiliki luas lahan yang sempit. Adapun caranya adalah dengan melakukan langkah intensifikasi perkebunan. Intensifikasi perkebunan merupakan langkah untuk memanfaatkan semaksimal mungkin lahan yang ada. Bahkan ada juga yang tidak hanya memanfaatkan sawah, melainkan juga dengan metode hidroponik. Pengerjaan dari intensifikasi perkebunan ini adalah dengan memilih bibit unggul, rutin melakukan pemupukan, hingga memberantas hama.


Cara ini pun memerlukan pompa celup sebagai alat dalam memberikan sumber air kepada bibit unggul, yang mana dapat diterapkan dalam tanah. Nah apabila intensifikasi perkebunan ini dilakukan secara konsisten, maka tentu itu akan mendapatkan hasil yang maksimal dan mengurangi kerugian para pemilik kebun.


Ekstensifikasi Perkebunan

Ekstensifikasi adalah usaha meningkatkan hasil perkebunan dengan cara memperluas lahan. Contohnya seperti membuka hutan dan semak belukar, daerah sekitar rawa-rawa, hingga daerah perkebunan yang belum dimanfaatkan. Umumnya, ekstensifikasi ini ada pada sektor pertanian, yang mana itu banyak dilakukan di daerah jarang penduduk seperti di luar Pulau Jawa.


Alasannya karena disana masih banyak lahan yang bisa digunakan sebagai lahan pertanian atau perkebunan yang cukup luas. Peran pompa celup disini pun dapat memberikan sumber air yang terhubung melalui sambungan pipa yang terpasang, sehingga jarak jauh dari lahan luas pun bukan masalah bagi perkebunan.


Diversifikasi Perkebunan

Adalah cara meningkatkan hasil perkebunan dengan cara menanam beberapa jenis tanaman dalam satu lahan pertanian, yakni dengan sistem pompa celup sebagai sumber airnya. Adapun praktik yang paling sering dijumpai adalah menanam padi dan jagung sekaligus dalam satu lahan, yang tidak lupa diberikan sumber air secara konstan oleh pompa celup.


Mekanisasi Perkebunan

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan hasil perkebunan adalah dengan mekanisasi pertanian. Itu karena perkebunan di Indonesia tergolong perkebunan yang cukup kuno karena tertinggal oleh perkebunan yang dilengkapi dengan peralatan canggih. Jadi cara ini adalah dengan mengandalkan perkembangan teknologi yang dapat membantu meningkatkan hasil perkebunan yang cepat dan efisien. Mulai dari alat berkebun, hingga dalam saluran air untuk memberikan kebutuhan cairan dengan menggunakan pompa celup pada tanaman perkebunan.


Rehabilitasi Perkebunan

Merupakan cara yang dapat digunakan dengan memperbaiki lahan perkebunan yang semula tidak produktif menjadi lahan produktif, salah satunya mengganti aliran pompa dengan sistem mekanisme pompa celup. Selain itu cara ini juga mengharuskan bisa mengganti tanaman yang sudah tidak produktif menjadi tanaman yang lebih produktif lagi.


Itulah cara memaksimalkan hasil perkebunan dengan pompa celup. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua. Jika Anda tertarik dengan pompa celup, maka kami rekomendasikan yang terbaik dan berkualitas dari Tsurumi. Mengenai pompa celup Tsurumi, Anda bisa mendapatkannya dan mengetahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page