Memilih Genset Silent untuk Manufaktur


Memilih Genset Silent untuk Manufaktur

Genset silent merupakan alat penghasil listrik yang tidak mengeluarkan suara bising ketika digunakan. Genset atau generator menjadi bagian penting bagi lokasi konstruksi, proyek infrastruktur dan penyedia acara luar ruangan.


Sebagai sumber daya yang serbaguna dan andal, kontribusinya terhadap produktivitas tidak dapat ditaksir terlalu tinggi. Generator bisa memberikan energi vital untuk mendukung berbagai aktivitas seperti proyek dewatering perkotaan, dan lainnya.


Hampir semua orang yang membeli jenis genset silent memiliki alasan untuk mencadangkan sumber daya atau tenaga listrik pada manufakturnya. Selain itu, pemilihannya juga dikarenakan jenis silent tidak menimbulkan kebisingan.


Meskipun sudah menemukan jenisnya, banyak orang belum mengetahui cara memilih generator yang sesuai. Hal itu menimbulkan kesalahan seperti daya listrik tidak sesuai atau sparepart sulit didapat ketika mengalami kerusakan.


Faktor yang Menjadi Pertimbangan Ketika Memilih Genset Silent


Alat generator bekerja dengan cara mengubah energi mekanik menjadi listrik sehingga dapat digunakan sebagai daya cadangan. Jenisnya memungkinkan untuk disesuaikan dengan keinginan, tapi ada generator yang populer yakni jenis silent.


Namun, yang terpenting adalah perhatikan berbagai faktor penting ketika sedang memilihnya agar sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan faktor berikut agar tidak salah dalam memilih genset atau generatornya.


Jumlah Daya


Kebutuhan daya di lokasi manufaktur atau pabrik menjadi faktor yang penting untuk dipertimbangkan ketika membelinya. Genset silent untuk kebutuhan industri bisa disesuaikan. Tapi, terdapat kendala jika ketika catu daya terganggu.


Jika mengukur sistem pembangkit listrik, Anda harus memperhitungkan konsumsi serta arus listrik dari catu daya lokal. Ada baiknya jika Anda memisahkan sirkuit darurat dari listrik untuk panel beban darurat baru.


Bahan Bakar Genset Silent


Untuk bahan bakarnya sendiri, sebenarnya ada tiga macam yakni solar, bensin, atau gas. Anda bisa memutuskan jenis yang menggunakan bahan bakar apa saja sesuai dengan keinginan.


Jika tidak mengetahui kekurangan atau kelebihan dari penggunaan ketiga bahan bakarnya, Anda bisa konsultasikan dengan seorang professional terlebih dahulu. Ketersediaan bahan bakar menjadi faktor penting dari kelangsungan hidup genset silent.


Lokasi Pembangkit


Jika memasang genset di fasilitas manufaktur, Anda perlu mempersiapkan tempat di area yang cukup jauh dari bangunan utama. Tapi, harus memiliki akses dijangkau untuk melakukan perbaikan dan pengisian bahan bakar.


Tidak hanya itu, pemasangan atap juga harus dilakukan sesuai aturan standar mulai dari jarak serta memperhatikan ruang. Genset dalam ruangan harus ditempatkan pada ruang yang memiliki sistem ventilasi baik.


Instalasi, Sistem Pemeliharaan, dan Penawaran Layanan


Ketika membeli genset silent, pilihlah perusahaan yang memberikan penawaran terbaik terkait produknya. Tidak hanya itu, Anda juga perlu pertimbangkan solusi layanan lengkap yang mencakup pengiriman, pemasangan, hingga perawatan generator.


Instalasi, pemeliharaan, atau layanan sekalipun merupakan hal yang penting ketika membelinya. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan layanan dari ahli ketika ada masalah pada generator.


Jenis Sakelar Transfer


Sebagian besar sistem generator modern saat ini sudah dilengkapi dengan sakelar transfer otomatis yang canggih. Itu artinya, catu daya Anda akan secara otomatis beralih ke mode generator saat terjadi pemadaman.


Namun, Anda tetap bisa memilih sakelar jenis apa yang ingin digunakan pada generatornya. Mungkin saja, Anda lebih menyukai tipe manual atau juga canggih yang bisa beralih tanpa perlu diatur pemiliknya.


Generator saat ini telah menjadi alat penyimpan daya terpenting dan harus dimiliki oleh seluruh manufaktur. Anda harus memperhatikan berbagai faktor sebelum membeli genset silent agar tidak salah ketika melakukan pembelian.