Inilah Cara Membuat Laporan Perawatan Genset Agar Tetap Awet



Genset adalah alat pembangkit listrik yang bisa diandalkan dan digunakan di saat keadaan tidak ada pasokan listrik dari pusat PLN. Nah tentunya Genset perlu dirawat dan dijaga, terutama Genset yang sering digunakan pada setiap hari dalam melakukan kegiatan operasionalnya. Hal itu tentunya agar berguna membuat Genset semakin awet dan tahan lama, atau bahkan tidak menimbulkan masalah serius apapun.


Anda pemilik Genset atau anda anda sebagai calon pemilik Genset, tentunya anda perlu merawat Genset dengan benar dan tepat, yang dimana itu harus dilakukan secara berkala dan tepat sasaran. Nah untuk melaksanakan perawatan yang tepat bagi Genset, maka anda perlu membuat laporan khusus pada perawatan mesin Genset, dimana itu akan kami bantu jelaskan kepada anda di bawah ini!

Inilah Cara Membuat Laporan Perawatan Genset yang Benar dan Tepat Agar Genset Awet

Catat Setiap Penggunaan Genset dalam Kurun Waktu Tertentu

Jika anda baru membeli Genset, maka anda perlu masukan ke list catatan anda tanggal, bulan dan waktu dari mesin Genset tersebut. Nah hal itu agar berguna untuk anda dalam menentukan waktu yang tepat melakukan perawatan kecil atau besar pada Genset anda. Jika Genset anda adalah Genset yang sudah anda tidak ketahui umurnya, maka jangan ragu untuk memeriksa atau service Genset anda sesuai yang anda perkirakan.

Perhatikan Waktu Terakhir Pengisian Oli atau Komponen Lainnya

Ketika anda mengganti oli pada mesin Genset atau penggantian komponen lainnya, maka itu juga perlu anda catat di list perawatan Genset anda. Nah guna laporan itu agar anda bisa tahu kapan anda harus melakukan lagi pengisian atau penggantian oli Genset, begitu juga dengan beberapa komponen penting lainnya yang juga perlu dilakukan penggantian secara berkala.

Periksa Kondisi Tiap Komponen dan Catat Jika Ada Kendala atau Masalah

Meski baru saja diganti atau diperbaiki, tentunya anda juga harus berkala memeriksa setiap komponen pada Genset, hal itu agar nanti jika ada kerusakan maka kerusakan tersebut tidak merembet ke komponen Genset lainnya. Lakukan perbaikan pada komponen yang ada masalah, lalu tinjau dan masukan ke laporan perawatan Genset anda agar anda bisa meninjau utuh mesin Genset anda.

Atur Biaya Perbaikan atau Maintenance Pada Genset

Jika pada laporan perawatan mesin Genset anda sudah menandakan Genset harus dilakukan perbaikan atau maintenance, maka hal yang harus anda perhatikan adalah biaya yang harus dikeluarkan. Pastikan biaya yang anda gunakan sudah pas dan boleh saja lebih, tetapi jika kurang maka anda bisa lakukan perawatan secara seadanya. Namun perlu diingat, ketika anda sudah memiliki biaya yang sesuai, maka langsung juga anda lakukan perawatan pada komponen di mesin Genset yang belum dilakukan perawatan.

Setelah Melakukan Perawatan Maka Catat Agar Anda Bisa Prediksikan Waktu Setelah Itu

Apapun perawatan pada mesin Genset, tentunya anda harus catat itu agar anda tahu kapan terakhir kali anda melakukan perawatan mesin Genset. Nah guna hal itu agar membuat Genset mendapatkan perawatan berkala, sehingga nantinya Genset akan tahan lama dan juga awet.

Lakukan Perawatan Lain di Bagian Eksternal Pada Mesin Genset

Jangan anggap remeh perawatan pada eksternal di mesin Genset, seperti di bodi mesin Genset atau juga bisa tempat menaruh Genset, karena hal itu bisa berpengaruh untuk membuat Genset terkena kendala atau kerusakan. Pastikan anda membersihkan mesin Genset dari berbagai objek, seperti debu, oli yang menempel, dan bahan kotor lainnya. Tidak hanya itu, pastikan juga tempat menaruh Genset anda juga bersih, hal itu guna membuat Genset menjadi lebih bersih.


Jadi itulah cara membuat laporan yang terstruktur dalam perawatan pada mesin Genset, semoga anda pahami dan bisa menjadi manfaat untuk anda dalam merawat Genset. Anda bisa bagikan artikel ini kepada yang lainnya menggunakan media yang ada dan tersedia, itu agar yang lain juga dapat manfaat dari artikel ini. Jika anda tertarik ingin memiliki Genset terbaik, maka Tenka adalah rekomendasi kami dan anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com