Inilah Cara Membuat Kolam Ikan Lele dari Terpal dengan Menggunakan Pompa Celup



Kolam memang berguna untuk menampung ikan, baik untuk ikan hias dan pelihara, maupun untuk budidaya ikan. Namun untuk budidaya ikan, kolam sebenarnya kurang cocok karena pembuatannya lebih mahal. Oleh karena itu, biasanya para pengusaha budidaya ikan akan lebih memilih menggunakan kolam yang terbuat dari terpal, dibanding harus membuat kolam pada umumnya.


Tentunya membuat kolam ikan dengan terpal tidak mudah, karena dibutuhkan persiapan dan juga pengetahuan yang cukup. Nah maka dari itu bagi anda yang sedang mencari cara untuk bikin kolam ikan dengan terpal, yang mana juga cocok untuk budidaya ikan lele. Maka simak artikel pada kesempatan kali ini selengkapnya, dimana kami akan berikan caranya dengan juga menggunakan pompa celup.

Cara Membuat Kolam Ikan dari Terpal yang Juga Cocok untuk Kolam Ikan Lele

Selain bisa berguna untuk budidaya ikan dan sering untuk ikan lele, kolam menggunakan terpal juga cocok dijadikan sebagai kolam untuk penampungan ikan-ikan hias. Nah berikut ini adalah 2 cara yang bisa anda tiru untuk membuat kolam ikan:


Inilah Cara Membuat Kolam Ikan dari Terpal di Atas Tanah

  1. Yang pertama anda harus mempersiapkan beberapa bahan yang diperlukan. Bahan yang diperlukan pastinya ada terpal yang banyak, semen, pasir, pipa, bambu, batu bata, dan sebagainya yang jika anda rasa kurang.

  2. Setelah anda sudah mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk membuat kolam, maka berikutnya anda bisa membuat denah kolam ikan yang anda inginkan, seperti luas, lebar, ataupun tinggi yang anda inginkan.

  3. Untuk kolam ikan terpal pada bagian atas tanah, maka anda bisa mengikuti rekomendasi dari kami. Yaitu ukurannya 2x3x1 meter atau 4x5x1 meter, dan sebagainya karena itu semua tergantung kemauan anda dan ukuran yang ada.

  4. Setelah dirasa semua ok dengan persiapan yang lengkap, maka anda rancang rangka atau pondasi kolam ikan terpal anda. Biasanya berbentuk persegi panjang, atau bentuk lain tergantung lahan yang bisa anda gunakan.

  5. Apabila sudah membuat pondasi, maka berikutnya anda pasang terpal di pondasi tersebut, dan pastikan kuat dan aman.

  6. Nah jangan lupa juga, anda buat saluran keluar masuk air, dimana anda bisa juga mengandalkan pompa celup pada kolam ikan terpal anda.

  7. Sebelum benar-benar digunakan dan diisi penghuni kolam seperti ikan lele, pastikan anda bersihkan terlebih dahulu kolam ikan terpal anda.

Inilah Cara Membuat Kolam Ikan dari Terpal di Bawah Tanah

  1. Yang pertama anda harus mempersiapkan beberapa bahan yang diperlukan. Bahan yang diperlukan pastinya ada terpal yang banyak, semen, pasir, pipa, cangkul, meteran, dan sebagainya yang jika anda rasa kurang.

  2. Setelah anda sudah mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk membuat kolam, maka berikutnya anda bisa membuat denah kolam ikan yang anda inginkan, seperti luas, lebar, ataupun tinggi yang anda inginkan.

  3. Untuk kolam ikan terpal di bawah tanah, anda bisa gunakan ukuran rekomendasi kami. Yaitu ukurannya biasanya adalah 2 x 3 x 1 dengan luas terpal 4 x 5 m.

  4. Setelah 3 cara diatas sudah, maka berikutnya adalah eksekusi pembuatannya, dimana terlebih dahulu anda tancapkan pasak pada lahan yang sudah diukur menggunakan meteran sesuai dengan kondisi dan keinginan anda.

  5. Berikutnya anda gali menggunakan cangkul ataupun cara yang anda inginkan untuk menggali tanah. Dan pastikan sudah diukur kedalaman yang anda inginkan.

  6. Lalu selanjutnya anda buat lubang pembuangan dan masuknya air ke dalam kolam, dimana anda bisa menggunakan pompa celup sebagai pompa andalan untuk anda pada kolam ikan terpal anda.

  7. Terakhir, yaitu dengan memasukan terpal kedalam lubang yang telah anda gali sebelumnya.

  8. Sebelum diisi, pastikan anda cek dan lihat kembali apakah ada kesalahan atau tidak.

Jadi itulah cara agar anda bisa membuat kolam ikan dari terpal, yang mana juga cocok untuk kolam ikan lele anda. Perlu diperhatikan, pompa pada kolam sangat diperlukan, dan anda bisa mengandalkan pompa celup Tsurumi sebagai pompa andalan anda untuk kolam ikan terpal anda. Selain untuk kesehatan dan kebersihan kolam ikan dari terpal, dengan pompa Tsurumi anda juga bisa membuat pancuran air buatan, dan untuk detail serta keterangan lengkapnya maka anda bisa kunjungi IndahJaya.com