Inilah Cara Membuat Kolam Renang Ukuran Besar yang Berkualitas



Kolam adalah suatu wadah yang bisa berisikan air didalamnya, biasanya juga kolam digunakan sebagai suatu hal yang dapat membantu memperindah suatu tempat, baik itu rumah, hotel, dan tempat lain sebagainya. Selain itu dengan kolam seperti kolam renang sendiri, dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik, dikarenakan berenang dapat meningkatkan detak jantung, membangun kekuatan otot, dan sangat bagus untuk kebugaran kardiovaskular.


Melihat banyak manfaat dan kegunaan kolam renang, maka pastinya bisa membuat anda tertarik dalam mempunyai kolam renang, apalagi jika kolam renang tersebut berukuran besar. Nah bagi anda yang memang ingin membuat kolam renang dengan ukuran besar, maka anda bisa mengetahui caranya dengan menyimak artikel ini selengkapnya!

Inilah Cara-Cara dalam Membuat Kolam Renang Ukuran Besar yang Berkualitas

1. Siapkan Lahan

Pertama anda perlu siapkan lahan, dan karena ingin berukuran besar, maka anda bisa terapkan pada luas, lebar yang sangat besar, seperti dengan lebar 25 meter atau sebagainya yang sesuai bagi ukuran besar kalian. Setelah sudah menentukan lahannya, maka berikut kalian ukur dengan tepat agar nantinya bisa mempermudah kalian dalam menggali calon kolam renang anda tersebut.

2. Tentukan Kedalaman Kolam

Namanya juga kolam, pastinya membutuhkan kedalaman yang tepat, karena jika tidak maka itu bukan kolam renang namanya. Anda perlu tentukan kedalaman pada kolam renang besar anda, seperti kedalaman yang wajar di pada tingkat 1-2 meter, tetapi itu secara bertahap alias tidak langsung kolam menuju pada 2 meter. Berbeda jika memang anda ingin kolam renang untuk tempat wisata, maka biasanya kolam akan lebih dalam tergantung dengan kondisi yang ada.

3. Mempersiapkan Bahan-Bahan dalam Membuat Kolam

Berikut ini adalah bahan-bahan utama yang diperlukan dalam membuat kolam renang besar:

  • Keramik roman mozaik

  • Bata hebel

  • Lisplang GRC

  • Semen

  • Semen atau mortar perekat hebel

  • Semen nat keramik

  • Cat waterproof

  • Paku beton

  • Clean out penutup lubang septic tank dari PVC

  • Pasir 1 kubik dan batu split

  • Pipa air paralon PVC

4. Pasang Bata Hebel yang Telah Dipersiapkan Sebelumnya

Berikutnya anda tinggal eksekusi pembuatan kolam renang besar anda, dimana setelah anda mempunyai beberapa bata hebel yang cukup untuk kolam renang besar anda, maka anda hanya perlu tumpukan bata hebel berdasarkan ketinggian yang anda inginkan. Setelah itu, maka tumpukan bata hebel bisa anda rekatkan dengan menggunakan mortar.

5. Pengecoran Pada Bata Hebel yang Sudah Dipasang

Setelah anda sudah memasang bata hebel sesuai dengan ukuran kolam renang besar anda, maka untuk selanjutnya anda tinggal melakukan plester di permukaan bagian luar kolam tersebut. Setelah itu anda cor bagian dalam kolam renang menggunakan semen yang telah disiapkan sebelumnya.

6. Pasang Keramik Pada Kolam Renang

Tidak mungkin kolam renang tidak menggunakan keramik pada dinding kolamnya, dan tentunya tidak ada yang menerapkan kolam seperti itu saat ini. Anda bisa memasangkan keramik pada dinding dan lantai bawah kolam renang anda, dan pastikan anda pasang dengan rapi dan tepat serta presisi, agar kolam tidak rusak dan tidak menimbulkan masalah lain.

7. Dekorasi Sesuai dengan yang Anda Mau

Pada tahap ini bisa anda skip atau tidak, karena ini hanya untuk keindahan semata pada kolam renang. Jika memang anda ingin dekorasi lebih pada kolam renang anda, maka anda pada tahap ini boleh menambahkan sesuatu, bisa menggunakan lisplang grc motif kayu, ataupun sebagainya sesuai dengan selera anda.

8. Isi Kolam dengan Air yang Cukup

Di tahap ini maka kolam renang ukuran besar yang anda inginkan sudah selesai, tetapi belum bisa digunakan karena belum terisi air. Anda bisa isi air kolam renang anda dengan mengandalkan pompa air, ataupun bisa mengisinya dengan manual jika anda tidak masalah dengan waktu dan tenaga. Dan pastikan air anda bersih dan sehat untuk kolam renang anda.


Dan itulah cara membuat kolam renang ukuran besar yang berkualitas, semoga anda mengerti dan pahami, terutama ketika ingin membuat kolam renang. Anda bisa bagikan artikel ini kepada yang lainnya agar mereka juga tahu cara membuat kolam renang besar yang berkualitas. Kolam akan berkaitan dengan pompa, dan pompa terbaik untuk anda adalah pompa celup merk Tsurumi, dimana itu bisa anda ketahui lebih lengkap di IndahJaya.com