top of page

Memasang Pompa Air Celup Sumur Bor? Perhatikan Hal Ini


Memasang Pompa Air Celup Sumur Bor Perhatikan Hal Ini

Pompa air celup sumur bor merupakan pilihan tepat untuk mendapatkan pasokan air bersih dalam rumah tangga. Karena produk ini mampu menjangkau kedalaman yang lebih jauh daripada produk jenis lain.


Sebenarnya sumur bor terdiri atas dua jenis. Yakni dangkal dan dalam. Pada jenis sumur dalam, kedalamannya lebih dari 10 meter. Maka tidak akan cocok bila memakai pompa air hisab untuk sumur dangkal.


Namun, apabila sumur di rumah Anda kurang dari 10 meter, submirsable pump juga bisa dipakai. Karena memang produk ini terbagi ke dalam beberapa tipe yang bisa disesuaikan dengan keperluan pengguna.


Hal Penting Saat Memasang Pompa Air Celup Sumur Bor


Sebelum memutuskan untuk memasang pompa air, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika tidak, nantinya produk tidak akan bekerja dengan maksimal. Simak penjelasannya di bawah ini.


Mengukur Kedalaman Air


Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah ukuran kedalaman air sumur. Apabila tidak mengukurnya, bisa meminta bantuan tukang khusus. Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa ada sumur dangkal dan dalam.


Jika kedalaman kurang dari 14 meter maka perlu memakai produk khusus sumur dangkal. Namun, jika kedalaman lebih dari 14 meter, lebih baik memakai pompa air celup sumur bor khusus sumur dalam.


Ketinggian Kran Air di Rumah


Ketinggian kran akan berbeda untuk setiap lantai bangunan. Pada lantai satu rumah, biasanya ketinggian kran ialah 1,8 meter. Sementara pada lantai 2 umumnya bisa mencapai 5 meter.


Mendorong air dari sumber menuju kran berarti melawan gravitas bumi. Maka, semakin tinggi lantai dan kran, tekanan yang diperlukan juga semakin tinggi. Jadi, untuk lantai atas memerlukan pompa dengan tekanan tinggi.


Sesuaikan Kebutuhan Listrik


Biasanya, jika terdapat pompa air celup sumur bor dengan watt besar, beberapa peralatan lain harus dimatikan. Agar listrik tetap menyala. Karena biasanya jika terlalu besar watt dari setiap peralatan elektronik, listrik akan mati.


Sebenarnya, pompa air celup untuk sumur bor mempunyai watt kecil. Namun tentu ada perbandingan untuk setiap merek. Anda perlu memilih merek yang memakai watt kecil agar tidak perlu mematikan perabotan listrik lain di rumah.


Cara Memasang Pompa Air Celup Sumur Bor


Memasang submersible pump tidak sama dengan jenis lainnya seperti jet pump. Jika belum mengetahui caranya, tidak perlu kebingungan. Cukup menyimak panduan lengkap di bawah ini.


Memasang Kabel


Tidak semua pompa jenis ini dilengkapi dengan kabel. Apabila belum terpasang kabel, maka Anda perlu memasangnya terlebih dahulu. Apabila tidak mempunyai kemampuan dalam hal ini bisa memilih tipe yang sudah tersambung kabel.


Mengikat dengan Tali


Langkah berikutnya ialah mengikat pompa air celup sumur bor memakai tali. Umumnya tali yang dipakai ialah sling kawat anti karat. Produk diikat dengan tujuan agar posisinya ideal di dalam sumber air.


Selain itu, jika suatu saat terjadi kerusakan pada produk, Anda bisa mengangkatnya dengan mudah. kemudian bisa memperbaikinya sesuai dengan masalah yang terjadi.


Memasang Pipa


Setelah selesai mengikat tali pompa air celup sumur bor, langkah selanjutnya ialah memasang pipa paralon. Agar mampu bertahan lama, pastikan memilih pipa paralon berkualitas. Daripada memilih yang murah lalu cepat rusak.


Memasukkan Pompa ke dalam Sumur


Setelah semua langkah di atas, berikutnya adalah memasukkan pompa ke dalam sumur dengan hati-hati. Jika sudah, coba dinyalakan untuk tes produk. Mungkin Anda akan mendapati semburannya lebih kuat daripada mesin jenis lain.


Salah satu merek yang mengeluarkan submersible pump ialah Tsurumi. Produk dari Tsurumi ini menyediakan kabel, tahan panas, hemat listrik, tahan lama, dan mampu mendorong air dengan cepat. Cukup hubungi kami apabila ingin membeli produknya.


Ada banyak sekali submersible pump di pasaran. Setiap merek menyediakan keunggulan masing-masing. Selain memperhatikan kualitas produk, perlu memperhatikan cara pemasangan pompa air celup sumur bor yang benar.


Opmerkingen


bottom of page