Membeli Selang Berdasarkan Ukuran Selang Air yang Sesuai


Membeli Selang Berdasarkan Ukuran Selang Air yang Sesuai

Ada berbagai jenis selang air dilihat dari bahan baku serta ukuran selang air. Selang air berfungsi untuk mengalirkan air dari sumber air ke lokasi yang cukup jauh. Hal ini tentu sangat bermanfaat dalam meringankan pekerjaan agar air tidak tumpah dan mudah dipindahkan.


Beberapa bahan yang biasa digunakan untuk selang adalah PVC, karet, vinyl dan stainless steel. Selang air bahan PVC mudah dijumpai di pasaran dan harganya cukup terjangkau. Bahan karet biasanya lebih awet dan kuat dibandingkan bahan PVC.


Selang berbahan stainless steel digunakan untuk air dengan rentang suhu tinggi dan rendah. Biasanya selang ini digunakan pada water heater atau shower. Karena karakteristiknya ini, selang stainless steel memiliki harga yang cukup mahal.


Dibandingkan bahan – bahan sebelumnya, vinyl adalah yang paling tipis dan memiliki harga yang paling murah. Namun juga memiliki konsekuensi lebih mudah robek. Sebelum membeli selang air, sebaiknya Anda membaca tips ukuran selang di bawah ini.


Perhatikan Ukuran Selang Air Sebelum Membeli


Sebelum membeli selang, pastikan selang yang Anda beli memiliki kriteria yang sesuai dengan yang dibutuhkan.


1. Mengukur Panjang Selang yang Dibutuhkan


Menyesuaikan panjang selang dengan lokasi harus dilakukan sebelum membeli selang. Jangan sampai selang terlalu pendek sehingga tidak dapat menjangkau lokasi yang dibutuhkan. Atau selang terlalu panjang sehingga air terlalu lama keluar.


2. Menyamakan Ukuran Selang Air dengan Kepala Keran


Ada beberapa ukuran keran yang biasa digunakan yaitu ½ inchi, 5/8 inchi atau ¾ inchi. Ukur terlebih dahulu dimeter keran agar selang dapat masuk dengan baik. Ada beberapa ukuran selang yang dapat Anda pilih, yakni:


A. Selang ¼ inchi


Selang ini berukuran paling kecil, biasa digunakan untuk aquarium atau menyamakan ketinggian pada pekerjaan konstruksi.


B. Selang ½ inchi


Ukuran keran ½ inchi sering digunakan dalam perumahan. Akibatnya, ukuran selang air ini juga mudah dijumpai. Selain itu debit air yang keluar sedang dan cukup, tidak terlalu sedikit atau banyak.


C. Selang ¾ inchi


Keran ukuran ¾ inchi banyak dijumpai untuk keperluan di halaman seperti untuk mencuci motor atau menyiram kebun.


D. Selang 1 inchi


Ukuran selang air ini masih sering digunakan di pedesaan untuk menyambung pipa paralon.


3. Memilih Bahan yang Berkualitas


Jangan memilih selang dengan harga yang terlalu murah, karena dikhawatirkan selang tersebut mudah robek dan tidak awet. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membengkokkan selang. Bila terdapat bekas lipatan maka selang tersebut berkualitas rendah.


4. Memilih Selang dengan Jaring di dalamnya


Jaring halus di bagian dalam selang berfungsi sebagai penguat selang agar selang lebih awet dan tahan lama. Harganya pun sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan selang tanpa jarring.


Membersihkan Selang Air yang Kotor dan Berlumut


Selang air yang tidak dijaga kebersihannya mudah menjadi kotor dan berlumut. Hal itu dapat mengganggu kelancaran debit air yang keluar pada semua ukuran selang air. Namun selang air yang kotor dan berlumut dapat dibersihkan dengan beberapa cara berikut ini:


1. Dijemur di Bawah Sinar Matahari


Menjemur selang sebentar dapat membuat lumut menjadi kering. Setelah itu, Anda dapat menginjak selang dengan hati – hati agar lumut terlepas dari permukaan selang bagian dalam.


2. Mengalirkan Air dengan Tekanan Tinggi


Setelah lumut terlepas dari permukaan dalam selang, selanjutnya alirkan air dengan tekanan tinggi agar lumut keluar bersama air.


3. Menggunakan Kerikil Kecil


Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kerikil kecil atau potongan spons untuk membersihkan lumut. Yaitu dengan cara memasukkan kerikil atau potongan spons ke dalam selang kemudian mengalirkan air ke dalamnya.


Menjaga kebersihan selang membuat selang Anda tetap awet dalam jangka panjang. Namun sebelum membeli, Anda perlu memperhatikan ukuran selang air dan bahan selang yang digunakan.