Cara Membuat Filter Kolam Ikan Sendiri yang Wajib Untuk Anda Ketahui



Tempat tinggal yang bersih adalah cerminan hidup yang sehat, dan itu tidak hanya berlaku bagi manusia tetapi juga untuk beberapa para binatang hingga tumbuhan. Contohnya jika ada kandang binatang yang kotor, maka itu akan berpotensi membuat penghuni kandang tersebut terkena penyakit, dan bisa saja bisa tertular pada yang lainnya.


Nah begitu juga dengan kolam, meskipun hanya terdiri dari air, tetapi kolam juga bisa kotor dengan caranya sendiri. Maka dari itu dibutuhkan filter yang bisa mengatasi masalah kotor pada kolam ikan, dan juga beberapa masalah lainnya. Filter kolam ikan ternyata bisa dibuat sendiri oleh anda, dimana tentunya lebih bermanfaat ketimbang harus membelinya. Dan untuk cara bikin filter kolam ikan secara sendiri, maka anda bisa mengetahuinya dengan menyimak artikel ini!

Fungsi Filter Pada Kolam Ikan yang Perlu Anda Ketahui

Seperti yang kami sudah jelaskan kepada anda, filter pada kolam ikan memiliki kegunaan dan fungsi yang sangat penting pada kolam ikan. Dan untuk lebih jelasnya dan detail mengenai fungsi dan kegunaan filter kolam ikan, maka anda bisa ketahui di bawah ini!

Fungsi dan kegunaan filter kolam ikan adalah:

  • Membuat kolam ikan menjadi jernih

  • Membuat kolam ikan menjadi tidak berbau

  • Dapat memberikan air yang baik kepada penghuni kolam ikan

  • Sangat minim berpotensi munculnya lumut pada sudut atau dasar kolam ikan

Inilah Cara Membuat Filter Kolam Ikan Sendiri yang Bisa Anda Tiru

Untuk membuat filter kolam ikan sendiri, pertama dan paling penting anda harus siapkan beberapa alat atau benda yang dibutuhkan. Benda yang dibutuhkan dalam membuat kolam ikan sendiri adalah pipa air, pasir silika, kapas filter, batu zeolit ukuran besar, ferolite, wadah kosong, dan karbon aktif. Lalu untuk tahapan cara membuatnya, anda bisa ikuti instruksinya di bawah ini!

Tutorial Membuat Filter Kolam Ikan Sendiri

  1. Simpan kapas filter di bagian bawah wadah kosong yang sudah anda siapkan sebelumnya. Dimana peran kapas di sini adalah sebagai penyaring terakhir dari air kotor kolam ikan.

  2. Berikutnya anda langsung tutupi permukaan kapas dengan batu zeolit yang berukuran besar hingga merata.

  3. Selanjutnya anda tambah lagi kapas filter yang lebih tipis dari sebelumnya di atas batu zeolit. Nah fungsi kapas filter ini adalah sebagai sekat antara bahan penjernih yang lain.

  4. Lalu langsung tutupi lagi lapisan kapas filter dengan karbon aktif yang sudah anda siapkan.

  5. Lalu tutupi kembali karbon aktif dengan kapas filter yang tipis.

  6. Pada atas karbon filter tersebut, anda bisa letakkan ferolite dan tutup kembali dengan kapas filter.

Jadi itulah beberapa cara agar anda bisa membuat kolam ikan secara sendiri, dimana memiliki banyak manfaat seperti menghemat biaya, bisa disesuaikan dengan kolam ikan anda, dan yang paling penting bisa menambah pengalaman anda. Namun selain filter, anda juga perlu menggunakan pompa air untuk kesehatan dan kebersihan, dimana salah satu merk terbaiknya adalah Tsurumi tipe Landscape, karena dengan itu anda juga bisa membuat air mancur buatan. Dan untuk lebih detail dan jelas, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjutnya.


Sekian artikel pada kesempatan kali ini, kiranya bisa menjadi manfaat untuk anda sebagai penambah wawasan anda dalam kolam ikan, terutama dalam pembuatan filter kolam ikan buatan sendiri. Jadi jangan lupa dalam kolam ikan, anda perlu filter dan pompa air seperti Tsurumi tipe Landscape, karena itu bisa membuat kolam ikan anda semakin bersih dan sehat.