top of page

Bisakah Membuat Air Mancur dari Bambu? Yuk Simak Disini



Bambu merupakan salah satu tanaman yang terkenal dengan pertumbuhan yang paling cepat. Hal itu karena memang ia memiliki sistem rhizoma-dependen unik, sehingga dengan begitu ia mampu dalam sehari untuk tumbuh sepanjang 60 cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam. Ada banyak sekali bambu untuk kehidupan makhluk hidup, seperti salah satunya juga untuk para manusia.


Bambu sangat bermanfaat bagi manusia, dikarenakan ia dapat dibuat menjadi suatu senjata bambu runcing, yaitu senjata yang memang sangat diandalkan oleh para pejuang Indonesia dalam mengusir penjajah pada zaman penjajahan Indonesia yang dulu. Namun tidak hanya itu, bambu pun bisa berguna atau berubah menjadi suatu alat yang sangat indah, yaitu alat berupa air mancur. Nah bambu bisa dibuat sebagai air mancur, yang mana caranya seperti di artikel ini!


Inilah Cara yang Benar dan Tepat dalam Membuat Air Mancur dari Bambu

Mempersiapkan Segala Alat yang Dibutuhkan Untuk Membuat Air Mancur dari Bambu

Membuat air mancur dari bambu tentunya itu sangat bisa dilakukan, hal itu dikarenakan memang air mancur dari bambu sudah tidak menjadi suatu air mancur yang tidak mengagetkan, karena air mancur dari bambu sudah ada diterapkan di banyak tempat. Nah jadi dengan demikian, membuat air mancur dari bambu pastinya sangat bisa, yang mana cara pertamanya adalah dengan mempersiapkan segala alat yang akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Beberapa ruas bambu yang memang sudah bersih, atau bisa juga kurang lebih memiliki 4 ruas bambu.

  • Tentunya untuk membuat air mancur dari bambu akan menggunakan teknik memotong, sehingga diperlukan alat berupa gergaji.

  • Selain ada cara memotong, air mancur yang terbuat dari bambu pun adalah air mancur yang bisa dibuat dengan mengandalkan mesin bor.

  • Agar mempererat tiap bahan dari pembuatan air mancur bambu ini, maka alat perekat seperti lem terbaik dan berkualitas bisa Anda persiapkan.

  • Kemudian ada alat berupa amplas yang memang bisa digunakan untuk mengamplas.

  • Terakhir dan tidak kalah penting adalah water pump, tetapi kami rekomendasi pompa air terbaik seperti pompa celup.


Inilah Cara Membuat Air Mancur dari Bambu yang Bisa Diikuti

Berikut adalah cara untuk membuat air mancur dari bambu, yang mana cara tersebut bisa Anda ikuti atau bahkan modifikasi sesuai dengan yang Anda inginkan atau mau. Nah caranya, yakni Anda harus:

  1. Memotong 3 ruas bambu dengan diameter sekitar 10 cm menjadi tiga ukuran yang berbeda, misalnya 50 cm, 30 cm, dan 20 cm.

  2. Setelah dipotong, amplas ujung bambu agar lebih rapi dan halus.

  3. Susun bambu sesuai selera, yang kemudian dilanjutkan dengan membuat lingkaran kecil untuk mengalirkan air dari satu bambu ke bambu lainnya.

  4. Potong bambu dengan diameter yang lebih kecil, kemudian sesuaikan dengan lingkaran kecil yang dibuat sebelumnya.

  5. Tata bambu agar air bisa mengalir dari satu bambu ke bambu yang lain. Kemudian rekatkan semua bambu dengan lem dan paku agar itu menyatu dengan sempurna.

  6. Selanjutnya, Anda bisa buat alas bambu untuk menopang air mancur yang sudah Anda buat sebelumnya. Perlu Anda ketahui, bahwa besar dan panjang alas bambu ini bisa Anda sesuaikan dengan wadah air atau kolam air yang ingin dipakai.

  7. Anda bisa paku alas bambu dan satukan dengan air mancur buatan Anda.

  8. Masukkan selang lewat lingkaran bambu yang paling tinggi dan bawa selang hingga ke bawah alas bambu, lalu hubungkan dengan water pump seperti pompa celup.

  9. Kemudian letakkan air mancur ke dalam wadah yang sudah berisi air atau kolam.

  10. Nah kemudian jika sudah, maka Anda bisa menyalakan pompa celup dan air mancur yang sudah selesai dibuat.

Itulah cara membuat air mancur dari bambu, yang mana memang sangat memungkinkan untuk dibuat. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat untuk Anda semua, terutama jika Anda ingin mempunyai air mancur yang terbuat dari bambu. Membuat air mancur dari bambu bisa membutuhkan pompa air seperti pompa celup, yang mana yang terbaik dan berkualitas adalah pompa celup Tsurumi. Mengenai pompa celup Tsurumi, Anda bisa ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page